Morula IVF

7 Ciri-ciri Hamil Muda yang Sehat, Bumil Wajib Tahu Tandanya

November 4, 2022

7 Ciri-ciri Hamil Muda yang Sehat, Bumil Wajib Tahu Tandanya

Mengandung buah hati merupakan momen yang sangat ditunggu ibu hamil. Oleh karena itu, penting untuk memastikan nutrisi selama kehamilan terpenuhi dengan baik, termasuk dengan mengetahui ciri-ciri hamil muda yang sehat. Lantas apa saja ciri-cirinya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. 

1. Morning Sickness

Ciri-ciri hamil muda yang sehat yang pertama adalah ketika ibu hamil mengalami mual di pagi hari. Gejala ini timbul karena adanya perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. 

Anda tidak perlu khawatir, karena pada umumnya muntah dan mual akan hilang ketika kehamilan masuk usia 12 minggu. 

2. Payudara yang Berubah

Pada saat hamil muda, ukuran payudara yang berubah juga merupakan ciri-ciri hamil muda yang sehat dan normal. Selain ukuran yang membesar, tanda yang dapat terlihat adalah warna areola dan puting yang menjadi gelap. Payudara yang berubah merupakan tanda bahwa Anda siap untuk menyusui buah hati. 

3. Mudah Lelah

Ciri-ciri hamil muda yang selanjutnya adalah ibu hamil yang mudah lelah. Hal ini adalah normal, karena pada saat hamil, kadar progesteron akan meningkat yang mengakibatkan ibu hamil menjadi mudah mengantuk. 

Agar tetap sehat selama kehamilan, pastikan Anda tetap melakukan olahraga yang ringan selama hamil muda. 

4. Suasana Hati yang Berubah

Mood swing pada ibu hamil merupakan ciri hamil muda yang normal dan sehat. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti perubahan hormon dan juga stres saat kehamilan. Untuk menjaga suasana hati selama kehamilan, Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti yoga.

5. Sensitif terhadap Bau

Ciri-ciri hamil muda yang selanjutnya adalah ibu hamil yang cenderung sensitif terhadap bau tertentu. Kondisi ini dapat menyebabkan ibu hamil mudah mual dan muntah. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena gejala ini adalah normal. 

Untuk mengurangi gejala ini, ibu hamil dapat mengatasinya dengan memasang diffuser pada ruangan dan perlu memastikan bahwa sirkulasi di dalam kamar baik.

6. Adanya Gerakan Janin

Tanda-tanda hamil muda pada perut adalah ibu hamil dapat merasakan adanya gerakan janin. Anda dapat melakukan cek USG untuk memastikan bahwa janin bergerak dengan aktif pada trimester pertama. 

7. Sering Buang Air Kecil

Pada awal kehamilan, sangat normal bagi ibu hamil untuk sering buang air kecil. Hal ini disebabkan oleh volume darah yang meningkat pada masa kehamilan. Selain itu, juga dipengaruhi oleh sisa metabolisme dari janin yang dikeluarkan tubuh dari urine. 

Itulah pembahasan kali ini mengenai 7 ciri-ciri hamil muda yang sehat. Pastikan Anda tetap menjaga kesehatan janin dalam tubuh dengan aktif berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung