Morula IVF

Apa Itu Toxoplasma? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini

July 24, 2021

Apa Itu Toxoplasma? Simak Penjelasan Lengkapnya Di Sini

Ada banyak penyakit yang bisa menyerang ibu hamil, salah satunya yaitu toxoplasma. Toxoplasma adalah penyakit yang paling menakutkan bagi ibu hamil. Hal ini dikarenakan jika ibu hamil terinfeksi parasit penyebab toxoplasma maka bisa mengganggu janin di dalam kandungan. Selama ini, kucing dianggap sebagai satu-satunya agen penularan utama toxoplasma. Padahal ada banyak hewan lain yang bisa menyebabkan penyakit ini, seperti baba, kambing, kelinci dan sebagainya.

Apa Itu Toxoplasma?

toxoplasma adalahToxoplasma adalah nfeksi pada manusia yang disebabkan parasit toxoplasma gondii. Singkatnya infeksi pada manusia yang menimbulkan gejala. Parasit toxoplasma gondii bisa hidup pada kotoran kucing atau daging yang belum matang. Jika parasit ini menginfeksi maka akan mempengaruhi jantung, kulit, saraf dan saluran pencernaan (mulut, kerongkongan, usus, lambung dan anus).

Jika seseorang terinfeksi parasit ini bisa mengakibatkan munculnya gejala yang menyerupai flu. Akan tetapi, orang yang terinfeksi tidak mengalami gejala apapun. Namun, apabila ibu hamil yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii bisa mengakibatkan terjadinya komplikasi yang cukup serius.

Infeksi parasit toxoplasma disebarkan oleh hewan ke manusia (zoonosis), bukan disebarkan oleh antar manusia kecuali pada wanita hamil. Wanita yang sedang hamil bisa menyebabkan infeksi pada janin yang ada dalam kandungannya. Jika hal ini terjadi akan mengakibatkan janin dalam kandungan perkembangannya menjadi lambat. Dalam kasus infeksi yang lebih berat bisa memicu terjadinya keguguran atau kematian janin dalam kandungan.

Tanda dan Gejala Toxoplasma

toxoplasma adalah

Meskipun tidak semua orang yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii merasakan gejala, maka ada beberapa orang yang merasakan gejala. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala toxoplasma:

  • Nyeri otot.
  • Demam.
  • Sakit kepala.
  • Radang tenggorokan.
  • Kelelahan.
  • Kelenjar getah bening membengkak.

Seseorang yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii dan tidak merasakan gejala berarti memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat. Dimana pada fase ini parasit tertidur di dalam tubuh. Namun, jika daya tahan tubuh menurun maka parasit penyebab toxoplasma akan terbangun dan memicu munculnya gejala.

Parasit toxoplasma gondii yang menginfeksi bayi dan anak-anak ditularkan oleh ibu selama masa kehamilan. Gejala yang lebih serius bisa dialami janin yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii pada trimester pertama, yaitu keguguran, kematian janin dalam kandungan atau kelahiran prematur. Bayi yang lahir dan terinfeksi parasit toxoplasma gondii akan menunjukkan beberapa gejala. Gejala toxoplasma adalah:

  • Pembesaran organ hati dan limpa.
  • Kulit berwarna kekuningan.
  • Kejang.
  • Penumpukan cairan otak sehingga membuat kepala menjadi lebih besar (hidrosefalus).
  • Peradangan korion atau infeksi di bagian belakang bola mata dan juga retina.
  • Ruam kulit atau kulit mudah memar.
  • Gangguan intelektual atau retardasi mental.
  • Kepala tampak lebih kecil (mikrosefalus).
  • Anemia.
  • Kehilangan peradangan.

Gejala yang disebutkan diatas biasanya muncul saat bayi baru dilahirkan, baru terlihat beberapa bulan ataupun beberapa tahun kemudian.

Penyebab Penyakit Toxoplasma

toxoplasma adalah

Penyebab toxoplasma adalah parasit. Toxoplasma gondii  merupakan parasit sel tunggal (protozoa)  yang bisa menyebarkan infeksi pada hewan ( hewan liar ataupun hewan peliharaan yang kotor) dan juga  manusia. Parasit ini bisa tumbuh dalam jaringan beberapa hewan, namun yang paling banyak terdapat dalam tubuh kucing. Parasit toxoplasma gondii bertelur dalam lapisan usus kucing dan akan keluar bersama dengan kotoran hewan tersebut. Penyebaran parasit toxoplasma gondii pada manusia terjadi dengan beberapa cara, antara lain:

  • Mengonsumsi makanan ataupun minuman yang terkontaminasi parasit toxoplasma gondii, salah satunya daging mentah yang mengandung parasit ini.
  • Terpapar oleh kotoran kucing yang mengandung parasit toxoplasma gondii.
  • Melalui plasenta ibu hamil dan menyebarkannya pada janin.
  • Melalui transfusi datah ataupun transplantasi organ dari donor yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii.

Toxoplasma adalah penyakit yang harus diwaspadai. Meski tidak semua orang yang terinfeksi parasit toxoplasma gondii menimbulkan gejala, tetapi harus tetap waspada terutama pada ibu hamil. Jika ibu hamil yang terinfeksi parasit ini  ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai toxoplasma.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung