Morula IVF

Ini Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Sehat

November 4, 2022

Ini Jenis Olahraga untuk Ibu Hamil yang Aman dan Sehat

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi di dalam kandungan, ibu hamil tetap perlu berolahraga. Namun olahraga untuk ibu hamil tidak boleh dilakukan sembarangan karena bisa berbahaya untuk janin dalam kandungan. Maka dari itu, memilih jenis olahraga yang sesuai dan aman sangat penting dilakukan.

Olahraga merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk untuk ibu hamil. Meski sedang hamil, Anda tetap disarankan melakukan olahraga secara rutin yang jenisnya disesuaikan dengan kondisi kandungan agar tetap aman.

Lalu jenis apa saja olahraga saja yang aman dilakukan oleh ibu hamil? Untuk informasi lengkap mengenai olahraga untuk ibu hamil 7 bulan dan usia kandungan lainnya, yuk simak ulasan berikut!

Jenis Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Memilih olahraga untuk ibu hamil tidak boleh sembarangan karena harus memperhatikan faktor keamanan untuk janin yang ada di dalam kandungan. Biasanya jenis olahraga akan disesuaikan dengan usia kandungan karena olahraga untuk ibu hamil 6 bulan akan berbeda dengan hamil 8 bulan.

Nah, berikut ini beberapa jenis olahraga yang umumnya disarankan untuk ibu hamil.

1. Jalan Kaki

Salah satu jenis olahraga yang disarankan untuk dilakukan ibu hamil adalah jalan kaki. Meski terlihat sederhana akan tetapi jalan kaki secara rutin memiliki manfaat yang banyak sehingga sangat disarankan sebagai salah satu jenis olahraga untuk ibu hamil 9 bulan agar persalinan berjalan lancar.

Rutin berjalan kaki selama 30 menit bisa membuat peredarah darah dan kerja jantung menjadi lebih lancar. Agar tidak dehidrasi, Anda bisa membawa minum saat berolahraga dan hindari jalanan yang menanjak atau terlalu terjal khususnya jika dilakukan sebagai olahraga untuk ibu hamil muda.

2. Yoga

Yoga juga termasuk jenis olahraga yang aman dilakukan oleh ibu hamil. Gerakan yoga yang cenderung pelan dan tenang, aman dilakukan pada usia kandungan berapapun termasuk menjadi pilihan olahraga untuk ibu hamil 3 bulan.

Rutin melakukan yoga saat hamil juga mampu memberikan banyak manfaat. Di antaranya seperti melatih pernapasan, melatih kelenturan tubuh hingga mempersiapkan pinggul untuk proses melahirkan.

3. Pilates

Pilates bisa menjadi rekomendasi olahraga untuk ibu hamil 4 bulan karena aman dilakukan untuk usia kandungan berapapun. Olahraga jenis ini memiliki banyak manfaat  membantu keseimbangan tubuh, memperbaiki postur tubuh hingga memperkuat otot panggul untuk melahirkan.

Olahraga pilates juga bagus untuk melatih teknik pernapasan dan memperlancar peredaran darah. Tidak heran jika pilates menjadi favorit olahraga untuk ibu hamil 2 bulan maupun usia kandungan yang lebih tua karena aman dan banyak manfaat.

4. Senam Hamil

Senam hamil biasanya menjadi pilihan olahraga ibu hamil trimester 3. Olahraga jenis ini dilakukan dengan instruktur khusus dan gerakannya disesuaikan dengan kondisi ibu hamil. Selain untuk menjaga kebugaran tubuh, senam hamil juga bermanfaat untuk membantu kelancaran pada proses melahirkan.

Saat ini telah banyak kelas senam hamil yang bisa Anda ikuti. Gerakan senam hamil akan disesuaikan dengan usia kandungan seperti karena olahraga untuk ibu hamil trimester 1 berbeda dengan ibu hamil trimester 3. Selain mengikuti kelas khusus, ada juga tutorial senam hamil yang bisa Anda ikuti dari kanal Youtube.

5. Berenang

Berenang juga menjadi salah satu favorit ibu hamil. Akan tetapi, untuk usia kandungan yang masih awal, biasanya tidak disarankan untuk melakukan olahraga ini terlebih. Berenang biasanya banyak dipilih sebagai olahraga untuk ibu hamil 7 bulan ke atas karena janin dalam kandungan sudah cukup kuat.

Manfaat Olahraga untuk Ibu Hamil

Rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan ternyata memiliki banyak manfaat khususnya olahraga untuk ibu hamil 9 bulan karena akan memperlancar proses kelahiran. Selain itu, masih banyak manfaat olahraga lainnya untuk ibu hamil, antara lain:

  1. Memperbaiki kinerja jantung
  2. Mengontrol berat badan agar tidak obesitas
  3. Menjaga kebugaran tubuh
  4. Mempersiapkan otot-otot sebelum proses persalinan
  5. Mengoptimalkan tumbuh kembang janin
  6. Memberikan ketenangan sehingga terhindar dari stress selama masa kehamilan

Untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi, lakukan olahraga secara rutin setelah memasuki trimester 2. Namun pastikan pilih jenis olahraga untuk ibu hamil sesuai dengan usia kandungan agar lebih aman. Ada baiknya, pilih senam khusus ibu hamil karena gerakannya lebih aman dan disesuaikan dengan kebutuhan kehamilan.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung