Morula IVF

Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

February 27, 2023

Pentingnya Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita

Morula IVF Jakarta mengadakan seminar awam secara virtual dengan berkolaborasi dengan Komunitas Perempuan Sadar Vagina (PSV) dengan tema “Vagina Bisa Jadi Mesin Pembunuh dan Sumber Kesedihan”.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk memberi pemahaman kepada perempuan akan kesadaran dan pentingnya menjaga kesehatan vagina.

Seminar ini diisi oleh pembicara dr. Indra N.C Anwar, Sp.OG dari Morula IVF Jakarta dan dr. Inge Satyo Arianto, Founder dari Perempuan Sadar Vagina

Perawatan organ intim wanita penting dilakukan untuk menjaga organ kewanitaan tetap sehat. Tak hanya itu, organ intim yang selalu terawat dengan baik juga dapat mencegah munculnya berbagai masalah kesehatan di area tersebut, seperti keputihan.

Vagina merupakan bagian penting dari sistem reproduksi wanita. Jika tidak dirawat dan dibersihkan dengan baik, organ ini rentan mengalami masalah, misalnya infeksi vagina. Bukan hanya itu, masalah atau penyakit pada vagina juga bisa saja merambat ke organ reproduksi lainnya.

Seminar ini diisi oleh pembicara dr. Indra N.C Anwar, Sp.OG dari Morula IVF Jakarta dan dr. Inge Satyo Arianto, Founder dari Perempuan Sadar Vagina.

Dalam seminar ini, dr. Indra N.C Anwar, Sp.OG menyampaikan, “Organ intim kewanitaan harus dirawat agar menghindari infeksi. Jika terjadi permasalahan akan berpengaruh pada infertilitas menyangkut fungsi reproduksi, karena proses kehamilan dimulai dari vagina dimana dibutuhkan jutaan sperma yang bagus berkualitas, namun hanya dipilih satu sperma yang berhasil membuahi sel telur agar terjadi proses kehamilan.”

  1. Indra N.C Anwar, Sp.OG menambahkan bahwa kunci yang terpenting adalah pola hidup sehat dan jangan melewati permasalahan sendirian, jika ada keluahan yang mengganggu pada organ intim kewanitaan segera konsultasikan pada dokter dan ahlinya.

Selain itu, narasumber lain yaitu dr. Inge Satyo Arianto, menambahkan tips cara merawat dan menjaga kesehatan organ intim kewanitaan, dengan melakukan 15 langkah:

  1. Menyediakan waktu dan usaha untuk merawat vagina memperhatikan dan memperlakukan secara pantas
  2. Setiap tahun secara rutin melakukan pap smear dan iva test untuk deteksi dini patologis di leher Rahim
  3. Cukur bulu di daerah intim kewanitaan secara rutin, minimal 3 hari sekali
  4. Pilih pakaian dalam berbahan katun dan tidak panas, pastikan selalu bersih dan kering
  5. Bersihkan area intim kewanitaan dengan air mengalir dari arah depan ke belakang atau dengan sabun bayi bila perlu
  6. Jangan menggunakan pantyliner karena akan mempercepat perkembangan bakteri di daerah kewanitaan
  7. Saat menstruasi ganti pembalut setiap 4-6 jam sekali (meskipun pembalut masih kosong), gunakan pembalut  dari bahan yang berkualitas dan bebas dari bahan berbahaya untuk hindari kanker serviks.
  8. Menyediakan tas kecil yang berisi celana dalam, tissue, sediaan, dan sabun bayi yang wajib ada dalam tas saat berpergian.
  9. Setia pada pasangan dan lakukan hubungan sexual hanya dengan pasangan yang sah untuk menghindari  resiko penularan penyakit kelamin, kanker serviks, HIV dan Aids
  10. Jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter jika mengalami gangguan kesehatan pada organ kewanitaan
  11. Memakai sediaan yang mampu menutrisi dan menjaga vagina agar tetap bersih, kencang, elastis, dan menua lebih lama tanpa mengurangi ph dan bakteri normal vagina
  12. Rajin berolahraga untuk melatih otot vagina dan otot dasar panggul (berenang, senam, kegel, dan yoga)
  13. Perbanyak sayur dan buah yang mengandung serat untuk kelancaran pencernaan, karena penumpukan sisa makanan di usus besar mempengaruhi elastisitas otot dasar panggul.
  14. Hindari merokok
  15. Batasi pemakaian celana panjang/pendek yang terlalu ketat dan tebal dalam waktu lama.

Berbagai langkah perawatan organ intim wanita yang telah disebutkan di atas tidak bisa dilakukan sesekali saja. Anda dianjurkan untuk melakukannya secara rutin.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan organ intim wanita, penting juga untuk mempraktekkan seks yang aman, misalnya dengan selalu menggunakan ‘pengaman’ saat berhubungan seks dan tidak berganti pasangan seksual.

Bila ingin memastikan kondisi kesehatan organ intim atau masih memiliki pertanyaan seputar organ intim wanita dan cara tepat menjaganya, Moms bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui jawabannya.

Moms mendapatkan edukasi seputar program kehamilan di Instagram @morulaivf.id, @morulaivf_jakarta dan info lengkap tentang kesehatan organ intim kewanitaan di IG @perempuan_sadar_vagina.

Start Now, Keep Strong, Miracle Happens!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung