tanda positif hamil di tespek

Tanda positif hamil di tespek yang terlihat samar membuat para pasangan kebingungan, apakah ini artinya hamil atau tidak. Pasalnya, samarnya hasil tespek tersebut menimbulkan keraguan. Umumnya, wanita akan melakukan pengecekan dengan tespek ketika mengalami terlambat menstruasi. Terlambat haid merupakan salah satu tanda positif hamil.

Meskipun demikian, jika belum ada pernyataan dan pemeriksaan dari dokter yang menyatakan hamil, banyak wanita yang masih ragu. Terlebih jika tanda garis dua pada tespek tidak terlihat jelas. Lantas bagaimana, apakah tanda positif hamil di tespek yang samar artinya hamil?

Mengapa Tespek Terlihat Samar?

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab garis pada tespek terlihat samar. Umumnya, garis yang samar dikarenakan kadar hormon HCG atau hormon kehamilan yang masih rendah. Nantinya, kadar hormon ini akan terus meningkat dan sampai di puncak saat masuk trimester kedua.

Perlu Anda ketahui bahwa tespek merupakan alat yang digunakan untuk mendeteksi hormon HCG. Jika hormon HCG pada wanita tinggi, maka tespek menunjukkan hasil positif. Namun jika hormon HCG rendah, maka tespek menunjukkan hasil positif namun samar. Dan jika tidak ditemukan hormon HCG, maka hasilnya akan negatif. 

Sebagian besar wanita melakukan pemeriksaan kehamilan dengan tespek di minggu-minggu awal kehamilan. Pada waktu itu, kadar HCG pada tubuh belum terlalu tinggi. Hal inilah yang membuat tespek terlihat samar meskipun hasilnya positif.

Baca JugaHamil Kembar Testpack Negatif? Ternyata Ini Penyebabnya!

Mungkinkah Tanda Positif Samar Tetapi Tidak Hamil?

Tanda positif hamil di tespek yang samar bisa jadi artinya hamil. Hal ini terjadi ketika kadar HCG pada tubuh wanita masih rendah. Meskipun demikian, tanda samar bisa jadi tidak hamil, lho. Tanda positif samar bisa jadi merupakan tanda positif palsu. Mungkin saja terjadi penguapan pada alat tespek sehingga menunjukkan dua garis yang samar.

Jika hal ini terjadi, maka hasil tespek bisa menjadi tidak akurat. Anda bisa salah dalam mengartikan tanda ini. Anda juga akan sulit membedakan apakah tanda samar ini merupakan tanda hamil atau tanda penguapan saja.

Bagaimana Cara Membaca Tespek yang Akurat?

Lantas bagaimana cara membaca tespek yang akurat? Bagaimana membedakan garis positif yang samar dengan garis atau tanda penguapan?

Baca JugaApa Itu Hamil Kosong dan Cara Mengatasinya

Anda bisa mengecek hal ini dengan melihat waktu munculnya garis. Jika Anda membaca petunjuk penggunaan tespek dengan tepat, maka Anda akan tahu kapan tanda yang akurat akan muncul. Jika garis samar muncul dalam rentang waktu yang sesuai dengan petunjuk tespek, maka kemungkinan Anda hamil. Namun jika garis samar muncul lebih dari rentang waktu yang sesuai dengan petunjuk, maka bisa dipastikan bahwa garis tersebut hanyalah tanda penguapan.

Dapat disimpulkan bahwa tanda positif hamil di tespek yang terlihat samar memiliki 2 kemungkinan. Kemungkinan hamil ada, namun kemungkinan tidak hamil juga ada. Untuk itulah, Anda perlu mengulang pemeriksaan tespek jika ragu atau mengunjungi dokter kandungan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar hamil atau tidak.