bolehkah ibu hamil makan lobster

Sering menjadi pertanyaan, bolehkah ibu hamil makan lobster ? Apakah membahayakan janin? Seperti yang kita tahu, ibu hamil memang harus makan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi diri dan janinnya agar tetap sehat. Namun, ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari ibu hamil karena efek negatif yang ditimbulkan. Apakah lobster termasuk makanan yang dilarang? Bolehkah ibu hamil makan lobster? Untuk penjelasan lebih detail, simak penjelasan di bawah ini. 

Kandungan Nutrisi dalam Lobster

bolehkah ibu hamil makan lobster

Lobster merupakan seafood yang pada umumnya biasa disebut dengan udang raksasa karena bentuknya yang hampir sama dan sama-sama dari keluarga crustacea. Rasanya yang gurih dan merupakan makanan laut membuat ibu hamil memikirkan dampak dari lobster apabila dikonsumsi saat hamil. Sementara baik atau tidaknya dikonsumsi dilihat dari kandungan yang ada di dalamnya. Kandungan dalam 145 gram lobster adalah sebagai berikut.

  1. Kalori sebesar 129
  2. Lemak sebesar 1,25 gr
  3. Protein sebesar 27,55 gr

Data tersebut diambil dari Department of Agriculture (USDA), US. Dalam porsi tersebut terkandung juga berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, di antaranya adalah 3% zat besi dari kebutuhan per hari, 3% dari kebutuhan per hari vitamin A, serta 9% kalsium kebutuhan per hari. Selain itu, kandungan lain yang terdapat pada lobster yakni vitamin B12 dan E, fosfor,  tembaga, selenium, dan asam lemak omega-3.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Lobster?

bolehkah ibu hamil makan lobster

Dari kandungan di atas dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya mengkonsumsi lobster adalah boleh dengan catatan tidak mempunyai riwayat alergi terhadap makanan laut termasuk lobster. Alergi yang dimaksud dapat berupa ruam kulit hingga kemerahan, gatal-gatal, mual, muntah, sesak nafas, diare, dan sebagainya yang selalu terjadi usai makan makanan laut terutama dalam hal ini adalah lobster. 

Reaksi alergi yang muncul pada ibu hamil dikhawatirkan dapat menyebabkan hormon stres meningkat sehingga meningkatkan pula risiko kontraksi dini. Oleh sebab itu, ibu hamil yang alergi terhadap lobster tidak dianjurkan memakannya meski sedang ngidam. Jika Anda sebagai ibu hamil tidak memiliki alergi terhadap lobster, maka boleh saja mengonsumsinya sebab kandungan yang telah disebutkan di atas juga bermanfaat bagi kehamilan. 

Protein dan kolesterol baik yang bermanfaat dalam tumbuh kembang otak, otot, serta jaringan tubuh lainnya pada janin. Kandungan vitamin dan mineral dalam lobster yang mampu menjaga daya tahan tubuh ibu dan janin. Tidak lupa kandungan asam lemak omega–3 yang membantu dalam menjaga kesehatan jantung ibu hamil.

Lepas dari manfaat yang didapat dari kandungan lobster, Anda juga perlu mewaspadai kandungan merkuri yang terdapat pada lobster. Lobster memiliki kandungan tersebut akibat terpapar dari lautan bebas yang kadang juga tercemar limbah yang mengandung merkuri. Jika merkuri masuk ke dalam tubuh ibu hamil, maka dapat berisiko pada janin yakni keguguran, cacat bawaan lahir, hingga kematian dalam kandungan.

Porsi Ideal Makan Lobster Bagi Ibu Hamil

bolehkah ibu hamil makan lobster

Secara umum, tidak ada batasan makan lobster. Namun, mengingat seekor lobster cukup besar, maka Anda cukup makan 1 – 2 ekor lobster saja. Selain itu, porsi yang terlalu banyak juga tidak baik karena dikhawatirkan masih ada kandungan merkuri pada lobster. Selain memperhatikan porsi ideal makan lobster, Anda juga harus memperhatikan pengolahan lobster. Jangan sampai pengolahan lobster membuat kolesterol semakin tinggi sebab kandungan kolesterol pada lobster sudah tinggi. 

Sebagai contoh, pengolahan lobster menggunakan mentega cair dapat membuat lemak dua kali lipat lebih tinggi sehingga kurang menyehatkan apabila dikonsumsi ibu hamil karena dapat menyebabkan obesitas.  Untuk menyiasati itu, sebaiknya Anda mengolahnya sendiri dengan minyak zaitun supaya terhindar dari peningkatan jumlah kalori.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan lobster? Maka jawabannya adalah boleh, asalkan memang tidak memiliki alergi. Selain itu, perhatikan juga porsi lobster jangan sampai terlalu berlebihan. Jika Anda masih ragu dalam mengkonsumsi lobster, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter agar mendapat saran yang tepat.