Morula IVF

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Duku? Ayo Cari Tau di Sini

July 20, 2021

Bolehkah Ibu Hamil Makan Buah Duku? Ayo Cari Tau di Sini

Bolehkah ibu hamil makan buah duku? Pertanyaan tersebut kerap kali dilontarkan oleh para bumil. Buah duku memiliki rasa yang lezat dan unik, namun banyak berita simpang siur mengenai larangan makan buah duku untuk ibu hamil dan banyak sekali pro kontra yang terjadi pada masyarakat.  Lalu bolehkah ibu hamil mengkonsumsi buah duku? Apakah aman atau berbahaya? Berikut penjelasan bolehkah ibu hamil makan buah duku secara lebih lengkapnya

Manfaat Buah Duku bagi Ibu Hamil

Sebelum itu, perlu Anda ketahui pula bahwa ada beberapa manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan dengan mengkonsumsi buah duku. Diantaranya adalah:

1. Membantu Perkembangan Organ Tubuh Janin

bolehkah ibu hamil makan buah duku

Nutrisi dalam buah duku dapat berguna untuk membantu perkembangan organ tubuh sang bayi seperti mata, tulang, jantung, paru-paru dan ginjal. Hal itu dikarenakan buah duku memiliki kandungan gizi berupa vitamin A. Vitamin A sangat bermanfaat bagi tubuh ibu hamil namun jika pengkonsumsian dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan resiko cacat pada bayi.

2. Mencegah Sembelit

Gangguan sembelit sering dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Agar pencernaan lancar dan meminimalisir sembelit, bumil dianjurkan untuk memakan makanan yang mengandung banyak serat. Buah duku memiliki banyak serat dimana 100 gram buah duku dapat menghasilkan serat sebanyak 2,3 gram.

3. Mengandung Antioksidan

bolehkah ibu hamil makan buah duku

Antioksidan sangat diperlukan bagi bumil khususnya untuk melindungi sel tubuh dari pengaruh radikal bebas. Bila tubuh bumil memiliki kadar antioksidan yang bagus maka akan meminimalisir resiko diabetes atau obesitas saat bayi dilahirkan. Selain itu, antioksidan juga memiliki khasiat untuk mencegah penuaan dini dan pastinya akan menjaga kesehatan tubuh dengan lebih optimal.

4. Mencegah Migrain

Serangan migrain biasanya sering terjadi pada ibu hamil. Tentunya hal ini adalah sesuatu yang tidak nyaman. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan mengkonsumsi buah duku dimana memiliki kandungan vitamin B2 (riboflavin). Vitamin B2 memiliki manfaat untuk melawan migrain dan juga mengantisipasi kemungkinan kejang pada ibu hamil.

Resiko Konsumsi Buah Duku Berlebihan 

bolehkah ibu hamil makan buah duku

Selain memiliki manfaat, ternyata buah duku juga mengakibatkan resiko pada ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut beberapa resiko yang dapat terjadi dan juga penjelasannya.

1. Meningkatkan Kadar Trigliserida

Kadar trigliserida yang berlebihan dalam tubuh dapat mengakibatkan terjadinya risiko sindrom metabolik dan resiko serangan jantung. Ketika kesehatan jantung tidak baik, maka kinerja tubuh tidak berfungsi secara optimal. Dalam hal ini, tubuh tidak mampu memaksimalkan supply oksigen dan nutrisi yang masuk ke tubuh janin, sehingga tumbuh kembang janin pun akan terhambat.

2. Menambah Massa Tubuh

Buah duku memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar karbohidrat tinggi akan mempercepat pertambahan massa tubuh sehingga ibu hamil akan cepat gemuk. Sedangkan bumil yang memiliki BMI yang berlebih atau kegemukan akan membawa pengaruh buruk pada bayi, yakni memacu kelahiran bayi prematur.

3. Gangguan Pencernaan 

Buah duku memiliki kandungan gas dan termasuk jenis buah yang sulit dicerna lambung. Oleh karena itu, jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat memicu terjadinya gangguan pencernaan seperti maag.

Jadi kesimpulannya, bolehkah ibu hamil makan buah duku? Sebenarnya tidak ada larangan untuk hal tersebut karena buah duku memiliki manfaat yang dapat berpengaruh baik bagi kesehatan. Namun yang perlu digaris bawahi bahwa pengkonsumsian buah duku dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sama akan menimbulkan resiko yang berupa maag. 

Itulah manfaat dan juga resiko yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi buah duku. Bolehkah ibu hamil makan duku? Jawabannya adalah boleh namun tidak berlebihan. Dianjurkan bagi ibu hamil untuk selalu mengkonsumsi makanan yang seimbang, perlu diperhatikan mengenai takaran gizi yang pas sehingga makanan yang dikonsumsi berpengaruh baik bagi tubuh ibu hamil.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung