bolehkah ibu hamil makan paru sapi

Selain enak, paru sapi mempunyai banyak manfaat, tapi bolehkah ibu hamil makan paru sapi? Seperti yang kita tahu, paru sapi merupakan salah satu “jeroan” yang sering dinikmati oleh banyak orang. Teksturnya yang lunak dan kenyal membuat paru sapi menjadi hidangan yang enak untuk dinikmati. Kendati demikian, paru sapi memiliki beberapa kandungan kolesterol yang cukup tinggi. Apabila dikonsumsi berlebihan akan membahayakan kesehatan ibu hamil.

Kandungan Paru Sapi

bolehkah ibu hamil makan paru sapi

Dalam 100 gram paru sapi terdapat kandungan berikut ini.

  • Energi sebanyak 385 kj dan 92 kkal
  • Lemak sebanyak 2,5 gr dengan rincian lemak jenuh 0,86 gr, lemak tak jenuh ganda 0,34 gr, serta lemak tak jenuh tunggal 0,64 gr.
  • Kolesterol sebanyak 242 mg
  • Protein sebanyak 16,2 gr
  • Sodium sebanyak 198 mg
  • Kalium sebanyak 343 mg

Dari rincian kandungan di atas dapat disimpulkan rincian kandungan nutrisi pada paru terdapat kalori 26% lemak dan 74% protein. Itu artinya protein merupakan komponen utama dalam kandungan paru sapi. Jika dirinci lagi, terdapat sejumlah komponen mineral yang merupakan bagian dari kandungan paru sapi, di antaranya adalah asam folat, fosfor, zinc, zat besi, tembaga, dan vitamin B yang cukup tinggi.

Bolehkah Ibu Hamil Makan Paru Sapi?

bolehkah ibu hamil makan paru sapi

 

Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada paru sapi, dapat disimpulkan bahwa ibu hamil diperbolehkan makan paru sapi. Terdapat beberapa manfaat dari paru sapi seperti mendukung perkembangan saraf dan otak janin yang berasal dari kandungan asam folat dalam paru sapi. Akan tetapi, tidak hanya hal tersebut yang harus diperhatikan. Anda harus memperhatikan kandungan lain yang berpotensi mengganggu kehamilan.

Kandungan yang ada di atas membuktikan bahwa paru sapi merupakan penyumbang kolesterol yang cukup tinggi juga. Jika ibu hamil sangat menyukai makan paru sapi, sebaiknya dibatasi supaya kesehatan terjaga. Ibu hamil dengan kolesterol tinggi berpotensi mengalami penyakit jantung dan stroke yang membahayakan bagi diri dan janinnya.

Oleh sebab itu, makan paru sapi harus dibatasi. Boleh saja makan paru sapi dengan catatan tidak terlalu banyak atau rutin. Hal itu mencegah dari kondisi kesehatan yang buruk bagi ibu hamil dan janin. Sehingga ibu hamil tetap sehat dan bayi lahir normal.

Cara Pengolahan Paru Sapi yang Tepat

bolehkah ibu hamil makan paru sapi

Selain harus dikonsumsi dalam batas wajar, paru sapi harus diolah dengan cara yang baik agar terhindar dari bakteri yang melekat pada paru sapi yang merupakan “jeroan” yang mengandung banyak kotoran. Maka dari itu, Anda harus menghilangkan kotoran tersebut hingga bersih. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengolah paru sapi. Berikut ini tips mengolah paru sapi.

  • Mencuci paru sapi pada aliran air bersih, ulang sebanyak tiga kali
  • Setelah bersih dicuci, rebus hingga benar-benar matang
  • Setelah merebus, baru Anda bisa mengolah sesuai selera

Pengolahan yang baik bagi ibu hamil sebaiknya tidak digoreng untuk menghindari minyak yang merupakan lemak jahat. Lebih baik diolah dengan cara ditumis maupun direbus. Dengan begitu, lemak jahat tidak akan bertambah yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil.

Jadi, bolehkah ibu hamil makan paru sapi? Hal yang dapat disimpulkan adalah bahwa ibu hamil dapat mengkonsumsi paru sapi dengan batas yang cukup, tidak terlalu banyak maupun sering. Saat mengolah, wajib untuk membersihkan hingga benar-benar bersih kemudian dimasak hingga benar-benar matang. Tips tersebut untuk menghindari bakteri yang mungkin masih tersisa dalam paru sapi. Jika Anda masih ragu untuk mengkonsumsi paru sapi, konsultasikan ke dokter kandungan untuk mendapatkan penjelasan dan saran yang tepat sesuai kondisi Anda.