bolehkah ibu hamil makan timun suri

Bolehkah ibu hamil makan timun suri? Pertanyaan ini mungkin sering ditanyakan oleh sebagian ibu hamil. Mengingat timun suri menjadi salah satu jenis buah yang banyak disukai karena kesegarannya. Selaian segar dan enak, ternyata timun suri mengandung berbagai manfaat bagi ibu hamil sehingga aman dikonsumsi ibu hamil. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak lebih lanjut di bawah ini.

Manfaat Timun Suri Untuk Ibu Hamil 

Timun suri boleh dan aman dikonsumsi ibu hamil sebab kandungan nutrisinya yang bermanfaat bagi diri dan janinnya. Untuk lebih detil manfaat dari kandungan timun suri bagi ibu hamil, simak ulasan berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

bolehkah ibu hamil makan timun suri

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari timun suri adalah sebagai sumber antioksidan untuk menghindarkan ibu hamil dari terpapar virus, bakteri, maupun zat-zat polutan berbahaya sehingga terhindar juga dari risiko terkena penyakit berbahaya. Timun suri sebagai sumber antioksidan tidak terlepas dari beberapa kandungannya seperti kalium, magnesium, mangan, serta vitamin A, B, dan C. Kandungan-kandungan tersebut mampu menangkal radikal bebas yang menyerang tubuh ibu hamil.

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak Janin

Timun suri yang mempunyai tekstur seperti blewah dan melon juga dipercaya bermanfaat dalam meningkatkan kecerdasan otak janin. Agar manfaat satu ini maksimal, ibu hamil perlu mengimbangi dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya. Dengan begitu, proses tumbuh kembang otak janin optimal.

3. Melancarkan Saluran Cerna

bolehkah ibu hamil makan timun suri

Kandungan air dalam timun suri sangat tinggi diimbangi dengan kandungan serat yang ada pada timun suri bermanfaat untuk melancarkan saluran cerna. Dengan begitu, gangguan yang diakibatkan oleh saluran cerna dapat teratasi seperti sembelit yang kerap dialami ibu hamil.

4. Memelihara Sistem Imun

Timun suri memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk memelihara sistem imun atau sistem daya tahan tubuh ibu hamil. Mengonsumsi timun suri dapat menjadi upaya ibu hamil dalam menjaga tubuh agar tetap prima. Sehingga meskipun hamil, ia tetap bisa produktif.

5. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat timun suri selanjutnya adalah mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Manfaat ini diperoleh dari kandungan serat, potassium, magnesium, saponin, dan asam linoleat di dalamnya. Selain itu, timun suri juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Tekanan darah yang terkontrol dan kadar kolesterol yang stabil dapat meningkatkan kesehatan jantung ibu hamil. Tentu hal ini sangat bermanfaat terutama menjelang persalinan.

6. Menjaga Kesehatan Tulang dan Sendi

bolehkah ibu hamil makan timun suri

Ibu hamil kerap merasakan punggung sakit, nyeri pinggang, atau pegal-pegal? Ya, itu disebabkan oleh kian berkembangnya janin sehingga perut membesar. Oleh sebab itu, ibu hamil harus menjaga kesehatan tulang dan sendi agar tetap kuat meskipun berat janin semakin bertambah untuk menghindari keluhan yang telah disebutkan sebelumnya.

Nah, ibu hamil dapat mengupayakan agar tulang dan sendi tetap sehat dengan berolahraga ringan dan memakan makanan penunjangs seperti timun suri. Kandungan vitamin B1 dan B6, asam folat, serta kalsium yang ada di dalam timun suri lah yang berkhasiat menjaga kesehatan tulang. Sementara untuk menjaga kesehatan sendi diperoleh dari kandungan silika yang ada di dalam timun suri.

7. Meminimalisir Risiko Diabetes

Timun suri memiliki kandungan karbohidrat kompleks yang bermanfaat bagi ibu hamil untuk mengontrol kadar gula dalam tubuh sehingga dapat meminimalisir risiko diabetes. Terutama bagi ibu hamil yang sebelumnya pernah menderita diabetes. Timun suri bisa dijadikan opsi makanan sehat ibu hamil yang dapat mencegah risiko diabetes.

Lalu, bolehkah ibu hamil makan timun suri? Kesimpulan yang bisa ditarik adalah bahwa ibu hamil boleh makan timun suri karena kandungan yang ada di dalamnya. kendati demikian, timun suri tidak boleh dikonsumsi berlebihan. Konsultasikan ke dokter mengenai takaran yang pas dalam mengkonsumsi timun suri untuk mencegah kelebihan mengkonsumsi timun suri yang justru memungkinkan berbahaya bagi kesehatan ibu hamil.