fungsi ovarium

Menjaga kesehatan organ reproduksi agar berfungsi dengan baik adalah yang sangat penting. Dengan organ reproduksi yang sehat, maka peluang kehamilan pun semakin besar. Salah satu organ reproduksi yang perlu dijaga pada wanita adalah ovarium. Banyak fungsi ovarium yang wajib diketahui.

Ovarium erat kaitannya dengan sel telur yang menjadi awal dari proses kehamilan pada wanita. Ini adalah salah satu organ vital yang perlu dijaga kesehatannya. Untuk lebih memahaminya, berikut ini akan membahas mengenai fungsinya ovarium dan bagaimana cara menjaga kesehatannya.

Mengenal Ovarium

Wanita memiliki dua ovarium yang berada di setiap sisi rahimnya. Berbentuk oval seperti buah almond, berukuran panjang sekitar 4 sentimeter. Ovarium erat kaitannya dengan tingkat kesuburan wanita. Perkembangan ovarium melalui banyak tahap, dimulai pada periode prenatal hingga menopause. Ovarium mulai berfungsi dan mengalami banyak perkembangan yang cepat pada masa pubertas.

Sebelumnya, ovarium hanya sekumpulan jaringan panjang. Seiring dengan tingkat kematangan wanita, ovarium juga berada pada tingkat kematangan. Biasanya wanita dilahirkan dengan dua ovarium. Pada proses ovulasi, biasanya terjadi pada salah satu dari dua ovarium yang melepaskan sel telur setiap siklus menstruasi.

Fungsi Pada Ovarium

Ovarium berperan penting dalam proses kehamilan. Bahkan, ovarium berkaitan juga dengan tingkat kesuburan wanita. Jika ovarium berfungsi dengan baik, maka peluang kehamilan pun semakin tinggi. Berikut ini beberapa fungsinya yang perlu kita ketahui:

1. Tempat Perkembangan Sel Telur

fungsi ovarium

Ovarium berfungsi untuk menghasilkan sel telur, sekaligus menjadi tempat perkembangannya sebelum siap dibuahi. Di dalamnya, sel-sel telur yang berkembang matang dalam folikel berisi cairan. Pada satu waktu biasanya hanya satu sel telur yang berkembang, tetapi yang lain juga bisa matang secara bersamaan.

Pada saat sel telur telah selesai pematangannya di ovarium, maka lonjakan hormon luteinisasi yang dikeluarkan oleh kelenjar hipofisis merangsang pelepasan sel telur melalui pecahnya folikel, proses ini disebut ovulasi.

2. Memproduksi Hormon Wanita

Fungsi berikutnya untuk memproduksi hormon wanita yang disebut estrogen dan progesteron, dan menghasilkan beberapa hormon yang lebih rendah disebut relain dan inhibin.

Hormon yang dihasilkan oleh ovarium ini memiliki peran penting bagi tubuh, misalnya hormon estrogen digunakan tubuh untuk membantu mengembangkan karakteristik wanita dewasa, seperti payudara dan pinggul yang lebih besar dan untuk membantu dalam siklus reproduksi. Sedangkan hormon progesteron berperan dalam proses menstruasi dan kehamilan.

3. Melepaskan Sel Telur

Selain tempat perkembangan sel telur, ovarium juga berperan untuk melepaskan sel telur. Biasanya di titik tengah setiap menstruasi, ovarium akan melepas sel telur. Jumlahnya hanya satu sel telur dari satu ovarium yang dilepaskan selama setiap siklus menstruasi, dengan setiap ovarium secara bergantian melepaskan telur.

Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Wanita

Fungsi organ reproduksi sangatlah penting bagi wanita, maka sudah seharusnya kesehatannya dijaga dengan baik. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita.

1. Bersihkan Organ Intim dengan Benar

fungsi ovarium

Agar organ intim terbebas dari bakteri, maka bersihkanlah dengan benar. Bersihkanlah dengan cara membasuhnya dari depan ke belakang, jangan sebaliknya. Jika tidak dibersihkan dengan benar, maka kumas dari anus bisa terbawa menuju vagina dan bisa menimbulkan infeksi pada vagina.

2. Konsumsi Makanan yang Bergizi dan Rutin Berolahraga

Kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan organ reproduksi antara lain seperti protein, lemak sehat, antioksidan, serat, serta vitamin dan mineral seperti folat, zat besi, dan zinc. Jangan lupa untuk rutin berolahraga agar tetap sehat dan berat badan tetap ideal.

3. Hindari Kebiasaan Tak Sehat

fungsi ovarium

Agar organ reproduksi tetap sehat dan berfungsi dengan baik, hindari kebiasaan tak sehat seperti merokok, minum alkohol, stres berlebih, mengonsumsi obat-obatan terlarang dan lain sebagainya.

Demikianlah pembahasan mengenai fungsi ovarium dan cara menjaga organ reproduksi wanita. Menjaga kesehatan organ reproduksi sangatlah penting. Maka dari itu, tetap jaga kesehatan dengan melakukan beberapa cara di atas dan melakukan pemeriksaan apabila terjadi sesuatu yang tidak nyaman pada organ intim.