Morula IVF

Vagina Gatal Setelah Berhubungan, Ternyata Ini Penyebabnya!

December 5, 2022

Vagina Gatal Setelah Berhubungan, Ternyata Ini Penyebabnya!

Perlukah khawatir jika merasakan vagina gatal setelah berhubungan? Beberapa orang terkadang merasakan gatal pada area vagina setelah berhubungan. Ada baiknya jangan sepelekan kondisi seperti ini namu segera cari tahu penyebab dan cara mencegahnya.

Vagina terasa gatal setelah berhubungan seksual memang mungkin saja terjadi. Kondisi paling umum adalah disebabkan oleh kurangnya pelumas yang membuat banyak gesekan dan menyebabkan vagina terasa gatal.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa saja penyebab vagina gatal setelah berhubungan intim, simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Vagina Gatal Setelah Berhubungan

Muncul reaksi rasa gatal pada vagina setelah berhubungan intim bisa terjadi karena berbagai penyebab dan faktor. Berikut ini beberapa penyebab vagina gatal setelah melakukan hubungan intim yang perlu Anda waspadai.

1. Infeksi Vagina

Salah satu penyebab paling umum kenapa vagina gatal setelah berhubungan adalah karena terjadi infeksi. Infeksi pada vagina bisa terjadi karena beberapa hal seperti bakteri, jamur dan juga parasit. Meski begitu, beberapa infeksi vagina juga bisa ditularkan secara seksual.

2. Ketidakseimbangan pH

Ketidakseimbangan pH juga bisa menjadi penyebab kenapa vagina gatal setelah melakukan hubungan seksual. pH sendiri adalah ukuran seberapa asam atau basa suatu zat. Keseimbangan pH yang normal harus berada di angka 3,8 dan 4,5. pH vagina yang lebih tinggi dari batas angka berikut, berikiso menyebabkan infeksi pada vagina yang menimbulkan rasa gatal setelah berhubungan.

3. Vagina Kekeringan

Vagina yang kekurangan saat berhubungan intim juga bisa menimbulkan rasa gatal. Kondisi ini bisa terjadi saat sekresi vagina tidak cukup untuk melumasi dinding vagina ketika berhubungan intim. Penyebab paling umum dari vagina kering adalah karena perubahan hormonal seperti menopause dan melahirkan.

4. Alergi Sperma

Beberapa wanita ternyata ada yang memiliki alergi terhadap sperma yang dikenal dengan hipersensitivitas plasma seminalis. Kondisi ini bisa menjadi salah satu penyebab kenapa vagina gatal setelah berhubungan karena ada reaksi alergi terhadap protein dalam air mani. Selain vagina, gejala alergi juga bisa muncul pada area lain yang bersentuhan dengan sperma seperti mulut hingga kulit.

5. Penyakit Menular Seksual

Vagina gatal setelah berhubungan intim juga bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual (PMS). Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala akan tetapi beberapa orang terkadang akan mengalami rasa gatal pada vagina khususnya setelah berhubungan. Beberapa jenis PMS yang dapat menyebabkan gatal pada vagina antara lain seperti herpes, gonore, klamidia, kulit kelamin dan juga trikomoniasis.

Pengobatan Vagina Gatal

Gatal pada vagina setelah berhubungan tidak boleh dibiarkan karena bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius. Pengobatan vagina gatal bisa dilakukan di rumah jika kondisinya tidak terlalu parah. Akan tetapi dalam kondisi yang cukup serius, ada baiknya lakukan pemeriksaan ke dokter.

1. Pengobatan Rumahan

  • Pastikan area genital kering dan bersih
  • Hindari aktivitas hubungan seks sampai gejala berkurang
  • Berendam air hangat campur oatmeal
  • Menggunakan produk untuk kulit sensitif
  • Menggunakan kondom non lateks
  • Hindari douching

2. Perawatan Medis

  • Mengkonsumsi obat antivirus
  • Mengkonsumsi obat antijamur
  • Menggunakan antibiotic oral, topical atau injeksi
  • Pengobatan kulit topikal
  • Operasi laser removal untuk menghilangkan kutil kelamin

Vagina gatal setelah berhubungan tidak boleh dianggap sepele. Meski beberapa kondisi tidak berbahaya, akan tetapi jika vagina gatal ternyata disebabkan oleh penyakit menular seksual maka perlu penanganan yang lebih lanjut. Untuk menghindari risiko ini, pastikan lakukan hubungan seksual secara sehat dan aman serta selalu jaga kebersihan organ intim Anda.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung