Morula IVF

Cara Menjaga Kesehatan Rahim Untuk Tingkatkan Kesuburan

February 10, 2023

Cara Menjaga Kesehatan Rahim Untuk Tingkatkan Kesuburan

Rahim merupakan salah satu organ yang penting bagi perempuan. Maka dari itu menjaga kesehatan rahim adalah hal yang wajib dilakukan oleh setiap perempuan. Tujuannya adalah agar terhindar dari penyakit dan agar bisa memiliki keturunan. 

Membahas tentang kesehatan rahim maka berhubungan dengan kesuburan dan keberhasilan kehamilan serta faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesehatan rahim seperti peredaran darah yang optimal, nutrisi yang seimbang serta fungsi sistem saraf. Lalu bagaimana caranya menjaga kesehatan rahim? Berikut ini adalah beberapa tips dan cara menjaga kesehatan rahim yang bisa kita lakukan sedini mungkin.

Cara Menjaga Kesehatan Rahim

Pada dasarnya menjaga kesehatan rahim dan reproduksi sama seperti menjaga kesehatan tubuh pada umumnya dan dimulai dari hal-hal sederhana. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rahim yang berpeluang meningkatkan kesuburan. 

1. Atur Pola Makan

Makanan merupakan salah satu faktor yang bisa menjadi sebab sebuah penyakit. Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan terutama kesehatan rahim, mengatur pola makan adalah hal yang harus dilakukan. Rajinlah mengonsumsi makanan bergizi. 

Ada banyak makanan yang baik untuk menjaga kesehatan rahim diantaranya adalah ikan yang tinggi akan lemak Omega 3 seperti ikan salmon dan makarel. Selain itu, perbanyak juga makanan yang kaya akan asam folat dan beta karoten seperti gandum, alpukat dan bayam.

Mengatur pola makan disini termasuk juga mengganti makanan-makanan yang tidak baik untuk kesehatan rahim seperti makanan tinggi gula, tinggi kafein dan mengandung lemak trans menjadi makanan-makanan sehat seperti sayur dan buah yang bagus untuk rahim.  

2. Istirahat Yang Cukup

Selain makanan, kelelahan juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit termasuk kesehatan rahim. Maka dari itu, disarankan untuk mengatur pola tidur dan memberikan tubuh istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur dengan durasi 7 hingga 8 jam sehari agar tubuh dapat bekerja secara efektif dan terhindar dari kelelahan. 

3. Olahraga Teratur

Rutin berolahraga adalah cara yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan rahim. Hindari olahraga yang terlalu berat. Cukup dengan olahraga ringan namun teratur dilakukan. Misalnya, berenang selama 2 jam per minggu. Berenang juga merupakan olahraga yang banyak disarankan oleh ahli karena dapat membantu mengurangi sakit punggung, meredakan sakit datang bulan, serta memudahkan proses persalinan.

Mengapa harus olahraga teratur? Salah satu yang bisa mengganggu kesehatan rahim adalah berat badan yang tidak ideal. Disarankan untuk mempertahankan berat badan ideal yakni tidak terlalu kurus ataupun terlalu gemuk. Hal ini menjadi penting karena ternyata berat badan juga bisa menjadi faktor ketidaksuburan.

4. Hindari Menahan Buang Air Kecil

Menahan buang air kecil sama saja menahan zat yang seharusnya dibuang di dalam kandung kemih dan dapat menyebabkan infeksi kandung kemih yaitu peradangan pada saluran kencing yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

Gejala akibat infeksi saluran kemih diantaranya, seringnya buang air kecil, nyeri pada saat buang air kecil, urin yang berwarna keruh dan berbau menyengat. Jika mengalami infeksi saluran kemih maka bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan rahim. Dampak lainnya, terjadi infeksi pada vagina yang berujung pada gangguan kesehatan rahim dan organ reproduksi.

5. Hindari Seks Berisiko

Menghindari perilaku seks berisiko juga merupakan upaya untuk menjaga kesehatan rahim. Melakukan seks dengan bergonta-ganti pasangan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau kondom berisiko mendatangkan penyakit menular seksual yang bisa berakibat fatal pada kesehatan reproduksi dan rahim.

6. Konsumsi Suplemen 

Saat ini banyak suplemen kesehatan yang bisa Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh termasuk kesehatan reproduksi dan rahim. Suplemen penting yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rahim dan meningkatkan kesuburan bahkan sebelum merencanakan kehamilan adalah asam folat dan vitamin D. 

Anda bisa konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa saja suplemen-suplemen yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan rahim Anda dan untuk meningkatkan kesuburan.

7. Periksa Rutin

Nah, tips dan cara ini sepertinya yang jarang dilakukan dan bahkan tabu di kalangan masyarakat karena mungkin minimnya edukasi tentang menjaga kesehatan rahim. Padahal melakukan pemeriksaan secara rutin adalah langkah awal yang bisa kita lakukan untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin. 

Lakukan pemeriksaan minimal sekali dalam setahun. Dan konsultasikan pada dokter ketika Anda mengalami indikasi kemungkinan terjadinya gangguan pada rahim misalnya ketika keputihan berlebihan dan berbau, vagina yang kering hingga sakit yang berlebihan ketika datang bulan.

Seharusnya, semua wanita peduli untuk menjaga kesehatan rahim dan organ reproduksinya sejak dini dimulai dari pertama kali haid atau menstruasi. Menjaga kebersihan vagina serta melakukan beberapa tips dan cara menjaga kesehatan rahim diatas dapat meningkatkan kesuburan dan meminimalisir risiko gangguan kesehatan rahim. Semoga bermanfaat!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung