Morula IVF

8 Jenis Olahraga Agar Cepat Hamil yang Bisa Dicoba!

December 28, 2022

8 Jenis Olahraga Agar Cepat Hamil yang Bisa Dicoba!

Olahraga selalu menjadi aspek yang berpengaruh bagi kesehatan tubuh, termasuk untuk calon ibu hamil. Olahraga adalah salah satu bentuk pola hidup sehat yang sangat cocok jika Anda ingin menerapkan program hamil. 

Pola hidup sehat dengan berolahraga ini tak hanya dibebankan pada pihak wanita saja, namun juga pria. Jika Anda sedang merencanakan program hamil, sebaiknya banyak melakukan aktivitas untuk meningkatkan kesuburan, seperti berolahraga, pola hidup sehat, dan konsumsi makanan bergizi. 

Mengapa olahraga sangat berpengaruh pada program hamil? Sebab, rutin berolahraga dapat membuat tubuh lebih bugar, sehat, dan ideal. Aspek tersebut sangat penting untuk memperbaiki kesuburan dan meningkatkan peluang hamil. 

Sebab, wanita yang rutin melakukan olahraga secara teratur memiliki peluang lebih besar untuk cepat hamil dibandingkan dengan wanita yang jarang melakukan olahraga atau malas gerak. Ada banyak jenis olahraga yang tersedia, pilihlah yang berada di level moderat atau rendah dan sesuai dengan kemampuan. 

Pada intinya, tujuan berolahraga itu untuk membuat tubuh lebih rileks dan stres berkurang. Jika merasa tubuh Anda kelelahan dan terjadi perubahan suasana hati, maka intensitas olahraga Anda harus dikurangi. 

8 Jenis Olahraga Agar Cepat Hamil

Kenali terlebih dahulu kriteria olahraga yang cocok dilakukan selama program hamil sesuai dengan kemampuan Anda. Ada delapan jenis olahraga yang bisa Anda lakukan bersama pasangan. Apa saja?

1. Berjalan Kaki

Aktivitas olahraga pertama yang mungkin bisa Anda pilih adalah berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan aktivitas fisik kardiovaskuler yang sangat baik, terlebih Anda hanya membutuhkan sepatu olahraga yang nyaman. Berjalan kaki ini juga sangat aman dilakukan, bahkan meski Anda sedang mengandung. Sehingga, jenis olahraga ini sangat direkomendasikan karena berada di level rendah. 

2. Pilates

Aktivitas olahraga yang selanjutnya adalah pilates. Pilates merupakan latihan yang fokus pada sisi fleksibilitas, kekuatan, ketahanan otot, dan persendian. Manfaat melakukan pilates ini tentu saja bisa melatih Anda lebih rileks dan terhindar dari stres. Tak heran jika pilates ini sangat cocok untuk mempersiapkan kondisi fisik calon ibu hamil agar masa persalinan lebih lancar. 

3. Yoga

Olahraga yang cocok untuk calon ibu hamil selanjutnya adalah yoga. Olahraga yoga dinilai cukup efektif untuk membantu menurunkan stres dan perasaan tertekan bagi calon ibu hamil. Sebagaimana diketahui tingkat stres yang berlebihan adalah salah satu faktor yang mengganggu kesuburan wanita. 

Namun, jika Anda rutin melakukan yoga, dampaknya tubuh Anda akan lebih rileks karena mendapat efek meditasi, keseimbangan, kekuatan, serta kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Berenang

Apakah Anda menyukai aktivitas berenang? Berenang adalah olahraga yang menyegarkan dan menyenangkan. Ia juga bermanfaat untuk membantu Anda menjaga berat badan ideal dan meningkatkan kesuburan agar peluang hamil semakin tinggi. Untuk mendapatkan manfaat dari aktivitas berenang secara maksimal, lakukan sekitar 2 sampai 3 kali seminggu. 

5. Senam Kegel

Jenis olahraga untuk calon ibu hamil selanjutnya adalah senam kegel. Senam kegel atau latihan dasar panggul ini melibatkan kontraksi dan relaksasi berulang pada otot-otot yang membentuk bagian dasar panggul atau dikenal “otot kegel”.

Manfaat baik dari senam kegel ini diantaranya seperti mengencangkan otot panggul, kandung kemih, dan vagina. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari senam kegel ini, lakukan secara rutin minimal tiga kali seminggu.

Cara melakukannya cukup mudah, langkah-langkahnya seperti kencangkan otot panggul bawah Anda selama kurang lebih 3 detik. Saat mengencangkan otot panggul, jangan tahan napas atau mengencangkan otot perut, paha, dan pantat. Cobalah melemaskan kembali otot panggul bawah selama 3 detik. Ulangi kembali latihan otot ini sebanyak 10 kali.

6. Senam Zumba

Apakah Anda suka bernari sambil berolahraga? Kegiatan Zumba ini cocok jika Anda sedang melaksanakan program hamil. Zumba ini merupakan tarian kebugaran dengan gerakan atraktif untuk meningkatkan produksi endorfin (kebahagiaan). Olahraga zumba ini dianggap bisa meringankan stres sebagai salah satu pemicu infertilitas

7. Bersepeda

Ternyata bersepeda juga menjadi salah satu olahraga untuk mempersiapkan kehamilan. Rutin bersepeda ini bisa menurunkan dan mengontrol stres dimana stress dapat mengacaukan reproduksi dan menunda kehamilan seseorang. Jenis olahraga ini bisa membantu memperkuat otot perut, panggul, punggung, dan pangkal paha, sehingga cocok untuk mempersiapkan kehamilan Anda.  

8. Jogging 

Serupa dengan berjalan kaki, rutin melakukan jogging bisa meningkatkan peluang hamil. Selain tak perlu modal yang banyak, olahraga ini bisa dilakukan bersama pasangan Anda. Misalnya, dilakukan setiap hari Minggu pagi atau sore hari. 

Demikian beberapa jenis olahraga yang bisa Anda pilih agar cepat hamil. Jika Anda adalah tipe orang yang jarang berolahraga sebelumnya, mulailah dengan olahraga yang sederhana, seperti naik turun tangga atau berjalan kaki.

Meski olahraga sangat baik untuk mempersiapkan kehamilan, namun sebaiknya dilakukan sesuai kemampuan tubuh Anda. Sebab, olahraga yang terlalu berat juga berisiko mengganggu kesuburan. 

Contoh, jika seorang wanita memiliki berat badan normal dan melakukan olahraga penuh semangat selama 5 jam atau lebih dalam seminggu, justru memiliki peluang hamil lebih kecil sebesar 42 persen dibanding wanita yang tidak berolahraga sama sekali.

Sehingga, semakin kuat atau berat olahraga yang dilakukan pada wanita dengan berat badan ideal; justru adanya kemungkinan untuk terjadi pembuahan dan kehamilan menjadi lebih rendah.

Namun, jika memiliki berat badan yang berlebihan, maka olahraga apapun akan sangat baik dilakukan. Kelebihan berat badan masih menjadi salah satu faktor risiko infertilitas, dan bisa dihindari dengan rutin berolahraga. 

Lalu, bagaimana jika masa yang ditunggu-tunggu itu tidak kunjung datang meski Anda sudah rutin berolahraga selama setahun? Sebaiknya segera konsultasikan keluhan tersebut kepada dokter kandungan yang terpercaya. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung