Morula IVF

Catat, Ini Makanan Penambah ASI yang Perlu Busui Tahu!

November 4, 2022

Catat, Ini Makanan Penambah ASI yang Perlu Busui Tahu!

Ibu yang telah melahirkan dan sedang dalam masa menyusui biasanya akan disarankan untuk makanan penambah ASI. Tujuannya adalah agar produksi ASI melimpah sehingga kebutuhan nutrisi bayi bisa terpenuhi. Dengan begitu, bayi bisa tumbuh dengan optimal.

ASI atau Air Susu Ibu merupakan sumber nutrisi utama bagi bayi khususnya yang berusia di bawah 6 bulan. ASI kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Meski bisa digantikan dengan susu formula, akan tetapi kandungan nutrisi pada ASI lebih baik dan lebih dibutuhkan oleh bayi.

Agar produksi ASI melimpah, ibu perlu menjaga pola makan dengan baik. Anda juga perlu mengkonsumsi makanan penambah ASI ibu agar produksinya bisa lancar. Mau tahu apa saja jenis makanan yang bisa menambah produksi ASI?

Jenis-jenis Makanan Penambah ASI

Ada beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan produksi ASI bagi ibu yang tengah menyusui, antara lain:

1. Sayuran Hijau

Salah satu jenis makanan penambah ASI biar banyak adalah sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung galaktagog dan senyawa fitoestrogen yang mampu membuat produksi ASI meningkat. Beberapa jenis sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi ibu saat sedang masa menyusui antara lain adalah bayam, brokoli, daun katuk, dan daun jinten. Sebaiknya konsumsi 1 – 2 porsi sayuran hijau setiap hari

2. Gandum Utuh dan Oat

Mengonsumsi bubur gandum atau oat dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Selain tinggi serat, gandum dan oat juga kaya akan zat besi yang bisa mencegah anemia, salah satu penyebab menurunnya pasokan ASI. Selain dalam bentuk bubur, Anda juga bisa mengonsumsi gandum utuh dan oat dalam bentuk biskuit dan roti gandum sebagai makanan penambah ASI ibu hamil.

3. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk dalam jenis makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI. Selain kaya akan kandungan serat, kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang merah dan kacang kenari juga mengandung protein, kalsium serta zat besi yang bisa meningkatkan produksi ASI untuk ibu yang tengah menyusui. Anda bisa mengonsumsi kacang-kacangan ini sebagai cemilan penambah ASI.

Selain kacang-kacangan, biji-bijian seperti wijen, flaxseed dan chia seed juga berkhasiat untuk meningkatkan produksi ASI. Hal ini karena biji-bijian tersebut kaya akan senyawa fitoestrogen yang mampu merangsang produksi ASI.

4. Ikan dan Telur

Protein dan energi sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang menyusui. Salah satu cara mencukupi kebutuhan kedua asupan ini adalah dengan mengkonsumsi ikan dan telur. Namun pastikan, ikan dan telur diolah sampai matang agar tidak ada bakteri yang ikut masuk ke dalam tubuh.

5. Bawang Putih

Ibu yang tengah menyusui juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih sebagai makanan penambah ASI jika ingin produksi ASI melimpah. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa bayi akan menyusu lebih lama pada ibu yang mengonsumsi bawang putih.

Tips Memperbanyak ASI Selain dari Makanan

Selain dengan mengonsumsi makanan yang tepat, ada cara dan tips yang bisa Anda lakukan agar produksi ASI meningkat, antara lain:

1. Menyusui Lebih Sering

Lebih sering menyusui bayi ternyata juga bisa membuat produksi ASI menjadi lebih banyak. Susui bayi paling tidak 8 – 12 kali sehari agar produksi ASI lebih banyak. Selain itu, Anda juga bisa memompa atau memerah ASI untuk merangsang produksinya.

2. Mengurangi Stress

Mengonsumsi pelancar ASI paling ampuh sekalipun tidak akan meningkatkan produksinya jika si ibu mengalami stress. Maka dari itu, jika ingin produksi ASI melimpah, hindari stress dan selalu ciptakan suasana nyaman dan tenang saat menyusui.

3. Melakukan Pijatan Payudara

Melakukan pijatan pada payudara juga bisa membuat ASI menjadi lebih lancar. Payudara yang tegang atau ada saluran susu yang tersumbat bisa menyebabkan ASI menjadi sulit keluar. Dengan melakukan pijatan secara lembut, ASI akan keluar dengan lancar.

ASI merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi khususnya yang berusia di bawah 6 bulan. Maka dari itu, Anda disarankan untuk memberikan ASI secara eksklusif hingga berusia 2 tahun. Agar produksinya maksimal, jangan lupa untuk konsumsi makanan penambah ASI dan hindari stress selama menyusui.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung