Morula IVF

Manfaat Vitamin C untuk Kesuburan Pria dan Wanita, Bikin Cepat Hamil?

December 2, 2022

Manfaat Vitamin C untuk Kesuburan Pria dan Wanita, Bikin Cepat Hamil?

Sudah tahukah Anda jika vitamin C untuk program hamil bisa meningkatkan kesuburan pria dan wanita? Dengan kesuburan yang bagus, maka peluang untuk terjadinya kehamilan akan semakin besar. Tidak heran jika vitamin C menjadi salah satu vitamin wajib bagi pasangan yang sedang promil.

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika vitamin C memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Tidak hanya bagus untuk menjaga kesehatan, vitamin C juga bagus untuk kecantikan karena kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah penuaan dini. Namun sudah tahukah Anda jika suplemen vitamin C untuk program hamil bisa meningkatkan kesuburan?

Vitamin C memang kaya akan antioksidan yang diperlukan untuk meningkatkan kesuburan baik bagi pria maupun wanita. Untuk lebih jelasnya tentang apa saja manfaat vitamin C untuk program hamil, simak penjabaran di bawah ini.

4 Manfaat Vitamin C untuk Program Hamil

Mungkin masih banyak orang yang bingung, apa hubungannya vitamin C dengan kesuburan dan keberhasilan program hamil. Untuk menjawabnya, ketahui dulu berbagai manfaat vitamin C berikut ini.

1. Membantu Melancarkan Siklus Ovulasi

Beberapa riset membuktikan bahwa vitamin C mampu melancarkan siklus ovulasi sehingga membuat menstruasi menjadi lebih teratur. Dengan mengonsumsi vitamin C, penyerapan zat besi dalam tubuh menjadi lebih optimal. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi vitamin C bisa meningkatkan persentase keberhasilan program hamil sebesar 25%.

2. Membantu Penebalan Dinding Rahim

Vitamin C juga bermanfaat untuk membantu penebalan dinding rahim. Konsumsi vitamin C secara teratur bisa membantu produksi sel telur yang lebih sehat dan berkualitas sehingga peluang untuk terjadinya pembuahan akan semakin besar.

3. Mencegah Stres yang Menghambat Kesuburan

Siapa sangka bahwa stres memiliki pengaruh besar terhadap kesuburan seseorang. Konsumsi vitamin C secara teratur diyakini mampu mengurangi efek negatif stres. Oleh sebab itu, pasangan yang ingin menjalani program hamil disarankan untuk mengonsumsi vitamin C agar lebih cepat pulih dari stres sehingga tingkat kesuburan juga akan meningkat.

4. Meningkatkan Jumlah Sperma

Konsumsi vitamin C ternyata tidak hanya berpengaruh untuk kesuburan wanita saja. Akan tetapi vitamin C juga bagus untuk kesuburan pria karena membantu meningkatkan jumlah dan kualitas sperma.

Dilansir dari Pubmed, pria yang mengonsumsi vitamin promil di apotik yang mengandung vitamin C memiliki sel sperma yang jauh lebih sehat. Hal ini terjadi karena vitamin C kaya akan antioksidan dan bisa mengurangi kerusakan sel.

Dosis Vitamin C untuk Program Hamil

Konsumsi vitamin untuk program hamil suami istri harus sesuai dengan anjuran dan aturan dokter. Dosis aman harian yang disarankan untuk konsumsi vitamin C adalah sebanyak 75 mg per hari untuk wanita, dan 90 mg per hari untuk pria.

Bagi yang sedang program hamil, tidak disarankan mengonsumsi vitamin C di atas 750 – 1000 mg per hari. Hal ini justru bisa menyebabkan kelebihan zat acid yang berakibat buruk untuk sperma dan sel telur.

Untuk menjaga kesuburan, suntik vitamin C untuk program hamil juga tidak disarankan. Dosis suntik vitamin C terlalu tinggi sehingga justru bisa berpengaruh terhadap kesuburan. Sebagai ganti Anda bisa mengonsumsi suplemen vitamin C yang aman.

Saat ini ada banyak jenis dan merek vitamin C untuk program hamil yang bisa membantu meningkatkan kesuburan. Namun selalu pastikan konsumsi vitamin tersebut sesuai aturan agar manfaatnya bisa optimal sehingga meningkatkan keberhasilan program hamil Anda.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung