Morula IVF

Jangan Takut, Begini Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

March 20, 2023

Jangan Takut, Begini Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

Program hamil adalah salah satu cara bagi pasangan suami isteri untuk mendapatkan buah hati. Salah satunya adalah dengan cara alami, yaitu memperhitungkan jadwal ovulasi setiap siklusnya. Namun, ada juga wanita yang mengalami haid yang tidak teratur. Lantas bagaimana caranya untuk program hamil? Anda tidak perlu takut, karena berikut adalah ulasan mengenai program hamil untuk haid tidak teratur. 

Penyebab Haid Tidak Teratur

Haid Anda dapat dikatakan tidak teratur apabila panjang siklus haid Anda (jarak antara awal haid) Anda terus berubah. Menstruasi Anda mungkin dapat datang lebih awal ataupun terlambat. Rata-rata, siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, meski normal jika sedikit lebih pendek atau lebih lama dari ini. 

Berikut adalah beberapa dari penyebab haid tidak teratur, yaitu antara lain:

  • Masa pubertas: Haid Anda mungkin tidak teratur selama satu atau dua tahun pertama. 
  • Awal menopause (pada umumnya antara umur 45 sampai dengan 55).
  • Awal kehamilan: Anda bisa melakukan test pack untuk mengkonfirmasi kehamilan.
  • Beberapa jenis kontrasepsi: Seperti pil KB atau intrauterine system (IUS).
  • Penurunan berat badan yang terlalu ekstrim, ataupun penambahan berat badan.
  • Olahraga berlebihan atau stres
  • Kondisi medis, seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik) atau masalah dengan tiroid. 

Siklus Haid Tidak Teratur Apakah Bisa Cepat Hamil?

Bagi Anda yang bertanya-tanya, apakah siklus haid tidak teratur, apakah masih bisa cepat hamil? Jawabannya adalah bisa. Melansir dari Banner Health, wanita dengan menstruasi tidak teratur masih bisa berovulasi, namun waktu ovulasi mungkin lebih sulit untuk diprediksi. Hal ini karena masa subur wanita biasanya terjadi pada hari ke-10 sampai ke-17 setelah hari pertama menstruasi. 

Untuk bisa menentukan apakah Anda sedang dalam masa ovulasi atau tidak, Anda bisa mengeceknya dengan alat tes ovulasi. Tes ini bekerja mirip dengan tes kehamilan, di mana Anda akan buang air kecil terlebih dahulu, lalu strip dimasukkan. Akan tetapi, tes tersebut juga dapat memberikan “false positive”, khususnya pada wanita yang mengalami PCOS. 

Selain dapat menggunakan alat tes ovulasi, Anda juga dapat memeriksa masa ovulasi dengan memetakan suhu tubuh basal Anda. Ketika Anda memasuki masa ovulasi, suhu tubuh Anda bisa naik 0.5 sampai dengan 1 derajat celcius. Jika ingin lebih akurat lagi, Anda bisa lakukan USG transvaginal atau pemeriksaan darah yang dilakukan di penyedia layanan kesehatan Anda. 

Program Hamil Untuk Haid Tidak Teratur

Untuk Anda yang mengalami menstruasi tidak menentu, Anda tidak perlu khawatir karena masih ada cara-cara program hamil untuk haid tidak teratur. Yuk simak apa saja!

1. Terapi Obat Kesuburan

Salah satu cara program hamil untuk haid tidak teratur adalah dengan terapi obat kesuburan. Obat-obatan inilah yang akan merangsang ovulasi, terutama bagi wanita yang tidak subur akibat gangguan ovulasi. Terapi obat kesuburan ini bekerja sama seperti hormon perangsang folikel (FSH) dan hormon luteinizing (LH) untuk memicu ovulasi. Selain itu, terapi ini juga dapat dilakukan untuk merangsang sel telur yang lebih baik atau sel telur ekstra. 

Namun dibalik terapi obat kesuburan ini, tentunya ada beberapa faktor resikonya juga, antara lain adalah tumor ovarium. Melansir dari Mayo Clinic, wanita yang mengonsumsi obat kesuburan selama 12 bulan atau lebih tanpa kehamilan yang berhasil mungkin berisiko lebih tinggi terkena tumor ovarium di kemudian hari. Untuk itu, pastikan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda sebelum melakukan terapi. 

2. Program Bayi Tabung

Cara program hamil untuk haid tidak teratur yang selanjutnya adalah dengan prosedur bayi tabung atau IVF (In Vitro Fertilization). Bayi tabung adalah serangkaian prosedur kompleks yang digunakan untuk membantu kesuburan atau mencegah masalah genetik dan membantu konsepsi seorang anak. 

Selama proses IVF, telur wanita yang sudah matang dikumpulkan (diambil) dari ovarium lalu dibuahi oleh sperma di laboratorium. Telur yang sudah dibuahi tersebut (embrio) kemudian dipindahkan ke rahim. Bayi tabung bisa Anda lakukan sebagai salah satu solusi program hamil untuk haid tidak teratur. Seperti pada salah satu layanan Morula IVF, yaitu program bayi tabung, yang bisa Anda manfaatkan sebagai solusi bagi haid tidak teratur Anda. 

3. Mengontrol Stress

Salah satu faktor dari haid yang tidak teratur adalah karena tingginya tingkat stres. Oleh sebab itu, untuk Anda yang ingin program hamil, pastikan Anda terbebas dari stres yang berlebihan. Lakukan olahraga ringan seperti yoga untuk membantu Anda mengontrol stres. Selain itu, Anda juga dapat berlibur sejenak bersama pasangan untuk menghilangkan stres. Santailah sejenak dan lupakan beban yang selama ini memberatkan Anda. 

Nah, demikian ulasan kali ini mengenai cara program hamil untuk haid tidak teratur. Pastikan Anda menjalani pola hidup yang sehat dan kurangi stres agar haid Anda dapat normal kembali. Namun, apabila Anda sudah lama mengalami haid tidak teratur, konsultasikan bersama dokter untuk mengetahui apa sebenarnya penyebabnya. Semoga artikel kali ini dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda serta pasangan. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung