manfaat buah kawista untuk ibu hamil

Selain sirupnya yang enak, manfaat buah kawista untuk ibu hamil sangat penting diketahui. Saat seorang wanita sedang hamil, ia diharuskan untuk menjaga pola makan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi. Beragam makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil, salah satunya adalah buah kawista. Buah kawista memang masih terasa asing di telinga. Buah ini beraroma harum seperti pisang dan dengan kulit keras berwarna kuning keabu-abuan, sementara dagingnya berwarna coklat karamel atau oranye muda. Lalu, apa saja manfaat buah kawista untuk kesehatan ibu hamil? Simak penjelasannya di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Buah Kawista 100 Gram

manfaat buah kawista untuk ibu hamil
  • 28–32 gr karbohidrat
  • 3 gr serat
  • 1,8–2,6 gr protein
  • 0,2–0,4 gr lemak
  • 85 mg kalsium
  • 22,5 gr vitamin C
  • 50 mg fosfor
  • 600 mg kalium

Selain kandungan di atas, buah kawista juga mengandung zat besi, magnesium, zinc, tembaga, dan vitamin B. Tidak berhenti di situ, kandungan buah kawista yang lain meliputi senyawa bioaktif seperti beta karoten, alkaloid, fenolat, flavonoid, terpenoid, serta antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit dan infeksi.

Manfaat Buah Kawista

1. Menangkal Radikal Bebas

manfaat buah kawista untuk ibu hamil

Ibu hamil tanpa asupan nutrisi yang cukup rentan terkena penyakit atau infeksi akibat kerusakan sel tubuh karena terpapar radikal bebas atau stres oksidatif. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan senyawa lain yang mendukungnya agar dapat menangkal radikal bebas sehingga daya tahan tubuh ibu hamil dan janin lebih kuat.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Manfaat selanjutnya dari buah kawista adalah menjaga kesehatan saluran cerna. Kandungan serat yang cukup tinggi pada buah ini dapat meningkatkan probiotik di usus dan memperlancar kerja dalam mencerna makanan. Dengan begitu, dapat meminimalisir risiko berbagai gangguan pencernaan seperti sembelit yang kerap terjadi pada ibu hamil. Selain itu, senyawa aktif yang terkandung dalam ekstrak buah kawista diketahui mampu memberikan efek perlindungan terhadap infeksi bakteri jahat di saluran pencernaan seperti bakteri shigella dysenteriae penyebab demam, diare, maupun sakit perut.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat buah kawista untuk ibu hamil

Teh herbal yang terbuat dari buah kawista diyakini mampu menurunkan gula darah. Hal tersebut menjadikan teh herbal tersebut sebagai salah satu asupan penunjang ibu hamil. Sehingga ia terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan kadar gula tinggi seperti diabetes gestasional yang berbahaya bagi kesehatan diri dan janinnya.

4. Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi gestasional merupakan salah satu penyakit yang dapat menimpa ibu hamil. Penyakit tersebut jika tidak segera ditangani akan menyebabkan preeklamsia yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin. Oleh sebab itu, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat membantunya untuk menurunkan tekanan darah seperti buah kawista.

5. Menyehatkan Kulit

Pada umumnya, ketika wanita sedang hamil akan terjadi berbagai perubahan. Salah satu perubahan tersebut terjadi pada kulit yang terlihat semakin kusam. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam buah kawista dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit ibu hamil. Sehingga kulit ibu hamil tetap sehat. Selain itu, antioksidan di dalam buah kawista juga dapat menangkal radikal bebas sehingga melindungi sel kulit agar tidak rusak.

Itulah manfaat buah kawista untuk ibu hamil. Jika Anda ingin mengonsumsi sebagai asupan nutrisi saat hamil, konsultasikan kepada dokter. Hal itu dapat menghindarkan Anda dari kesalahan konsumsi atau takaran konsumsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi saat hamil.