manfaat buah kesemek untuk ibu hamil

Buah kesemek mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya manfaat buah kesemek untuk ibu hamil untuk menambah asupan nutrisi janin di dalam kandungan. Selain menyehatkan, buah kesemek juga memiliki rasa yang enak dan manis seperti madu. Buah kesemek aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan tentunya memiliki nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Kandungan Nutrisi Buah Kesemek

Buah kesemek dapat tumbuh tanpa bantuan pupuk kimia, sehingga buah ini dianggap buah yang paling alami. Dalam satu buah kesemek berukuran kecil, mengandung 118 kalori, 31 gram karbohidrat, 1 gram protein, 0,3 gram lemak dan 6 gram serat. Kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, kalium, tembaga, folat, magnesium hingga fosfor. Selain kandungan mineral dan vitamin, buah ini juga mengandung beragam senyawa antioksidan seperti tanin, lavonoid, dan karotenoid.

Manfaat Kesemek untuk Ibu Hamil

Kandungan nutrisi dalam buah kesemek memberi manfaat yang banyak untuk tubuh. Selain itu, buah ini juga aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Sehingga ibu hamil bisa mendapatkan asupan nutrisi dengan mengonsumsi buah kesemek. Lalu, apa saja manfaat kesemek untuk ibu hamil? Berikut ini pembahasannya.

1. Menjaga Imunitas Tubuh dan Pertumbuhan Janin Tetap Sehat

manfaat buah kesemek untuk ibu hamil

Ibu hamil rentan mengalami kelelahan karena mengalami perubahan fisik dan hormon selama kehamilan. Oleh karena itu, ibu hamil perlu menjaga imunitas tubuhnya agar bayi yang dikandungnya pun tetap sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah-buahan seperti buah kesemek. Buah kesemek juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan janin, dalam hal ini perkembangan otak dan saraf. Kandungan kalsium dan fosfor pada buah kesemek dapat menjaga sistem saraf janin berkembang optimal dan sehat.

2. Mencegah Penyakit Anemia

Ibu hamil rentan mengalami anemia, hal ini tentu akan membahayakan ibu dan janinnya. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang membahayakan seperti persalinan prematur. Untuk menurunkan terjadinya risiko ini, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kesemek yang mengandung zat besi yang tinggi yang dapat memberikan penambah darah, sehingga membantu ibu hamil semakin lebih sehat.

3. Mencegah Insomnia dan Stres Menjelang Persalinan

manfaat buah kesemek untuk ibu hamil

Menjadi ibu hamil memang tidak mudah, apalagi saat memasuki Hari Perkiraan Lahir (HPL), umumnya ibu hamil akan mulai mengalami stres hingga berujung insomnia saat malam hari. Agar hal ini tidak terjadi, sebaiknya ibu hamil mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C, termasuk buah kesemek. Kandungan vitamin C yang tinggi dapat menjaga suasana hati ibu hamil tetap normal.

4. Menjaga Tekanan Darah agar Tetap Normal

Ibu hamil mengalami banyak perubahan, termasuk tekanan darah. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, maka perlu ditangani dengan baik. Salah satunya, ibu hamil bisa dengan mengonsumsi buah kesemek yang dapat menjaga tekanan darah agar tetap normal.

5. Membersihkan Racun yang Ada di Dalam Tubuh

manfaat buah kesemek untuk ibu hamil

Berbagai macam racun yang ada di dalam tubuh selama kehamilan perlu dinetralisir, salah satunya dengan cara mengonsumsi buah kesemek yang mengandung berbagai jenis mineral dan senyawa kimia alami. Kandungan nutrisi ini dapat membuang segala racun di dalam tubuh.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat buah kesemek untuk ibu hamil. Meskipun buah ini aman dan bermanfaat untuk ibu hamil. Namun tetap batasi jumlah yang dikonsumsinya, karena sesuatu yang berlebihan tidak baik.