manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil

Selain menjaga berat badan, ternyata masih banyak manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil.  Rasa ubi jalar yang manis membuat sayuran ini disebut sebagai sweet potato. Sayuran ini memiliki berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil dan janin, di antaranya adalah serat, protein, karbohidrat, gula, vitamin A, dan vitamin C. Tidak hanya bagian daun ubi jalar juga bermanfaat bagi ibu hamil. 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Daun Ubi Jalar

Daun ubi jalar memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain serat, terdapat kandungan lain yang juga berkhasiat dari daun ubi jalar, di antaranya adalah vitamin A, vitamin K, vitamin B2, vitamin B6, magnesium, zat besi, asam flat, hingga antioksidan. Semua perpaduan nutrisi tersebut membuahkan beragam manfaat bagi ibu hamil dan janinnya.

Kandungan nutrisi lain yang terdapat pada daun ubi jalar adalah zat besi, kalsium, karoten, serta vitamin E. Daun ubi jalar memiliki berbagai manfaat melihat dari kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini rangkuman mengenai manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

1. Menjaga Berat Badan

manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil

Kandungan serat yang terdapat pada daun ubi jalar bermanfaat untuk menjaga berat badan ibu hamil agar tetap terkontrol dan tidak naik secara drastis. Pasalnya, ibu hamil mudah sekali merasa lapar. Namun, ia juga harus memperhatikan pola makan agar tidak mengalami kenaikan berat badan secara drastis yang memicu berbagai masalah kesehatan.

Mengonsumsi daun ubi jalar membuat ibu hamil kenyang lebih lama. Hal itu diperoleh dari kandungan serat yang terdapat pada daun ubi jalar. Oleh sebab itu, daun ubi jalar merupakan salah satu rekomendasi makanan untuk ibu hamil.

2. Meminimalisir Risiko Bayi Lahir dengan Berat Badan Rendah

Meminimalisir risiko bayi lahir dengan berat badan rendah bisa disiasati dengan mengonsumsi daun ubi jalar. Hal itu diperoleh dari kandungan zat besi yang cukup tinggi di dalamnya. Sebuah hasil penelitian dari Harvard menyebutkan bahwa mengkonsumsi sayuran dengan kandungan 10 mg zat besi dapat membuat berat badan bayi meningkat sebanyak 15 gr.

3. Mengatasi Sembelit

Ibu hamil kerap mengalami sembelit. Untuk mengatasi sembelit, ibu hamil dapat mengkonsumsi daun ubi jalar. Manfaat tersebut diperoleh dari kandungan serat yang terdapat di dalamnya.

4. Meningkatkan Kepadatan Tulang

manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil

Manfaat satu ini diperoleh dari kandungan nutrisi daun ubi jalar yang berupa vitamin K dan mineral kalsium.

5. Menjaga Imunitas Tubuh

Salah satu kandungan yang terdapat pada daun ubi jalar adalah vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu untuk menjaga imunitas tubuh ibu hamil. Sehingga tumbuh kembang janin juga semakin optimal karena daya tahan tubuh ibu hamil tinggi. 

6. Menjaga Kesehatan Rongga Mulut

Vitamin A, C, dan K membantu dalam menjaga kesehatan rongga mulut ibu hamil seperti gigi dan gusi. Dengan begitu, ibu hamil akan terhindar dari masalah kesehatan rongga mulut seperti sariawan dan gusi berdarah. Jika rongga mulut ibu hamil terjaga, ia tidak akan kehilangan selera makan yang sangat dibutuhkan ibu hamil agar asupan nutrisi diri dan janinnya terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil

Kandungan antioksidan dan vitamin K yang terdapat pada daun ubi jalar dapat membantu dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan-kandungan tersebut mampu meminimalisir reaksi peradangan di pembuluh darah. Jika terjadi peradangan di pembuluh darah, akibatnya adalah bisa memicu pengapuran atau kalsifikasi pada dinding pembuluh darah.

8. Mencegah Hipertensi

Kandungan nutrisi pada daun ubi jalar yang bermanfaat untuk mencegah tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kandungan polifenol, vitamin, serta antosianin.

Itulah berbagai manfaat daun ubi jalar untuk ibu hamil. Apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsi daun ubi jalar setelah mengetahui manfaatnya? Jika iya, Anda dapat mengoperasikannya menjadi berbagai bentuk olahan seperti sayur bening, salad, maupun campuran pecel. Meski bermanfaat, namun Anda tetap dianjurkan untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi daun ubi jalar ini. Tujuannya, supaya tidak ada efek samping yang ditimbulkan.