manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Terkenal sebagai buah lokal dari Indonesia, ternyata banyak manfaat jeruk bali untuk ibu hamil yang sangat penting. Sebagai salah satu jenis jeruk, buah ini memiliki kandungan vitamin C. Selain itu, jeruk bali juga memiliki banyak kandungan lain seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, zinc, tiamin, asam folat dan sebagainya. 

Banyaknya kandungan yang dimilikinya membuat jeruk bali sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, terutama bagi ibu hamil. Namun, segudang manfaat jeruk bali bagi ibu hamil masih banyak yang belum mengetahuinya sehingga tidak pernah mengonsumsinya selama menjalani masa kehamilan. Berikut manfaat baik jeruk bali untuk ibu hamil yang masih sedikit diketahui:

7 Manfaat Jeruk Bali Bagi Ibu Hamil

1. Bisa Menjaga Kesehatan Otot dan Saraf

manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Salah satu manfaat jeruk bali yang bisa didapatkan oleh ibu hamil adalah menjaga kesehatan otot dan saraf. Hal ini dikarenakan jeruk bali merupakan sumber kalium yang baik. Dimana kandungan kalium tersebut sangat berguna dalam menjaga kesehatan otot dan juga saraf. Selain itu, juga bisa membantu tekanan darah ibu hamil tetap normal.

2. Mengurangi Sembelit  

Selain sebagai sumber kalium yang baik, jeruk bali merupakan sumber serat yang sangat baik. Mengonsumsi jeruk bali yang mengandung serat secara teratur berguna untuk mengurangi sembelit. Seperti yang diketahui jika ibu hamil sangat rentan menderita sembelit.

3. Membantu Menjaga Tulang Tetap Kuat

Banyak manfaat jeruk bali yang belum diketahui oleh ibu hamil, salah satunya yaitu jeruk bali bisa membantu menjaga tulang tetap kuat. Manfaat satu ini didapat karena jeruk bali memiliki kandungan nutrisi berupa kalsium. Saat sedang hamil, kebutuhan kalsium tubuh terus mengalami peningkatan. Kalsium sangat dibutuhkan ibu hamil untuk membantu memperkuat tulang.

4. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Kebutuhan vitamin C saat masa kehamilan menjadi meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C bisa mengonsumsi jeruk bali. Vitamin C pada jeruk bali sangat bermanfaat untuk tubuh, terutama untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

5. Mual dan Muntah Berkurang

Morning sickness yang dirasakan pada awal kehamilan sangatlah mengganggu. Bagaimana tidak, saat mual dan muntah tubuh menjadi lemas sehingga aktivitas sehari-hari menjadi terganggu. Masalah morning sickness ternyata bisa diatasi dengan mengonsumsi jeruk bali. Rasa manis bercampur asam segar akan meredakan mual dan muntah. Selain itu, kandungan serat pada jeruk bali bisa membantu meredakan lambung yang sedang bergejolak.

6. Mencegah Preeklampsia

Manfaat jeruk bali yang masih jarang diketahui selanjutnya yaitu bisa mencegah preeklampsia atau keracunan kehamilan. Kandungan nutrisi pada jeruk bali bisa mencegah preeklampsia karena antioksidan yang ada di dalamnya bisa melawan infeksi buruk yang dapat mengganggu kehamilan. Perlu diketahui preeklampsia ini sangat berbahaya bagi ibu hamil karena bisa membuat bayi lahir cacat, kematian pada bayi dan juga ibu serta membuat ibu pendarahan.

7. Mengatasi Anemia

manfaat jeruk bali untuk ibu hamil

Gangguan kesehatan yang bisa dialami ibu hamil cukup banyak, salah satunya yaitu anemia. Jika ibu hamil mengalami anemia bisa memberikan dampak buruk seperti perkembangan janin dalam kandungan menjadi tidak optimal. Selain itu, juga menyebabkan suplai nutrisi ke plasenta menjadi terganggu. Berkat kandungan zat besi dan vitamin B dalam jeruk bali, masalah anemia bisa diatasi.

Itulah informasi tentang manfaat jeruk bali untuk ibu hamil. Buah jeruk bali memiliki banyak manfaat meski belum banyak yang mengetahui. Diharapkan setelah membaca informasi diatas bisa mengetahui berbagai manfaat buah jeruk bali dan rutin mengonsumsinya. Jika Anda sedang hamil dan ingin mendapatkan asuban nutrisi yang cukup, sebaiknya rutin mengonsumsi buah jeruk bali. Sebelum mengonsumsinya tidak ada salahnya untuk terlebih dahulu bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai manfaat buah jeruk bali.