Morula IVF

Wajib Tahu! 6 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

May 2, 2021

Wajib Tahu! 6 Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil

Manfaat buah sirsak untuk ibu hamil tidak hanya mengatasi mual dan muntah. Masih banyak manfaat dari buah sirsak yang wajib diketahui oleh ibu hamil. Ibu hamil perlu memperhatikan asupan makanan saat hamil. Makanan yang kaya nutrisi adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Salah satu makanan yang baik dikonsumsi ibu hamil adalah buah-buahan, salah satunya adalah buah sirsak. Buah sirsak mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat bagi ibu hamil. Berikut ini kandungan nutrisi buah sirsak dan manfaat buah sirsak untuk kesehatan ibu hamil.

Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

  • Air: 81,7 gr
  • Kalori: 65
  • Serat 3,2 gr
  • Kalsium: 14 mg
  • Kalium: 289,9 mg
  • Folat: 14 mcg
  • Sodium: 14 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Beta karoten: 10 mcg
  • Vitamin C: 20 mg
  • Vitamin B2: 0,08 mg

Manfaat Buah Sirsak Bagi Ibu Hamil

1. Mengatasi Mual dan Muntah

manfaat buah sirsak untuk ibu hamil

Gejala mual hingga muntah atau yang sering disebut dengan morning sickness biasa dialami ibu hamil saat trimester pertama kehamilan. Hal itu terjadi sebab hormon yang tidak seimbang, penciuman yang sensitif, hingga kekurangan nutrisi. Untuk mengatasi kondisi tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi sirsak. Kandungan serat di dalamnya mampu mengurangi produksi asam lambung. Selain itu, kandungan sodium dan kalium berperan penting dalam menjaga cairan yang hilang karena morning sickness.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu gangguan sistem pencernaan adalah sembelit. Kondisi ini umum terjadi pada ibu hamil. Kandungan serat yang terdapat pada buah sirsak mampu membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga sembelit dapat teratasi. Selain itu, komponen alkaloid dan kuinolon yang terdapat buah sirsak berperan dalam mengurangi parasit dan iritasi dalam perut.

3. Menyeimbangkan Gula Darah

manfaat buah sirsak untuk ibu hamil

Salah satu penyakit yang dapat menyerang ibu hamil adalah diabetes gestasional. Untuk mengatasi penyakit tersebut, ibu hamil dapat mengkonsumsi buah sirsak yang mempunyai kemungkinan mengurangi kadar gula hingga 75%. Namun, manfaat satu ini membutuhkan penelitian lebih lanjut terhadap manusia.

4. Meminimalisir Stres

Stres merupakan keluhan yang normal pada ibu hamil sebab perubahan yang terjadi saat kehamilan butuh penyesuaian. Namun, jika stres berlebihan juga tidak baik karena dapat mengganggu kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan. Menurut penelitian berjudul Characterization of Anxiolytic Compounds from Annona muricata Leaf Extract, buah sirsak mempunyai khasiat anti radang untuk menenangkan kecemasan.

5. Menjaga Kesehatan Kandungan

Antioksidan pada buah sirsak berperan untuk mendetoksifikasi dan mencegah penyakit kronis ibu hamil. Selain itu kandungan vitamin C dan asam folat juga mendukung kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Vitamin C berperan untuk meningkatkan sistem imun dan penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Sementara asam folat berperan dalam menjaga perkembangan janin dan mengurangi risiko bayi cacat lahir.

6. Mengurangi Kram

manfaat buah sirsak untuk ibu hamil

Kram pada ibu hamil dapat diatasi dengan makanan yang mengandung kalium. Salah satu makanan yang mengandung kalium cukup tinggi adalah buah sirsak. Oleh sebab itu, apabila memungkinkan, ibu hamil yang sering mengalami kram disarankan memakan buah sirsak.

Demikianlah 6 manfaat buah sirsak untuk ibu hamil. Untuk mengonsumsi buah sirsak dengan takaran yang pas, konsultasikanlah terlebih dahulu kepada dokter agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi. Selamat mencoba.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung