manfaat kelengkeng untuk ibu hamil

Mitos terkait buah kelengkeng yang beredar di masyarakat adalah konon katanya dapat memberikan efek panas seperti nanas, sehingga bisa menyebabkan reaksi alergi pada ibu hamil dan janin. Bahkan, kelengkeng juga dianggap bisa mempersulit proses persalinan.  Namun, faktanya manfaat kelengkeng untuk ibu hamil justru baik dan aman dikonsumsi. 

Hal ini telah terbukti secara medis. Buah kelengkeng aman dikonsumsi oleh ibu hamil karena memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Karena manfaat kelengkeng sangat beragam, maka ibu hamil boleh mengkonsumsi buah ini dengan syarat tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya dan mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar mendapatkan gizi yang seimbang.

Manfaat Kelengkeng untuk Ibu Hamil 

Buah kelengkeng mengandung vitamin dan mineral di dalamnya. Dalam 100 gr kelengkeng mengandung 60 kalori dan berbagai nutrisi seperti: protein atau asam amino, karbohidrat, vitamin C, dan vitamin B. Selain nutrisi di atas, buah kelengkeng juga mengandung nutrisi lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor, tembaga, kalium, antioksidan, air, dan serat. 

Berbagai kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk ibu hamil. Oleh karena itulah, ibu hamil boleh mengkonsumsi kelengkeng karena dapat memenuhi kebutuhan gizi saat hamil. Inilah berbagai manfaat tersebut: 

1. Mencegah Konstipasi saat Hamil

manfaat kelengkeng untuk ibu hamil

Konstipasi adalah kondisi di mana seseorang sulit untuk Buang Air Besar (BAB). Hal ini sering dialami oleh ibu hamil karena perubahan hormon, rahim membesar, dan kurang minum air. Untuk mencegahnya, ibu hamil bisa mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin dalam porsi yang pas.

2. Memperkuat Tulang Ibu Hamil dan Janin

Kandungan serat, kalsium dan fosfor dalam kelengkeng bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kepadatan tulang ibu hamil. Selain itu, kandungan mineral ini pun dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya preeklamsia.

Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang ibu hamil, kalsium dan fosfor juga bermanfaat untuk pembentukan tulang, gigi, dan otot yang kuat pada janin. Kandungan vitamin C dan zat tembaga dalam buah kelengkeng juga berfungsi yang sama dalma proses pembentukan tulang dan otot yang kuat pada janin.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Stamina Ibu Hamil

manfaat kelengkeng untuk ibu hamil

Tubuh ibu hamil mengalami banyak perubahan, karena janin yang hidup di dalam rahimnya Hal ini membuat ibu hamil harus bekerja lebih keras untuk melindungi tubuhnya sendiri dan janin yang ada di dalam rahimnya.

Oleh karena itulah, ibu hamil perlu memiliki kekebalan tubuh dan stamina yang baik. Untuk meningkatkan kedua hal ini, ibu hamil bisa dengan mengkonsumsi buah kelengkeng secara rutin karena buah ini mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

4. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Kandungan folat dalam buah kelengkeng bermanfaat untuk mencegah bayi mengalami cacat lahir. Meskipun jumlah folat dalam buah ini tidak terlalu banyak, namun buah ini tetap memberikan manfaat pada ibu hamil.

5. Mencegah Anemia

manfaat kelengkeng untuk ibu hamil

Zat besi yang terkandung di dalam buah kelengkeng berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Sehingga, mengkonsumsi buah kelengkeng juga bermanfaat untuk mencegah anemia. 

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat kelengkeng untuk ibu hamil. Agar kebutuhan nutrisi ibu hamil lebih seimbang, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi lainnya selain buah kelengkeng.