manfaat lele untuk ibu hamil

Banyak manfaat lele untuk ibu hamil yang wajib diketahui. Olahan ikan lele sudah menjadi menu harian yang tidak bisa dilepaskan dari kebiasaan masyarakat Indonesia. Tak hanya murah dan gampang diperoleh, ada banyak manfaat lele untuk kesehatan ibu hamil yang membuat ikan air tawar ini menjadi primadona. 

Mulai dari lemak, karbohidrat, protein, hingga energi pun terkandung dalam ikan lele. Tidak mengherankan jika kemudian banyak ahli gizi berikut dokter kandungan yang merekomendasikan jenis ikan ini untuk dikonsumsi ibu hamil. Lantas, apa saja sih sebenarnya manfaat dari ikan lele untuk ibu hamil? Simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Ikan Lele Bagi Ibu Hamil

1. Tumbuh Kembang Janin Sehat

manfaat lele untuk ibu hamil

Protein tinggi yang terkandung pada ikan lele cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu dan janinnya. Ketika asupan gizi yang dibutuhkan janin terpenuhi, tumbuh kembangnya dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan sehat. Selain protein, asam amino esensial seperti leucine, methionine, dan lysine dapat membantu tumbuh kembang janin yang lebih sehat.

2. Baik untuk Jantung

Ikan lele banyak mengandung potasium yang baik untuk kesehatan jantung. Konon, potasium diklaim mampu membantu mengontrol tekanan darah sekaligus membersihkan karbondioksida yang terdapat dalam darah. Dengan mengkonsumsi ikan lele secara rutin dalam jumlah tepat dapat membantu mencegah penyakit jantung, serta menjaga arteri tetap dalam keadaan sehat.

3. Kesehatan Tulang

Jika dibandingkan dengan telur, kandungan fosfor pada ikan lele terbilang lebih besar. Dalam kondisi ini, mengkonsumsinya sebagai menu harian akan memberikan manfaat positif terhadap kesehatan dan kekuatan tulang ibu beserta janinnya. Pertumbuhan gigi dan gusi bayi dalam kandungan pun bisa lebih baik ketika asupan fosfor terpenuhi dengan baik.

Pada dasarnya, janin sangat membutuhkan asupan fosfor demi menunjang pertumbuhannya dalam rahim ibu. Bilamana kebutuhan ini tidak terpenuhi dengan baik, janin dimungkinkan akan menyerapnya dari ibu, sehingga ibu hamil mempunyai risiko kekurangan fosfor hingga osteoporosis.

4. Rendah Kolesterol

manfaat lele untuk ibu hamil

Berbeda halnya dengan daging merah ataupun unggas, berbagai jenis ikan mempunyai kadar kolesterol yang cukup rendah, termasuk juga dengan ikan lele. Apalagi pada daging bagian perut dan hati ikan lele yang memiliki kandungan kolesterol sangat rendah, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh ibu selama masa kehamilannya.

5. Kecerdasan dan Perkembangan Saraf Janin

Tak kalah hebat dengan ikan air laut, ikan lele kaya akan omega 3 yang dapat menyokong perkembangan otak janin selama dalam kandungan ibu. Asupan omega 3 dalam jumlah cukup akan membantu meningkatkan kemampuan penglihatan saraf bayi.

6. Baik untuk Pencernaan

Ketika dalam fase kehamilan, tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah pada sistem pencernaannya dikarenakan faktor hormon. Kendati demikian Anda tidak perlu khawatir, mengingat ikan lele sangat mudah dicerna dalam tubuh kita. Hal ini bisa terjadi karena protein ikan lele sangat mudah untuk diserap tubuh ibu hamil.

7. Sintesis DNA

manfaat lele untuk ibu hamil

Disamping menyehatkan tulang, kandungan fosfor pada ikan lele berperan penting dalam sintesis DNA janin. Bisa dibilang, fosfor adalah kunci vital supaya janin dapat berkembang secara normal dan sehat.

Sebagai tambahan catatan, sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi ikan lele, ibu harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Memperhatikan tingkat kematangan ikan. Menurut Mayo Clinic, ibu harus menggunakan sekurang-kurangnya 63 derajat celcius untuk memasak ikan lele.
  2. Perhatikan lingkungan pengembangbiakan ikan, ada baiknya untuk hanya memilih jenis ikan lele yang dibudidayakan dalam lingkungan bersih.
  3. Hindari mengkonsumsi ikan lele dalam kondisi mentah karena dapat membahayakan kesehatan ibu dan janinnya selama masa kehamilan.

Demikianlah sekilas informasi mengenai manfaat lele untuk ibu hamil lengkap dengan hal-hal yang harus ibu perhatikan sebelum mengkonsumsi olahan lele. Jika Anda masih memiliki pertanyaan yang mengganjal atau sekadar tertarik membuat jadwal konsultasi bersala ahli kandungan, silahkan akses https://morulaivf.co.id untuk informasi lebih lanjut.