Morula IVF

Pentingnya Mengetahui Pemeriksaan Kehamilan atau Antenatal Care

November 4, 2022

Pentingnya Mengetahui Pemeriksaan Kehamilan atau Antenatal Care

Jika Anda sedang hamil pertama kalinya tentu butuh banyak referensi yang akan membantu kehamilan. Salah satunya yaitu dengan pemeriksaan kehamilan atau antenatal care untuk membantu kita mengetahui bagaimana cara, jadwal dan hal lain pada pemeriksaan awal kehamilan. 

Gambaran mengenai biaya kontrol kehamilan juga akan menjadi hal yang perlu disiapkan. Maka dari itu, simak selengkapnya informasi pemeriksaan kehamilan berikut ini.

Pemeriksaan Kehamilan atau Antenatal Care

Mengetahui pentingnya update kondisi pada ibu hamil dan juga janin menjadi hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil agar membantu mengetahui kondisi terkini dan segera mendapatkan saran apabila kondisi kehamilan tidak sesuai. Hal ini juga akan berhubungan pada kondisi berat badan dan posisi bayi tersebut sehingga nantinya apabila sudah waktunya lahiran ibu dan bayi sama-sama memiliki kondisi yang baik. Pemeriksaan kesehatan untuk Ibu dan bayi secara berkala akan membantu persalinan lebih mudah dan sehat tentu saja

Apakah Ada Cek Darah pada Ibu Hamil?

Nah tidak hanya kontrol saja, biasanya akan ada cek darah ibu hamil trimester 1. Hal ini akan membantu mengetahui adanya kemungkinan penyakit yang ada dari sang ibu, seperti sifilis, Hepatitis B dan C, HIV juga Anemia.

Sedangkan untuk usia kehamilan 24 sampai 28 minggu akan membantu mengetahui risiko diabetes gestasional. Sedangkan untuk usia 26 minggu sampai 28 minggu untuk mengetahuirhesus dan golongan darah.

Lalu Periksa Kehamilan Berapa Kali Totalnya?

Mengenai pemeriksaan kehamilan berapa kali ini, menurut Kemenkes RI maka akan ada total check up kehamilan empat kali. Hal ini sudah tertulis bahkan melalui beberapa undang-undang yang resmi. Maka dari itu ketika sedang hamil usahakan mengikuti prosesnya untuk menghindarkan kemungkinan buruk pada kehamilan tersebut.

Jadwal Kontrol Kehamilan yang Dianjurkan :

Menurut dari Permenkes kita wajib mengikuti jadwal berikut ini. Untuk mendapatkan update yang paling terbaru dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

  1. Pada Trimester Pertama, pada kunjungan ini ibu memiliki kandungan berusia 0 sampai 13 minggu. Maka pada jadwal disekitar ini Anda bisa melakukan kontrol untuk melakukan pemeriksaan awal kehamilan.
  2. Trimester Kedua, usia kandungan sudah berada di 14 sampai 27 minggu. Beberapa proses akan diikuti untuk memastikan kondisi ibu juga bayinya baik dan sehat.
  3. Terakhir pada Trimester Ketiga, nah untuk waktu ini biasanya ibu sudah berusia kandungan antara 28 sampai waktu kelahirannya. Maka dari itu pada pertemuan ini kita bisa mempertanyakan kesiapan dari posisi dan berat badan bayi tersebut.

Total Pemeriksaan pada tiga jadwal yang kita sebut tadi akan menyesuaikan kebutuhan. Biasanya akan ada kemungkinan satu kali jadwal kontrol, dua kali bahkan lima kali pertemuan pada masing-masing trimester.

Tenang saja untuk biaya kontrol kehamilan sekarang ini sudah tercover. Kita bisa melakukan periksa kehamilan dengan BPJS sehingga tetap akan terjangkau untuk semua kalangan.

Pemeriksaan kehamilan ini jangan sampai Anda lewatkan begitu saja. Demi mengetahui perkembangan dan kesiapan untuk kelahiran pada waktu yang tepat nantinya.

Pastikan Anda mengetahui pemeriksaan kehamilan sedari awal. Sehingga nantinya kita bisa mengetahui hal seperti ini lebih jauh untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung