manfaat rumput laut untuk ibu hamil

Manfaat rumput laut untuk ibu hamil salah satunya memberikan asupan nutrisi. Ibu hamil membutuhkan asupan nutrisi yang lebih besar dari biasanya, misalnya seperti kalsium, zat besi, asam folat, yodium, dan vitamin B. Kandungan nutrisi tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan ibu dan janin yang sedang dikandungnya. Manfaat rumput laut untuk kesehatan ibu hamil sangatlah banyak, karena rumput laut merupakan bahan makanan yang berkualitas gizi tinggi dan alami. Lalu, apa saja kandungan nutrisi rumput laut dan manfaatnya? Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan Nutrisi Rumput Laut

Rumput laut memiliki rasa yang lezat, bisa dikonsumsi langsung di restoran Jepang ataupun dibuat menjadi makanan seperti agar-agar. Selain rasanya yang lezat, rumput laut mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Hal ini juga membuat rumput laut aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Rumput laut mengandung zat besi, asam folat, yodium dan vitamin B. Selain mengandung vitamin dan mineral, rumput laut juga mengandung sumber protein nabati, omega-3, kalsium, serat alami, klorofil, dan berbagai enzim lainnya.

Manfaat Rumput Laut untuk Kesehatan Ibu Hamil

Rumput laut banyak memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itulah, rumput laut baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Rumput laut tidak hanya bermanfaat untuk ibu, namun juga untuk janin yang sedang dikandungnya. Berikut ini manfaat rumput laut untuk kesehatan ibu hamil dan janin:

1. Menjaga Berat Badan

manfaat rumput laut untuk ibu hamil

Ibu hamil mengalami banyak perubahan, baik perubahan fisik maupun hormon. Salah satu perubahan fisik yang mungkin terjadi adalah berat badan yang bertambah, sayangnya meski telah melahirkan, berat badan tidak mudah kembali seperti sebelum hamil. Oleh karena itu, untuk menjaga berat badan ibu hamil bisa mengonsumsi semangkuk rumput laut mentah atau rumput laut yang mengandung kurang dari 20 kalori. Ibu hamil juga bisa mengonsumsi rumput laut berwarna coklat yang dapat membantu metabolisme tubuh untuk mengubah lemak menjadi energi. Serat alami pada rumput laut coklat dapat membantu menghalangi penyerapan lemak pada usus hingga sebesar 75%.

2. Mengoptimalkan Pertumbuhan Bayi dalam Kandungan

Asam folat pada rumput laut berperan penting untuk mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin. Manfaat lainnya dari asam folat adalah untuk pembentukan sel-sel darah merah yang berkualitas dan mencegah adanya kelainan perkembangan selongsong susunan saraf.

3. Memelihara Kesehatan Karena Mengandung Antioksidan

manfaat rumput laut untuk ibu hamil

Rumput laut kaya akan antioksidan (seperti karotenoid, flavonoid, dan alkaloid), yang bermanfaat untuk menetralkan radikal bebas. Sehingga mengonsumsi rumput laut dapat memelihara kesehatan sehingga ibu hamil tidak mudah sakit.

4. Mendukung Perkembangan Otak Bayi dalam Kandungan

Omega-3 yang ada pada rumput laut bermanfaat untuk membantu dalam perkembangan otak janin. Sehingga, jika ibu hamil tidak bisa mengonsumsi ikan karena alergi atau tidak suka bau amis, maka ibu hamil bisa memenuhi kebutuhan omega-3 dari mengonsumsi rumput laut.

5. Mendukung Pembentukan Tulang dan Gigi Bayi dalam Kandungan

manfaat rumput laut untuk ibu hamil

Rumput laut mengandung kalsium yang berguna untuk pembentukan tulang dan gigi bayi dalam kandungan. Jika ibu hamil kekurangan kalsium, maka berisiko mengalami osteoporosis karena kalsium tersebut akan dipecah dari tulang ibu untuk dibawa ke janin.

Demikianlah pembahasan mengenai manfaat rumput laut untuk ibu hamil. Rumput laut bisa menjadi camilan sehat yang memberi manfaat yang baik untuk tubuh. Namun, tetap konsumsi dalam jumlah yang cukup dan tidak berlebihan.