penyebab kista

Kista salah satu penyakit yang akhir-akhir ini banyak diderita oleh wanita. Banyak penyebab kista yang wajib diketahui. Penyakit kista muncul akibat adanya pertumbuhan sel yang tidak normal berupa suatu kantong yang di dalamnya berisi cairan dan berada pada indung telur (ovarium). Faktor risiko terkena kista akan semakin meningkat jika wanita banyak yang abai dengan kesehatannya, misalnya menerapkan gaya hidup yang tidak sehat dan pola makan yang buruk. Terlepas dari itu semua ternyata ada banyak hal yang menyebabkan kista, namun penyebab yang paling umum diketahui banyak orang antara lain karena tumor.

Penyebab Terjadinya Kista

Sebagai salah satu gangguan kesehatan yang sering diderita wanita, pasti Anda bertanya-tanya apa penyebab penyakit ini. Perlu diketahui jika penyebabnya cukup banyak dan harus diketahui supaya bisa melakukan pencegahan sejak dini. Inilah beberapa penyebabnya:

1. Usia

penyebab kista

Usia menjadi salah satu penyebab dari penyakit ini. Dimana wanita dengan usia pubertas hingga menopause memiliki risiko yang sangat tinggi untuk terkena kista. Hal ini dikarenakan pada rentan usia tersebut masih mengalami periode menstruasi. Ketika wanita sedang menstruasi, benjolan cairan tersebut bisa saja terbentuk.

Wanita yang sudah menopouse juga bisa menderita kista meskipun peluangnya sangat rendah. Akan tetapi, jika ditemukan benjolan berisi cairan saat menopouse sebaiknya perlu waspada karena itu sangat berisiko tinggi mengidap kanker ovarium.

2. Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

Tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Dimana kondisi ini tidak bisa diabaikan. Alasannya karena memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur bisa berakibat buruk bagi tubuh, salah satunya berisiko tinggi mengidap kista. Kista bisa muncul di ovarium pada wanita dengan siklus menstruasi tidak teratur karena adanya penumpukan darah kotor di dalam tubuh.

3. Menstruasi Dini

Anak perempuan yang terlalu dini menstruasi ternyata meningkatkan risiko terkena kista. Maka dari itu, jika Anda memiliki adik atau anak perempuan yang akan memasuki masa pubertas disarankan untuk mengajarinya menjaga pola makan sehat. Makanan sehat yang dikonsumsi akan mengurangi risiko terkena penyakit ini.

4. Gangguan Hormon 

penyebab kista

Gangguan hormon juga menjadi salah satu hal yang bisa menyebabkan munculnya kista. Supaya hormon di dalam tubuh tidak terganggu maka disarankan untuk menerapkan pola hidup sehat. Menerapkan pola hidup sehat bisa membantu menjaga keseimbangan hormon di dalam tubuh.

5. Mengonsumsi Obat Penyubur Kandungan

Belum memiliki buah hati meski sudah menikah cukup lama ternyata membuat wanita stres. Jika sudah begini ada yang kemudian memutuskan untuk mengonsumsi obat penyubur kandungan. Padahal mengonsumsi obat tersebut secara berlebihan akan memberikan banyak efek samping, salah satunya yaitu menderita kista ovarium. Supaya hal ini tidak terjadi sebaiknya konsumsi penyubur kandungan yang terbuat dari bahan alami, seperti tauge atau kacang hijau.

6. Memiliki Kebiasaan Merokok

Sudah bukan rahasia lagi jika rokok tidak bak untuk kesehatan tubuh, terutama kesehatan paru-paru. Zat adiktif yang ada di dalam rokok bisa mengganggu rahim serta memicu munculnya kista di ovarium. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok sebaiknya segera hentikan supaya risiko terkena kista semakin rendah.

7. Keturunan atau Genetik

penyebab kista

Selain keenam penyebab diatas, penyakit keturunan atau genetik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya kista. Jika memiliki nenek, ibu atau saudara perempuan yang menderita penyakit ini maka Anda lebih berisiko tinggi untuk mengidapnya.

Demikianlah informasi tentang penyebab kista yang ajib diketahui. Supaya Anda tidak mengidap kista sebaiknya terapkan gaya hidup sehat dna pola makan yang baik. Jika Anda menderita gangguan ini dan ingin mengatasinya, bisa berkonsultasi dengan dokter. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi https://www.morulaivf.co.id untuk mendapatkan informasi dan konsultasi mengenai kista.