perut kencang saat hamil

Saat hamil ada banyak sekali keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil, salah satunya adalah perut kencang saat hamil. Banyak yang mulai merasakan perut kencang saat masa kehamilan, terutama saat ukuran perut semakin membesar. Hal tersebut sangat wajar karena itu salah satu fase yang akan dilewati semua ibu hamil.

Bagaimana Rasanya Perut Kencang?

Saat hamil perut terasa kencang artinya saat dipegang akan terasa kaku dan terasa lebih tegang dari biasanya. Hal ini tentu bisa membuat ibu hamil merasa terganggu bahkan mengalami gangguan tidur karena kondisi tubuh yang tidak nyaman.

Perut kencang saat berada dalam masa kehamilan ini memang tidak berbahaya namun terkadang ada ibu hamil yang merasa tidak sanggup merasakan kondisi perut yang tegang tersebut apalagi jika sampai terasa nyeri. Ini akan membuat bumil kesulitan mendapat posisi nyaman baik duduk, berdiri, atau berbaring.

Biasanya saat masuk pada trimester kedua perut yang kencang sudah mulai muncul meski tidak sering. Namun ada juga sebagian yang merasakan perut kencang sejak masuk trimester kedua hingga ada rasa nyeri yang cukup kuat. Semakin bertambahnya usia kandungan, perut kencang akan semakin sering terasa karena itu adalah pertanda kalau persalinan sudah dekat.

Penyebab Perut Terasa Kencang

Saat perus mulai menegang di masa kehamilan hal tersebut bukan terjadi tanpa alasan. Hal tersebut terjadi karena ada beberapa penyebab. Ini dia yang menjadi pemicu perut kencang di masa kehamilan:

1. Plasenta yang Terpisah

perut kencang saat hamil

Plasenta merupakan penopang hidup untuk janin yang ada di dalam kandungan sang ibu. Dari plasenta tersebut janin mendapatkan oksigen dan juga nutrisi. Ada beberapa ibu hamil yang mengalami plasenta yang terlepas dari dinding rahim. Efek dari hal tersebut adalah perut yang terasa lebih kencang dari biasanya. Hal ini perlu penanganan dari dokter, jadi jika perut kencang dengan rasa nyeri dan tidak biasa baiknya antisipasi dengan memeriksakan diri ke dokter kandungan.

2. Adanya Tekanan Pada Perut

Saat janin yang ada di dalam kandungan semakin besar, secara otomatis rahim akan lebih menekan perut. Ini juga bisa menjadi pemicu perut kencang karena tekanan tersebut membuat perut terasa mengembang dan kaku. Kondisi ini biasanya dirasakan bumil yang memasuki trimester kedua. Pada trimester kedua bayi atau janin tumbuh semakin besar, cairan ketuban pun akan bertambah banyak.

3. Terdapat Gas Dalam Perut

perut kencang saat hamil

Ibu hamil perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk tubuh. Selama kehamilan jika bumil terlalu banyak mengkonsumsi kandungan gas tinggi seperti soda dan tepung maka perut akan rentan kembung. Hal ini yang menyebabkan perut terasa kencang.

4. Gerakan Janin

Saat janin sudah mulai aktif di dalam kandungan akan terasa gerakan janin dan itu biasanya juga membuat perut terasa kencang. Apalagi jika janin gerakannya sangat aktif dan sudah tumbuh besar. Perut kencang dan saat diraba terasa tegang.

5. Sembelit

perut kencang saat hamil

Selain itu ada juga penyebab dari perut kencang saat hamil yaitu masalah pencernaan yang sering dialami ibu hamil. ibu hamil banyak yang mengeluhkan sembelit selama masa kehamilan. Dampaknya perut akan menjadi kencang dan kaku. Untuk itu sebaiknya konsumsi makanan yang kaya serat untuk mengatasinya.

Itu dia beberapa penyebab dari perut kencang selama hamil. Jangan terlalu khawatir dan stress saat menghadapinya, perut kencang tidak selalu membahayakan apalagi jika tidak ada rasa nyeri selama perut jadi kencang. Jika perut kencang tidak kunjung hilang dan terjadi terus menerus serta disertai nyeri, periksakan diri ke dokter.