Morula IVF

Sesak Nafas Saat Hamil? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

November 4, 2022

Sesak Nafas Saat Hamil? Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Bagi para bumil tentu akan merasa sesak nafas saat hamil. Ya, hal itu wajar sekali ketika hamil karena berat badan akan bertambah serta perut membesar merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Hal ini bisa membuat Anda mungkin merasakan banyak keluhan ketika hamil seperti mudah lelah dan tentunya sesak nafas. Hal ini sudah hal wajar dirasakan para ibu hamil maka perlu kita atasi sejak dini. Simak penyebab Sesak nafas saat hamil muda dan cara mengatasinya.

Keadaan Sesak Saat Hamil

Sesak nafas saat hamil biasanya  ibu hamil mengalami sesak nafas secara intens sehingga akan merasakan perasaan tercekik sehingga ibu hamil akan terganggu dan kurang nyaman.

Umumnya,  kondisi sesak nafas saat hamil 7 bulan ini akan semakin berat. 

Sesak nafas ini akan terasa lebah berat ketika ibu akan tidur. Maka dari itu ibu harus tahu cara mengatasi sesak nafas pada ibu hamil saat tidur. Dikutip dari March of Dimes, sesak nafas ketika hamil merupakan hal yang umum terjadi. Kebanyakan ibu hamil mengalami kondisi ini baik di trimester pertama atau akhir kehamilan.

Kondisi seperti ini tidak berbahaya serta tidak mempengaruhi jumlah oksigen yang diterima sang bayi. Apalagi, sekitar 70% wanita mengalami masalah pernafasan ini. Hal ini bisa terjadi pada semua kondisi kehamilan, termasuk normal atau adanya komplikasi kehamilan. 

Perut kencang dan sesak nafas saat hamil bisa memicu pasokan udara masuk ke dalam paru-paru akan berkurang sehingga membuat ibu hamil sulit bernafas. Apalagi perut kencang dan sesak saat hamil 9 bulan akan mengalami banyak risiko dan sungguh akan membuat tidak nyaman sama sekali. Sebab, di usia 9 bulan perut mempunyai bentuk besar dan janin akan segera lahir.

Penyebab Sesak Nafas Saat Hamil

Penyebab sesak nafas saat hamil ini banyak sekali. Meskipun hal ini merupakan kondisi umum terjadi, sesak nafas ketika hamil mungkin bukan hanya disebabkan oleh satu faktor saja. Salah satunya yaitu perkembangan rahim. Di mana faktor tersebut dapat terjadi karena rahim terus membesar hingga perubahan pada kinerja jantung. Perlu juga diketahui bahwa sesak nafas bisa terjadi di berbagai fase kehamilan.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Saat Hamil

Cara mengatasi sesak nafas saat hamil 7 bulan itu mudah dilakukan. Maka dari itu perlu sekali ibu hamil mengetahui cara dan langkah dalam hal mengatasi sesak nafas sedang hamil. Sesak nafas ini akan membuat ibu terganggu waktu tidurnya. Apalagi jika sesak nafas malam hari saat hamil.  Ada berapa cara untuk mengatasi sesak nafas saat hamil sebagai berikut:

  1. Duduk atau berdiri tegak: Posisi ini akan membuat paru-paru lebih banyak ruang untuk mengembang. Anda bisa melakukan ketika sesak nafas saat hamil 4 bulan.
  2. Tidak tergesa gesa ketika aktivitas: Cara mengatasi sesak nafas saat hamil 8 bulan adalah dengan tidak tergesa-gesa melakukan aktivitas. Hal ini akan mengurangi kerja jantung dan paru-paru.
  3. Mengangkat tangan di atas kepala: Cara mengatasi sesak manfaat ketika sesak nafas saat hamil trimester 2 yakni bisa melakukan dengan mengangkat tangan di atas kepala bisa langsung melepaskan tekanan. Sehingga Anda bisa menghirup udara lebih banyak.
  4. Menggunakan bantal: Bisa Anda coba saat sesak nafas saat hamil trimester 1 cara menggunakan bantal dibawah sisi samping untuk mengurangi tekanan pada paru-paru sehingga lebih mudah bernapas.
  5. Umumnya, ibu hamil akan sulit untuk mendapatkan posisi tidur yang nyaman dengan berjalanya usia kehamilan, Jika Anda mengalami sulit tidur karena sesak napas, lakukan hal ini:
  6. mengganti posisi tidur
  7. Meninggikan kepala
  8. Menggunakan bantal hamil

Ya, saat sesak nafas saat hamil trimester 3 memang sangat berisiko dan tidak mudah bagi para ibu hamil.  Sesak nafas saat hamil memang hal wajar dan sering terjadi pada ibu hamil. Namun Anda juga harus tahu cara mengatasinya agar tidak mengganggu kesehatan kehamilan dan pernafasan ibu hamil.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung