Morula IVF

Inilah Ciri-ciri Sperma Tidak Sehat, Wajib Tahu!

December 9, 2022

Inilah Ciri-ciri Sperma Tidak Sehat, Wajib Tahu!

Dalam rumah tangga, perlu dilakukan usaha untuk bisa mempunyai momongan. Salah satunya adalah dengan kualitas sperma yang sehat, agar bisa membuahi sel telur dengan baik. Nah, Anda perlu mengetahui ciri-ciri sperma tidak sehat, supaya Anda bisa mengatasinya sedari dini. Apa saja tanda-tandanya? Simak ulasan berikut ini!

Ciri-ciri Sperma Tidak Sehat

Tidak hanya kualitas hubungan seksual yang perlu diperhatikan agar bisa mempunyai buah hati. Kualitas sperma juga perlu Anda perhatikan. Nah, apa saja ciri-ciri dari sperma tidak sehat? 

1. Warna yang Kekuningan

Tanda pertama dari sperma yang tidak sehat adalah warna kekuningan. Sperma yang normal berwarna putih, krem ataupun abu-abu. Kondisi dari warna sperma yang kekuningan bisa disebabkan oleh beberapa sebab, yaitu:

  • Penyakit kuning: Kondisi yang membuat seseorang memiliki terlalu banyak bilirubin dalam tubuhnya. Selain bisa berpengaruh terhadap warna kulit, bilirubin bisa menyebabkan air mani menjadi kekuningan. 
  • Infeksi: Hal ini bisa terjadi karena adanya bakteri di dalam kelenjar prostat, yang menyebabkan sperma kuning. 
  • Pyospermia: Kondisi ini terjadi ketika terdapat banyak sel darah putih dalam air mani. 

2. Bercampur Darah 

Jika Anda mendapati pasangan Anda memiliki warna air mani yang bercampur darah, Anda perlu memeriksa ke dokter dengan segera. Sebab, hal ini bisa jadi disebabkan oleh infeksi seperti infeksi menular seksual dan pembesaran prostat. Selain itu, darah yang terdapat dalam air mani juga merupakan tanda dari kanker prostat. 

3. Bau yang Amis

Bau sperma yang amis ataupun busuk merupakan tanda normal. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti konsumsi daging, asparagus, bawang putih atau terlalu banyak minum kafein. Selain itu, bau amis bisa menjadi tanda penyakit seperti trikomoniasis, yaitu infeksi yang menyebabkan rasa gatal dan keluarnya cairan penis yang berbau. 

4. Tekstur yang Terlalu Cair

Pada umumnya, sperma yang sehat memiliki tekstur yang kental dan berwarna keputihan. Namun, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan air mani menjadi cair. Kondisi ini merupakan tanda jumlah sperma yang rendah, dan masalah kesuburan. Selain itu, sperma yang cair adalah tanda penyakit varikokel, yaitu pembengkakan pembuluh darah dari testis di skrotum. Jika Anda mendapati sperma cair, segera periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. 

5. Jumlah Sperma yang Sedikit

Melansir Mayo Clinic, sperma yang normal yaitu berkisar antara 15 juta sampai dengan lebih dari 200 juta sperma per millimeter air mani. Anda dikatakan memiliki volume sperma yang sedikit jika Anda memiliki sperma kurang dari 15 juta per millimeter. Dengan kondisi ini, Anda sulit untuk membuahi pasangan Anda untuk hamil. Untuk mengetahui kondisi jumlah sperma, Anda bisa melakukan tes hormon dan USG untuk memastikannya. 

Cara Mengatasi Sperma Tidak Sehat

Cara Mengatasi Sperma Tidak Sehat

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sperma tidak sehat, yaitu sebagai berikut:

  • Pastikan Anda selalu menjalani pola hidup sehat
  • Jaga berat badan Anda agar ideal
  • Hindari infeksi menular seksual dengan melakukan hubungan seksual yang aman
  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Kurangi merokok

Itulah ulasan kali ini mengenai ciri-ciri sperma tidak sehat. Pastikan Anda menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang teratur agar sperma Anda bisa membuahi sel telur. Jika Anda mendapati tanda-tanda seperti di atas, segera konsultasi dengan dokter. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung