Morula IVF

4 Warna Sperma yang Sehat, Cari Tahu di Sini!

November 30, 2022

4 Warna Sperma yang Sehat, Cari Tahu di Sini!

Ada beberapa indikasi tertentu untuk menentukan warna sperma yang sehat. Karena sesungguhnya warna sperma yang tidak sehat itu memiliki ciri tertentu. Apabila sperma sehat, maka akan sangat cepat membuahkan sel telur. Umumnya tekstur sperma yang bagus justru bukanlah cair, melainkan lebih kental dan sedikit lengket. Selain dari tekstur, ada kesehatan sperma juga terlihat dari warnanya. Berikut macam-macam warna sperma 

Arti Warna Sperma

Apakah Anda pernah mendengar warna sperma yang sehat itu seperti putih telur, benarkan seperti itu? Faktanya, warna dari sperma dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya kondisi kesehatan. Beberapa gangguan kesehatan seperti pembesaran prostat dan penyakit menular bisa menyebabkan warna sperma menjadi aneh, seperti putih telur atau putih keabu-abuan. Sperma yang bagus akan berwarna seperti air mani. Tapi, ada sebagian pria yang memiliki warna tidak konsisten.

Macam-Macam Warna Sperma

Warna sperma yang sehat memang tidak dapat terlihat dan muncul seperti air mani. Semua warna pada sperma bisa memiliki indikasi kesehatan tertentu pada pria. Jadi, para pria harus mengetahui sperma tidak sehat seperti apa agar bisa mencegah kondisi yang semakin parah. Tekstur sperma yang bagus adalah sedikit kental dan lengket. Agar lebih mudah mendeteksi, ini dia arti warna sperma pada pria.

1. Bening atau Putih Pekat

Sperma warna bening apakah sehat memang sangat membingungkan. Sebab, sebagian besar pria pasti memiliki warna sperma bening atau putih pekat. Ternyata, warna putih telur dan keabuan menandakan sperma sehat dan normal. Warna putih pekat seperti putih telur menandakan sperma mengandung zat-zat seperti asam sitrat, fibrinolisin, dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika menemukan warna sperma bening dan putih pekat.

2. Kekuningan

Macam-macam warna sperma yang sehat selanjutnya adalah kekuningan. Jika Anda bertanya, sperma warna kuning apakah normal, maka jawabannya bisa jadi tidak. Namun jangan panik dulu, warna sperma kekuningan hingga kehijauan tidak selalu karena masalah kesehatan serius.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab sperma kekuningan adalah karena bercampur dengan urin, kelebihan sel darah putih, mengkonsumsi makanan tinggi sulfur, dan penyakit tertentu. Untuk cara mengatasi sperma warna kuning sendiri adalah dengan banyak minum air putih, olahraga yang berkaitan dengan radang sendi seperti berenang, dan buang air kecil sebelum ejakulasi.

3. Kuning Keemasan

Selanjutnya adalah warna kuning keemasan. Biasanya warna sperma ini akibat dari adanya urine pada sperma. Jadi, ketika sperma keluar akan menghasilkan warna kuning keemasan. Anda tidak perlu terlalu khawatir  jika mendapati sperma berwarna ini karena bukan berarti terkena penyakit yang parah. Untuk mengatasi sperma warna kuning keemasan ini adalah banyak minum air putih dan buang air kecil sebelum berhubungan intim.

4. Hitam

Warna sperma hitam sangat jarang terjadi pada pria. Kalau sudah begitu, maka artinya tentu saja tidak normal. Air mani atau sperma berwarna hitam bisa jadi karena darah di dalamnya. Darah bisa menjadi berwarna hitam karena sudah lama berada di dalam tubuh dan baru keluar. Selain itu, warna sperma hitam juga dikaitkan dengan beberapa kondisi medis, seperti cedera tulang belakang dan tingginya kadar logam di dalam tubuh.

Itulah berbagai jenis warna sperma beserta artinya yang bisa Anda pahami. Perlu Anda ingat bahwa warna sperma normal adalah putih kental seperti putih telur. Bahkan warna sperma bening seperti air juga masih tergolong normal. Itu hanya menandakan bahwa sperma tersebut lebih encer. Mengetahui warna sperma yang sehat bisa membantu meningkatkan kewaspadaan. Jika Anda memiliki warna selain bening dan putih kental, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung