ASI eksklusif adalah

Pada saat bayi baru lahir, maka ASI eksklusif adalah kebutuhan dan sumber asupan penting bagi bayi. Menurut WHO, satu jam pertama adalah waktu yang berharga dalam pemberian ASI langsung kepada bayi. Inilah awal dari pemberian ASI eksklusif yang dilakukan dari awal pertumbuhannya. Asi eksklusif menjadi asupan nutrisi sebagai makanan pokok dari sang ibu kepada buah hatinya.

Pemberian ASI ini juga dilakukan dengan berdasarkan umur sang bayi sejak lahir hingga 2 tahun. Sementara itu untuk ASI eksklusif pemberian hanya ASI saja hingga bayi berumur 6 bulan. Jadi asupan gizi bayi bergantung pada ASI yang dimiliki oleh seorang Ibu. Oleh karena itu bayi akan mendapatkan asupan terbaiknya di 6 bulan pertamanya. Lalu seperti apa pemahaman dari ASI eksklusif secara detail dan manfaatnya?

Pengertian ASI Eksklusif

Keberadaan ASI Eksklusif menjadi sangat penting untuk bayi dimana sang bayi membutuhkan asupan pertama dalam pertumbuhan. Maka ASI dari ibu secara alami akan memberikan banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi. Bahkan bisa memberikan peningkatan perkembangan secara fisik hingga mental.

Ibu yang mampu memberikan ASI eksklusif di 6 bulan pertama sama halnya dengan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi sang anak. Bayi baru lahir hingga usia 6 bulan sangat membutuhkan ASI tersebut untuk bertumbuh. Makan dan minum sekaligus dengan ASI eksklusif yang diberikan oleh ibu menjadi sumber utama dan tahapan terbaik dalam perkembangan bayi.

Manfaat ASI Eksklusif

Dari bagian sebelumnya, bisa dipahami bahwa ASI eksklusif sangat penting untuk bayi karena ada banyak manfaat ASI untuk bayi. ASI tidak hanya membantu bayi tapi juga memberikan efek terbaik bagi ibu setelah pasca melahirkan. Inilah manfaat asi selengkapnya:

1. Mencegah Bayi Untuk Tidak Menderita Alergi

ASI eksklusif adalah

Pemberian ASI di 6 bulan pertama umur bayi merupakan hal yang penting dimana hal tersebut akan membentuk antibodi bagi bayi. Bayi memiliki kekebalan tubuh dan tumbuh lebih baik. Dibandingkan dengan memakai susu formula yang terkadang menimbulkan alergi pada bayi.

2. Meningkatkan Kecerdasan

Sifat ASI yang begitu unik dan alamiah sebagai nutrisi terbaik tak tergantikan ini mampu meningkatkan kecerdasan sang bayi. Itulah kenapa 6 bulan pertama begitu utama memberikan ASI eksklusif terhadap bayi. Jadi akan membantu bayi untuk meningkatkan kecerdasan serta perkembangan otaknya di bulan-bulan awal.

3. Melindungi Dari Obesitas

ASI eksklusif adalah

Ketika seorang ibu memberikan ASI eksklusif terhadap bayi, maka akan melindungi dari obesitas saat besar nanti. Pasalnya ASI ini membentuk kekebalan tubuh hingga memberikan perlindungan yang bagi bagi semua organ tubuh. Tentunya perkembangan berat badan bisa selalu normal saat hanya minum ASI saja.

4. Mencegah Kanker Payudara Pada Si Ibu

Seorang ibu yang menyusui secara sering kepada bayi akan memberikan rangsangan baik untuk payudara. Sehingga akan mencegah kanker payudara, karena mampu memproduksi ASI secara terus-menerus selama bayi menyusui.

5. Rasa Trauma Ibu Bisa Teratasi

ASI eksklusif adalah

Saat melahirkan seorang anak biasanya ibu mengalami trauma, maka trauma tersebut bisa diatasi dengan memberikan ASI. Yaitu dengan mendekatkan ibu dan anak saat menyusui dan hal ini akan memberikan kekuatan tersendiri bagi seorang ibu.

Itulah beberapa manfaat dari ASI, dimana ASI diberikan secara eksklusif selama 6 bulan. ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan ibu langsung kepada bayi sebagai asupan sumber terbaiknya. Pemberian awal yaitu saat bayi lahir hingga umur 6 bulan lamanya. Betapa ASI eksklusif ini sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi hingga besar.