Morula IVF

Ketahui Perbedaan Warna ASI Saat Hamil dan Penyebabnya

November 4, 2022

Ketahui Perbedaan Warna ASI Saat Hamil dan Penyebabnya

ASI atau air susu Ibu tidak hanya keluar saat setelah melahirkan saja tetapi juga saat hamil pun dapat menghasilkan ASI. Namun, warna ASI saat hamil biasanya akan berbeda dengan warna ASI ibu hamil yang sudah melahirkan. Umumnya, jika seorang Ibu yang memiliki kelenjar ASI berlebih cenderung mengeluarkan ASI  atau Kolostrum pertama pada saat hamil. ASI yang keluar pada saat hamil umumnya keluar ketika kehamilan 14 sampai 28 minggu. Yuk, ketahui perbedaan warna ASI saat hamil berikut ini!

Kenali Warna ASI Saat Hamil

ASI keluar saat hamil bukanlah hal yang buruk maka Anda tidak perlu merasa khawatir. Sebab, ini merupakan suatu fase yang normal terjadi pada ibu hamil. Kolostrum pertama atau Warna ASI pertama saat hamil berupa susu dengan warna asi kekuningan yang umumnya keluar sejak usia kehamilan 5–6 bulan. Payudara ibu hamil sudah menghasilkan makanan berprotein tinggi sehingga sudah siap untuk menyambut kelahiran bayi Anda. Bahkan,  sejak sekitar 14 minggu usia kehamilan, tanda asi akan keluar saat hamil yaitu dengan adanya rasa kencang pada payudara.

Penyebab ASI Keluar Saat Hamil

Seperti yang kita ketahui bahwa ibu hamil bisa mengeluarkan ASI sebelum melahirkan. ASI yang keluar adalah proses alami pada proses mengandung dan melahirkan. Bahkan ASI yang keluar saat hamil merupakan tanda ibu hamil sudah siap untuk melahirkan dan menyusui nantinya. Warna ASI pertama saat hamil dengan sesudah melahirkan tentunya berbeda. 

1. Ketidakseimbangan Hormon Kehamilan

Penyebab pertama ASI keluar saat hamil yaitu karena adanya ketidakseimbangan hormon.  Karena kadar prolaktin meningkat, maka payudara Anda siap untuk mendapatkan isi berupa kolostrum, yang merupakan bentuk awal ASI.

Pada waktu yang sama, estrogen yang diproduksi oleh plasenta bekerja untuk menanggulangi sekresi susu, guna menekannya sampai bayi tiba. Warna ASI saat hamil ini memang belum seperti warna ASI saat menyusui. Jadi, cenderung lebih bening.

2. Payudara Terstimulasi

Penyebab ASI keluar saat hamil selanjutnya yaitu karena payudara yang terstimulasi. Jadi, pada saat payudara dan puting terstimulasi, maka bisa memicu keluarnya ASI. Sebagai contoh saat pemanasan sebelum berhubungan intim dengan suami. Hal ini bisa mengakibatkan payudara Anda bocor lalu mengeluarkan cairan.

Itulah informasi perbedaan warna ASI saat hamil dan penyebabnya. jika memungkinkan, ibu hamil sebaiknya mengurangi stimulasi pada puting untuk mengurangi adanya kemungkinan ASI yang keluar. Namun, untuk ibu hamil yang menginginkan agar ASI keluar sebelum melahirkan, yaitu dengan mencoba meminta bantuan suami. Menghisap payudara istri saat hamil trimester ketiga bisa membantu Anda mengeluarkan cairan kolostrum atau ASI pertama. Meski begitu, merangsang payudara saat hamil dapat memicu kontraksi. Ibu hamil disarankan untuk segera periksa ke dokter jika ASI yang keluar terdapat darah atau terasa nyeri, jadi pastikan tetap waspada ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung