Morula IVF

Ketahui Ciri Bayi Prematur yang Sehat dan Cara Perawatannya

November 10, 2022

Ketahui Ciri Bayi Prematur yang Sehat dan Cara Perawatannya

Ketika sedang mempersiapkan kelahiran dan mendekati waktu perkiraan melahirkan tentunya kita sebagai orang tua berharap bayi akan lahir secara normal dan sehat. Maka dari itu, jika mengetahui informasi tentang ciri bayi prematur yang sehat akan lebih baik untuk menghindari kondisi yang tidak diharapkan. Simak ciri bayi prematur yang sehat dan perawatannya.

Ciri Bayi Prematur yang Sehat 

Untuk orang tua yang memiliki bayi prematur tentunya khawatir jika bayi tersebut lahir dalam keadaan sehat atau tidak. Inilah beberapa ciri bayi prematur yang sehat yang dan bisa kita jadikan tolak ukur. Anda akan ketahui lebih jauh lagi tentang ciri bayi prematur yang sehat berikut ini.

1. Berat Badan Makin Naik Bertahap

Ketika baru saja lahir berat badan ideal bayi prematur berkisar 2,3 kg. Bahkan ada kasus menyebutkan bahwa bayi prematur 7 bulan berat 2 kg. Ketika mereka memiliki berat badan yang makin baik dan seimbang ini menunjukan bahwa kesehatan mereka semakin baik.

Nutrisi seperti ini memang diperlukan dan akan membantu perkembangan bayi dengan cukup baik. Maka dari itu akan lebih baik jika kita memperhatikan berat badan yang makin bertumbuh untuk mengetahui bahwa perkembangan bayi tersebut memang sehat.

2. Kemampuan Komunikasi Berkembang

Ketika bayi yang lahir prematur dan memiliki kondisi yang baik maka biasanya akan memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. Hal seperti ini ditujukan dengan kemampuan membalas interaksi dengan tersenyum, bertukar kontak mata bahkan menangis. Hal seperti ini menjadi tanda bahwa kemampuan bayi berkembang dengan baik. Maka dari itu jangan sampai melewatkan tanda seperti ini.

3. Buang Air Rutin

Ciri bayi prematur yang sehat akan mengalami buang air dengan rutin. Paling tidak 8 sampai 10 kali untuk satu hari dan hal ini seimbang dengan asupan dari asi yang didapatkan maka pastikan untuk mengecek popoknya secara rutin agar mengetahui berapa kali bayi buang air dalam sehari .

4. Perkembangan Otot Baik

Selanjutnya perkembangan otot baik dan tidak menghambat perkembangan. Maka dari itu usahakan Anda memperhatikan hal seperti ini ketika usia anak mulai berjalan, berlari dan bahkan ketika mulai pembelajaran gerakan ringan.

Cara Merawat Bayi Prematur Agar Cepat Gemuk

Ketika ingin mendapatkan kondisi yang baik pastikan asupan ASI dengan baik. Selain itu gunakan susu formula untuk bayi prematur agar cepat gemuk. Penunjang tambahan seperti ini bisa Anda coba dengan bimbingan dari pihak yang profesional atau dokter. Ingat juga jadwal pemberian ASI yang akan mempengaruhi kualitas kesehatan mereka. Perhatikan hal yang terkesan sepele ini namun pada dasarnya penting.

Keistimewaan Bayi Prematur

Salah satu keistimewaan bayi prematur yaitu otak merespon lebih kuat pada sentuhan yang dilakukan orang tua atau staf rumah sakit. Indera pertama mereka yang berkembang pertama kalinya yaitu indera pendengaran dan sentuhan, sehingga proses menyentuh adalah cara bayi berkomunikasi dengan kita. Namun tenang saja ketika kita bisa merawat dengan baik, bayi prematur akan berkembang dengan baik dan menyusul ketertinggalannya tersebut.

Pada umumnya, bayi prematur diperbolehkan untuk pulang bila kondisi kesehatannya sudah baik misalnya dapat menyusu secara langsung, dapat bernafas tanpa alat bantu. berat badan yang cukup, dan tidak sering kedinginan. Meski begitu, bayi yang lahot secara prematur tetap perlu diperiksakan ke dokter supaya tumbuh kembangnya dapat dipantau. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung