Morula IVF

Mengenal USG 4 Dimensi, Manfaat, Hingga Cara Membaca Hasilnya

November 4, 2022

Mengenal USG 4 Dimensi, Manfaat, Hingga Cara Membaca Hasilnya

Bagi ibu hamil, mengetahui kondisi, perkembangan, hingga kesehatan janin menjadi hal yang sangat penting. Metode yang dapat Anda gunakan yakni dengan USG 4 dimensi. USG 4 dimensi adalah alat yang dapat Anda gunakan untuk melihat dengan jelas wujud bayi dalam kandungan. Mulai dari bentuk wajah hingga kondisi organ tubuhnya. 

Pengembangan dari pemeriksaan USG 2D dan 3D, USG 4D ini menggunakan transducer USG 2G yang dapat menangkap 20 sampai 30 pantulan dengan cepat atau matrix array USG 3D. Canggih, bukan? Yuk simak selengkapnya!

Manfaat USG 4 Dimensi

Bila Anda bandingkan dengan USG lainnya, USG 4D ini memiliki manfaat yang unggul. Salah satu fungsi USG 4 dimensi ini mampu memperlihatkan atau menyajikan gambar bergerak layaknya video. Dengan begitu, Anda bisa melihat aktivitas janin secara jelas.

Misalnya saja ketika bayi sedang tersenyum, menguap, ataupun melakukan gerakan lainnya. Sselain Selain itu, Anda juga bisa melihat bagian tubuh janin dengan lebih nyata. Tak hanya itu saja, berikut ini adalah manfaat USG 4 dimensi pada kehamilan:

  • Dapat memastikan kehamilan serta perkiraan tanggal kelahiran.
  • Memastikan jumlah janin yang terdapat dalam kandungan.
  • Dapat memastikan tidak terjadinya kehamilan ektopik.
  • USG 4D ini juga bisa menentukan jenis kelamin bayi.
  • Untuk mendeteksi masalah pada rahim, ovarium, serviks, maupun plasenta.
  • Untuk mendeteksi kecacatan lahir.
  • USG 4G juga bisa mendeteksi serta memantau detak jantung janin.
  • Memantau sia serta perkembangan janin.
  • Memantau posisi janin dalam rahim.
  • Memantau seberapa banyak cairan ketuban.

Dilansir dari WHO (World Health Organization), terdapat 15% ibu hamil memiliki potensi komplikasi selama kehamilan yang dapat mengancam jiwa. Maka dari itu, ada baiknya Anda mengecek rutin kehamilan Anda tiap bulannya..

Cara Menggunakan USG 4 Dimensi

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan USG 4 dimensi, ada waktu terbaik untuk melakukan atau menjalani prosedur tersebut. Ada baiknya, jika Anda menjalani prosedur ini pada usia kehamilan ke-27 hingga 32 minggu.

Pemeriksaan di luar rentan waktu tersebut, mungkin Anda tidak akan mendapatkan gambaran yang optimal. Pada USG 4 dimensi 6 bulan hingga USG 4 dimensi 7 bulan, Anda bisa mendapatkan gambaran janin dengan lebih jelas.

Pada USG 4 dimensi 8 bulan, kepala janin kemungkinan besar sudah berada dalam panggul. Hal ini sebagai bentuk persiapan kelahiran.  Pada kondisi ini biasanya sulit untuk melakukan pengamatan terhadap wajah janin.

Sebenarnya, cara kerja dari USG 4D ini tak jauh berbeda dengan USG 3D. Dokter akan mengoleskan gel khusus di atas perut. Gel ini memiliki fungsi untuk menghantarkan gelombang suara. Dengan begitu, gambaran janin akan mudah terlihat.

Kemudian, dokter akan melakukan pemindaian dengan alat transduser yang digerakan memutar di atas perut. Hal ini bertujuan untuk merekam aktivitas janin.

Cara Membaca Hasil USG 4 Dimensi

Secara umum, hasil USG 4 dimensi ini menampilkan 3 warna yang berbeda. Indikator warna putih, menunjukkan tulang tubuh, indikator warna hitam menunjukkan cairan ketuban, dan indikator warna abu-abu menunjukkan struktur jaringan tubuh bayi.

USG 4 dimensi terdekat bisa menjadi pilihan Anda untuk menjalani prosedur ini. Selain itu, Anda bisa mendapatkan USG 4 dimensi harga terjangkau. Ada baiknya untuk mengatur jadwal USG 4 dimensi ini untuk mengetahui perkembangan janin dan mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan karena sudah diketahui lebih awal.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung