Morula IVF

Apa Itu Oogenesis? Simak Pengertian Lengkapnya Di Sini

July 8, 2021

Apa Itu Oogenesis? Simak Pengertian Lengkapnya Di Sini

Oogenesis adalah salah satu istilah yang terkait pada sistem reproduksi wanita, tepatnya sel telur. Berbicara tentang tubuh manusia, termasuk wanita, pasti kita akan bersinggungan dengan serangkaian sistem atau proses yang terjadi di dalamnya, termasuk sistem reproduksi. Seperti yang akan dibahas pada uraian kali ini, yaitu tentang bagaimana proses yang terjadi pada sistem tersebut yang biasa disebut oogenesis. 

Proses Oogenesis Pada Wanita

oogenesis adalahSeperti yang telah dikatakan sebelumnya, bahwa apa yang terjadi dalam sistem reproduksi ini merupakan hal penting dan akan berpengaruh pada proses Anda dalam memiliki keturunan di masa yang akan datang. Kehamilan sendiri terjadi karena adanya pembuahan pada sel telur yang matang, dan oogenesis adalah tahapan pembentukan dari sel telur tersebut. 

Maka definisi oogenesis adalah suatu proses pembentukan juga pematangan sel telur (ovum) pada wanita yang terjadi pada ovarium (indung telur). Sebetulnya, sel telur pada wanita sendiri sudah ada sejak ia berusia 8 hingga 20 minggu saat ia berada dalam kandungan dan ovarium yang ada pada embrio memiliki sekitar 600 ribu sel oogonium atau sel induk telur.

Oogonium itu memperbanyak diri dengan cara mitosis atau membelah diri sampai jumlahnya sekitar 7 juta oosit primer. Namun, jumlah tersebut akan terus berkurang seiring waktu hingga janin lahir. Oosit merupakan sel telur belum matang nantinya akan  berkembang dan matang di lapisan luar ovarium. 

Dari awalnya terdapat sekitar 7 juta tadi dan jumlahnya terus menurun hingga tersisa sekitar 1-2 juta setelah bayi perempuan lahir. Kemudian, sel-sel telur ini juga akan berhenti berkembang sementara hingga kita masuk pada usia pubertas masa remaja. Nah, disitulah oogonium ini akan aktif bekerja berdasarkan siklus menstruasi kita

Dari 2 juta oosit primer yang ada, hanya sekitar 400 saja yang dapat bertahan hingga menjadi folikel matang atau kantong kecil dengan memiliki dinding sel dan di dalamnya terdapat satu sel telur. Sel telur itulah yang kemudian akan dilepaskan selama wanita berada dalam masa subur atau reproduksi.

Oleh karenanya, proses oogenesis ini penting dan diperlukan untuk menjadikan sel telur matang dan siap untuk dibuahi. Namun, sering bertambahnya usia, kualitas juga kuantitas sel telur mengalami penurunan yang  normal terjadi.

Proses Terjadinya Oogenesis

Tahapan dari oogenesis adalah:

1. Fase Pembelahan dan Penggandaan

oogenesis adalah

Oogenesis ini dimulai dengan fase mitosis dan meiosis. Jika pada mitosis yang merupakan proses pembelahan sel dan menghasilkan dua gamet atau yang identic, pada proses meiosis adalah pembelahan sel yang menghasilkan empat gamet dan masing-masingnya memiliki jumlah kromosom setengah dari sel induk.

2. Fase Perkembangan

Pada fase ini, pembelahan sel telur pertama pada oogenesis ini terjadi perkembangan sitoplasma (bagian sel) yang tidak seimbang. Karenanya, ada satu oosit yang punya banyak sitoplasma, ada pula yang tidak memilikinya. Oosit yang memiliki banyak sitoplasma berukuran lebih besar daripada yang tidak. Oosit yang ukurannya lebih kecil ini disebut dengan badan polar pertama.

3. Fase Pematangan

oogenesis adalah

Selanjutnya, oosit sekunder yang ukuranya lebih besar tadi, akan mengalami pembelahan sel telur kedua yang menghasilkan ootid. Pada badan polar pertama tadi, ia juga akan membelah ke dalam dua badan polar kedua. Kemudian, Ootid ini akan berkembang menjadi sel telur apabila bertemu dengan sel sperma atau yang disebut spermatozoa.

Maka, dapat dikatakan bahwa ovulasi terjadi saat oosit telah mencapai tahap perkembangan ootid. Yang setelah pembuahan, ootid telah melewati tahap akhir pematangan dan menjadi sel telur.

Oogenesis adalah proses penting yang terjadi pada sistem reproduksi wanita. Informasi terkait oogenesis ini penting dipahami karena terkait dengan sel telur, terutama bagi Anda yang ingin segera memiliki keturunan. Karena pembuahan atau proses ovulasi akan dipengaruhi dari bagaimana oogenesis ini terjadi. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut serta ingin melaksanakan program kehamilan yang aman serta nyaman, segera hubungi morulaivf.co.id.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung