manfaat kembang kol untuk ibu hamil

Manfaat kembang kol untuk ibu hamil ternyata tidak bisa dipandang sebelah mata. Kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam kembang kol membuat sayuran ini sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi sehari-hari khususnya untuk nutrisi ibu hamil. Kandungan yang ada di kembang kol seperti antioksidan, kalium, serat, dan juga asam folat akan membantu pertumbuhan janin dan juga bagus untuk kesehatan tubuh sang ibu. 

Namun yang perlu diketahui bahwa kembang kol ini adalah jenis sayuran yang memiliki tingkat gas tinggi, dimana gas tinggi bisa menyebabkan perut menjadi kembung, sehingga dianjurkan untuk mengkonsumsi nya dengan seimbang bersamaan dengan asupan gizi yang lain.

6 Manfaat Kembang Kol untuk Ibu Hamil

Salah satu manfaat kembang kol untuk ibu hamil  juga diketahui mampu membantu mengurangi tekanan darah. Banyak manfaat kembang kol untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui, yuk simak penjelasan di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

manfaat kembang kol untuk ibu hamil

Kinerja tubuh yang baik mengindikasikan jantung yang sehat. Jantung sebagai organ vital untuk memompa darah mempunyai peranan yang penting khususnya untuk ibu hamil. Kandungan kalium dan potassium yang ada dalam kembang kol mampu membantu memperlancar proses aliran darah ke seluruh tubuh sehingga akan menjaga kualitas kesehatan jantung.

2. Kaya Vitamin K untuk Mencegah Pendarahan Ibu Hamil 

Vitamin K memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ibu hamil. Pada trimester pertama usia kehamilan akan rawan sekali terjadi pendarahan pada sang ibu. Nah, hal tersebut bisa diantisipasi dengan mengkonsumsi kembang kol yang kaya akan vitamin K.

3. Membantu Memudahkan Proses Persalinan 

manfaat kembang kol untuk ibu hamil
Unrecognizable female sitting on the carpet in domestic room and making heart symbol on her belly

 

Perbanyak mengkonsumsi magnesium akan memudahkan ibunda dalam melakukan proses persalinan. Selain itu kandungan baik yang ada dalam magnesium dapat menghindari kontraksi dini dan juga kram saat kehamilan. Tak hanya magnesium, kandungan fosfor yang ada dalam kembang kol akan mendukung tumbuh kembang si kecil dalam kandungan, salah satunya bisa menjaga kepadatan tulang dan juga meningkatkan fungsi ginjal.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Selalu mengontrol tekanan darah saat kehamilan merupakan salah satu langkah yang penting untuk menjaga kesehatan si kecil dalam perut ibunda. Kembang kol dengan kandungan magnesium dan kalsium akan membantu menstabilkan tekanan darah sehingga mengurangi resiko terjadinya stroke, pun aktivitas yang dilakukan menjadi lancar.

5. Membantu Memenuhi Kebutuhan Vitamin C

manfaat kembang kol untuk ibu hamil

Berdasarkan angka kecukupan gizi, orang dewasa di atas 18 tahun harus mengkonsumsi 75-90 mg vitamin C per hari. Kebutuhan vitamin C dapat terpenuhi dengan asupan kembang kol. Vitamin C yang memiliki peranan untuk menjaga kekebalan tubuh ini adalah nutrisi wajib yang harus masuk ke dalam tubuh bumil, karena jika tubuh ibu sehat maka kesehatan sang bayi di kandungan juga akan baik.

6. Sumber Zat Besi

Pertumbuhan janin yang optimal tentunya diidam – idamkan oleh setiap kehamilan sang ibu. Kembang kol yang kaya akan zat besi mampu mengoptimalkan pertumbuhan bayi dalam kandungan sekaligus mencegah komplikasi yang akan membahayakan kesehatan bayi. Tubuh yang kaya akan zat besi juga akan membentuk hemoglobin dimana peredaran oksigen ke seluruh tubuh akan maksimal. Tak hanya itu, sistem imunitas tubuh juga akan terbentuk karena pengaruh dari enzim esensial  yang dihasilkan oleh zat besi.

Itu dia berbagai manfaat kembang kol untuk ibu hamil. Yuk atur pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi dan jangan lupa atur porsi yang seimbang agar tidak berlebihan ya. Selalu jaga kesehatan dan tumbuh kembang si bayi dengan mengoptimalkan asupan nutrisi.