Morula IVF

5 Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil, Bumil Wajib Tahu!

November 4, 2022

5 Jus yang Bagus untuk Ibu Hamil, Bumil Wajib Tahu!

Ibu hamil memerlukan gizi dan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang janin. Selain makanan berprotein tinggi, ibu hamil juga membutuhkan asupan cairan selama masa kehamilan. Salah satu sumber cairan yang baik bagi ibu hamil adalah jus buah-buahan dan sayuran. Nah, berikut 5 jus yang bagus untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Apa saja?

1. Jus Pisang

Jus yang bagus untuk ibu hamil di trimester awal adalah jus pisang. Pisang merupakan buah yang tidak hanya nikmat saat dimakan langsung, namun juga lezat saat dibuat jus. Buah pisang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti kalium, vitamin C, dan juga serat.

Selain itu, pisang juga mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk mengurangi keluhan mual dan muntah. Dengan minum jus pisang selama masa kehamilan, ibu hamil akan terhindari dari masalah sembelit.

2. Jus Jeruk

Jenis jus lain yang juga direkomendasikan untuk ibu hamil adalah jus jeruk. Jus jeruk memiliki kadar vitamin serta mineral yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan. Tak hanya itu, kandungan asam folat pada jeruk juga tergolong tinggi.

Perlu diketahui bahwa asam folat dapat membantu mencegah cacat pada janin serta mencegah kelainan pada otak serta tulang belakang, Itulah mengapa ibu hamil perlu mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup, salah satunya dengan minum jus jeruk.

3. Jus Wortel

Jus yang bagus untuk ibu hamil trimester 1, 2, dan 3 berikutnya adalah jus wortel. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi serta zat besi, vitamin B, kalium, serta magnesium. Wortel dengan kandungan vitamin A-nya mampu mendukung perkembangan tulang serta gigi janin di dalam kandungan.

Ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi jus wortel dalam jumlah cukup saja yaitu 1 gelas per hari. Pasalnya, terlalu banyak vitamin A justru tidak baik bagi kesehatan karena menimbulkan efek racun.

4. Jus Apel

Untuk menjaga kesehatan ibu dan janin, ibu hamil juga disarankan untuk mengonsumsi jus apel. Seperti yang diketahui, apel mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi. Imunitas pun akan meningkat dengan rutin mengkonsumsi buah ini.

5. Jus Alpukat

Jus buah yang bagus untuk ibu hamil muda maupun tua berikutnya adalah jus alpukat. Ada banyak kandungan dan nutrisi pada alpukat yang baik untuk kesehatan, seperti zat besi, serat, vitamin C, magnesium, dan juga kalium. 

Selain itu, alpukat juga mengandung kolin yang berfungsi untuk mendukung perkembangan otak dan saraf bayi. Alpukat juga memiliki kandungan lemak tidak jenuh yang bermanfaat selama masa kehamilan.

Kebutuhan nutrisi ibu hamil yang tinggi tentu saja mengharuskan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang menyehatkan. Salah satunya adalah jus yang bagus untuk ibu hamil diatas. Aturan minum jus yang aman bagi ibu hamil adalah dengan mengurangi jumlah gula. Ibu hamil disarankan untuk minum jus buah-buahan asli saja, tanpa ada tambahan pemanis buatan dan pengawet yang justru berbahaya bagi kesehatan janin.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung