manfaat pisang untuk ibu hamil

Masa kehamilan adalah salah satu hal yang penting bagi seorang wanita. Saat wanita dalam masa kehamilan maka harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Sebaiknya konsumsi makanan yang kaya nutrisi seperti buah-buahan. Pisang adalah satu jenis buah yang baik untuk masa kehamilan. Manfaat pisang untuk ibu hamil sangat banyak dan bagus.

Tak heran jika buah pisang masuk dalam salah satu buah yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Pisang bisa memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan janin dalam kandungan supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Kandungan Pada Buah Pisang

manfaat pisang untuk ibu hamil

Dalam buah pisang terdapat banyak sekali nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah pisang kandungan nutrisi dan mineralnya terbilang cukup lengkap. Ada karbohidrat yang bisa dijadikan sebagai sumber energi tubuh, lalu ada juga serat makanan yang baik untuk pencernaan, serta masih banyak lagi kandungan penting lainnya.

Pisang juga memiliki asam lemak esensial atau omega 3 dan 6 yang bagus untuk otak. Vitamin B komplek juga ada di dalam pisang, bahkan mineral seperti magnesium, kalium, tembaga, dan selenium juga ada di dalam buah pisang. Semua kandungan yang ada di dalam pisang tadi sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh ibu hamil dan mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam kandungan sang ibu.

Manfaat Mengkonsumsi Pisang Selama Hamil

manfaat pisang untuk ibu hamil

Buah pisang yang kandungan nutrisi dan mineralnya sangat lengkap baik sekali untuk ibu hamil dan juga janinnya. Agar lebih jelas lagi manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari buah pisang untuk ibu hamil, simak ulasannya berikut ini.

1. Mengatasi Mual

Buah pisang yang kaya akan vitamin B6 bisa membantu ibu hamil mengatasi rasa mual yang mengganggu. Makan buah pisang di trimester pertama atau pada awal kehamilan sangat membantu ibu hamil untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan tubuh meski tidak bisa makan nasi.

Rasa mual yang datang setiap pagi jadi bisa lebih ditekan dengan mengkonsumsi pisang. Rasanya yang enak dan manis bisa meningkatkan mood juga dan lupa dengan rasa mual. Pisang juga bisa mengenyangkan jadi cocok dijadikan camilan sehat.

2. Membantu Mengatasi Edema

Wanita hamil sudah biasa mengalami edema atau pembengkakan pada bagian kaki. Biasanya ini mulai terjadi saat usia kehamilan masuk di trimester kedua. Hal ini karena terjadi penumpukan cairan tubuh. Pembengkakan yang pertama biasanya ada pada pergelangan kaki, lalu akan menyebar ke bagian kaki secara keseluruhan.

Jika hal tersebut terjadi sebaiknya konsumsi pisang untuk meredakan edema. Jangan mengkonsumsi makanan asin dan ganti saja dengan buah pisang agar edema bisa mereda.

3. Sumber Energi Ibu Hamil

Pisang ini mengandung karbohidrat cukup banyak. Selain itu ada beberapa kandungan gula sederhana yang mudah dicerna sehingga ibu hamil yang makan pisang bisa dengan cepat mendapatkan energi tambahan. Pisang ini jadi disarankan untuk ibu hamil di fase terakhir karena bisa meningkatkan energi dengan cepat. Jadi ibu hamil bisa tetap energik dan tidak mudah lelah.

4. Menekan Resiko Cacat Lahir

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kandungan nutrisi dan mineral pada pisang sangat lengkap. Ini akan sangat membantu sekali untuk pertumbuhan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Kebutuhan janin akan terpenuhi dengan baik jadi bisa menekan resiko bayi lahir cacat.

5. Meredakan Sembelit

Serat tinggi pada pisang juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan pada ibu hamil. Bagi yang mengalami sembelit selama masa kehamilan, rutinkan makan pisang agar bisa mengatasi sembelit tersebut.

Nah, banyak sekali bukan manfaat pisang untuk ibu hamil. Selain menjaga kesehatan ibu hamil juga bisa mengoptimalkan perkembangan janin di dalam kandungan.