Morula IVF

Suntik TT untuk Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

March 27, 2023

Suntik TT untuk Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Untuk menghindari bayi baru lahir terkena resiko tetanus, suntik TT ibu hamil sangat disarankan pada masa kehamilan. Selain bermanfaat untuk bayi, suntik TT juga melindungi ibu dari risiko terkena tetanus selama masa kehamilan atau saat proses melahirkan. 

Namun apakah suntik TT aman untuk ibu hamil? Dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya serta apa manfaat suntik TT untuk ibu hamil? Yuk, simak ulasannya!

Apa Itu Suntik TT Ibu Hamil

Suntik tetanus toksoid (TT) merupakan jenis vaksin yang bertujuan untuk melindungi diri dari penyakit tetanus. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani yang masuk ke tubuh melalui luka terbuka, baik itu luka yang diakibatkan oleh benda berkarat atau luka yang terkontaminasi kotoran hewan dan tanah. 

Jika bakteri tersebut sampai masuk ke darah, ia akan mengeluarkan racun tetanospasmin. Racun ini akan menyerang sistem saraf yang dapat menyebabkan  kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat. 

Ada juga jenis bakteri tetanus yang biasa menyerang bayi yang disebut dengan tetanus neonatorum. Penularan bakteri jenis ini terjadi ketika proses persalinan. Biasanya ini terjadi jika ruangan kurang steril atau penggunaan alat yang kurang higienis ketika memotong tali pusar. Jika sampai masuk ke aliran darah, bakteri tetanus ini bisa mengancam keselamatan jiwa bayi. 

Kapan Suntik TT untuk Ibu Hamil? 

Suntik TT pada ibu hamil memang disarankan akan tetapi harus sesuai dengan aturan. Lalu kapan suntik TT untuk ibu hamil perlu dilakukan? Di bawah ini adalah aturan kapan suntik TT bisa dilakukan pada ibu hamil:

  • Ibu dengan kehamilan pertama dianjurkan  mendapatkan 2 kali suntikan tetanus dengan jeda waktu antara suntikan pertama dan kedua kurang lebih 4 minggu.
  • Untuk ibu yang sudah pernah hamil sebelumnya namun belum pernah mendapatkan vaksin TT, disarankan mendapatkan 3 kali suntikan. Suntikan pertama dan kedua dilakukan dengan jeda 4 minggu. Sedangkan suntikan ketiga harus diberi jarak 6 bulan dari suntikan kedua. 
  • Untuk ibu hamil anak kedua dengan jeda waktu 2 tahun setelah persalinan pertama dan sudah mendapatkan 2 kali vaksin TT, dokter hanya akan menyarankan untuk melakukan booster atau suntikan penguat vaksin saja. 

Manfaat Suntik TT untuk Ibu Hamil

WHO merekomendasikan vaksinasi tetanus toksoid dilakukan oleh semua ibu hamil. Suntik TT pada ibu hamil sangat dianjurkan khususnya jika ibu mempunyai luka rawan tetanus atau tinggal di lingkungan tertinggal yang memungkinkan persalinan terjadi dalam kondisi yang kurang higienis. Tidak perlu khawatir dengan efek samping suntik TT bagi ibu hamil karena aman dilakukan. 

Berikut manfaat dari suntik TT ibu hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Melindungi ibu dari infeksi tetanus

Suntik TT untuk ibu hamil bermanfaat untuk membangun antibodi sehingga tubuh bisa melawan bakteri tetanus dan mencegah penyakit berkembang. Antibodi tersebut nantinya juga akan diteruskan ke janin yang sedang berkembang di rahim sehingga bayi juga akan terlindungi dari penyakit tetanus hingga mendapatkan vaksin TT pertamanya di usia 6-8 minggu. Dengan harga suntik TT ibu hamil yang terjangkau, manfaat yang Anda dapatkan sangat luar biasa. 

2. Melindungi bayi dari tetanus neonatal

Suntik TT ibu hamil juga bermanfaat untuk melindungi bayi dari paparan infeksi bakteri tetanus ketika lahir.  Bayi berisiko d terkena tetanus saat proses persalinan akibat alat potong tali pusat yang tidak steril dan luka tali pusat yang belum sembuh. Meski begitu, Anda harus tahu suntik TT ibu hamil usia kandungan berapa karena harus sesuai aturan. 

Efek Samping Suntik TT untuk Ibu Hamil

Efek samping suntik TT pada ibu hamil hampir sama dengan efek samping vaksin pada umumnya. Beberapa efek samping yang mungkin muncul setelah suntik TT ibu hamil yaitu bengkak di area bekas suntikan, kemerahan, nyeri, demam, hingga sakit kepala. Efek suntik TT ini akan berangsur hilang saat tubuh berhasil menyesuaikan diri dengan vaksin.

Selain efek samping di atas, melakukan suntik TT saat hamil juga kemungkinan mengalami efek samping lebih serius. Antara lain seperti muncul reaksi alergi, gatal, dan syok anafilaktik. Jika mengalami efek samping seperti ini setelah melakukan suntik TT sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter

Suntik TT ibu hamil tidak hanya bermanfaat untuk melindungi tubuh ibu dari risiko infeksi bakteri tetanus saja.  Akan tetapi manfaat suntik ini juga berguna untuk janin dalam kandungan. Maka dari itu, pastikan melakukan suntik TT sesuai dengan aturan yang disarankan untuk ibu hamil. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung