Morula IVF

Yuk, Kenali Bentuk dan Ukuran Perut Ibu Hamil 2 Bulan Berikut Ini!

February 16, 2023

Yuk, Kenali Bentuk dan Ukuran Perut Ibu Hamil 2 Bulan Berikut Ini!

Pernahkah Anda bertanya-tanya, seperti apa bentuk dan ukuran perut ibu hamil 2 bulan? Apakah perutnya sudah besar? Atau masih kempes? Perut ibu hamil memang akan mengalami perubahan mulai usia kehamilan awal. Bahkan sejak usia 1 bulan, perut ibu sudah mengalami perubahan, baik bentuk maupun ukuran.

Perubahan bentuk dan ukuran perut ibu hamil dipengaruhi oleh perkembangan dan pertumbuhan janin di dalam kandungan. Saat pemeriksaan kehamilan, umumnya bidan dan dokter akan mengukur lingkar perut ibu hamil hingga usia kehamilan mencapai 20 minggu.

Lantas seperti apa bentuk dan ukuran perut ibu hamil 2 bulan? Berikut ulasannya!

Gejala Hamil 2 Bulan

Sebelum tahu seperti apa bentuk perut ibu hamil 2 bulan, sebaiknya Anda perlu mengetahui gejala hamil 2 bulan berikut ini:

1. Morning Sickness

Gejala ibu hamil 2 bulan yang pertama adalah mengalami morning sickness. Meskipun tidak semua ibu hamil mengalaminya, namun sebagian besar ibu hamil akan mengalami morning sickness di awal kehamilan. Morning sickness merupakan gejala mual muntah yang dialami pada usia 2 bulan hingga menginjak usia 4 bulan kehamilan. 

Morning sickness disebabkan oleh peningkatan hormon HCG di awal kehamilan sehingga merangsang terjadinya mual dan muntah. Seiring berjalannya kehamilan, rasa mual dan muntah akan sedikit berkurang hingga akhirnya hilang sama sekali. Namun ada juga ibu hamil yang mengalami morning sickness sepanjang masa kehamilan.

2. Mood Swing

Perubahan hormon di awal kehamilan juga menyebabkan ibu hamil 2 bulan mengalami mood swing. Ibu hamil akan menjadi lebih moody dibandingkan sebelumnya. Tidak jarang ibu hamil akan menangis sendiri tanpa sebab di masa ini. Mood swing ini hampir mirip dengan masa PMS dimana akan terjadi perubahan suasana hati secara mendadak dan tiba-tiba.

3. Frekuensi BAK Lebih Sering

Gejala hamil 2 bulan berikutnya adalah frekuensi BAK (buang air kecil) pada ibu hamil yang lebih sering. Kondisi ini disebabkan oleh produksi hormon HCG yang meningkat sehingga memicu buang air kecil.

Tidak hanya itu, frekuensi BAK yang meningkat juga dipengaruhi asupan cairan yang meningkat di awal kehamilan. Ketika mual dan muntah terjadi, ibu hamil akan lebih banyak minum untuk mengganti asupan yang hilang sehingga rasa ingin BAK pun meningkat.

4. Peningkatan Ukuran dan Bentuk Payudara

Di usia kehamilan 2 bulan, ibu hamil juga akan mengalami peningkatan ukuran serta bentuk payudara. Ukuran payudara akan lebih besar dari sebelumnya. Tak hanya itu, payudara juga akan semakin sensitif terhadap sentuhan. Tak jarang ibu hamil akan merasakan rasa sakit ketika payudara disentuh. Hal ini masih berhubungan dengan peningkatan hormon estrogen dan progesteron selama masa kehamilan.

5. Timbul Flek Cokelat Kemerahan Samar

Tanda lain yang kerap dialami ibu hamil 2 bulan adalah munculnya flek cokelat kemerahan pada celana dalam. Flek ini mirip dengan menstruasi awal, namun tidak berlanjut dengan keluarnya darah. Flek kecokelatan ini hanya akan muncul satu hingga 2 kali saja sehingga dapat dibedakan dengan keluarnya flek sebagai tanda awal haid.

Bentuk Perut Hamil 2 Bulan

Selain gejala di atas, ibu hamil 2 bulan juga umumnya mengalami kram dan nyeri pada perut serta kembung. Hal ini disebabkan lagi-lagi oleh perubahan hormon yang terjadi di awal kehamilan. Nah, lantas bagaimana bentuk perut ibu hamil 2 bulan? Apakah sudah besar? 

Ternyata beberapa ibu hamil 2 bulan perutnya sudah mulai membesar dan terlihat. Namun beberapa lainnya masih terlihat kempes. Perut yang sudah mulai terlihat ini disebabkan oleh perut kembung serta lonjakan hormon yang membuat retensi air di dalam tubuh meningkat. Akibatnya, perut akan mulai tampak membesar. 

Tips Ibu Hamil

Ibu hamil 2 bulan sangat rentan mengalami morning sickness yang menyebabkan nafsu makan turun drastis. Oleh karena itu, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi vitamin B6 serta air putih yang cukup untuk menghilangkan rasa mual. Ibu hamil juga sebaiknya makan dengan porsi sedikit namun lebih sering supaya asupan makanan tetap terjaga.

Tak hanya itu, Ibu hamil 2 bulan juga rentan mengalami masalah pencernaan. Untuk mengatasi masalah ini, jagalah pola makan sehat serta perbanyak serta dan air putih agar pencernaan lancar. Anda juga perlu beristirahat cukup agar kesehatan kehamilan Anda tetap terjaga.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana bentuk dan ukuran perut ibu hamil 2 bulan? Umumnya perut ibu hamil 2 bulan sudah sedikit membesar karena perubahan hormon yang terjadi. Nantinya janin yang terus berkembang juga akan membuat perut ibu hamil mulai membesar dari hari ke hari.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung