Morula IVF

5 Alat Tes Kehamilan yang Akurat, Cek Rekomendasinya!

December 8, 2022

5 Alat Tes Kehamilan yang Akurat, Cek Rekomendasinya!

Test pack menjadi pilihan pertama bagi pasangan yang baru saja menikah untuk mengetahui kondisi kehamilan sebelum berkunjung ke dokter atau bidan guna memastikan kondisi sebenarnya. Selain itu, pemula dalam menggunakan alat kehamilan ini  juga perlu mengetahui cara pakai test pack yang benar supaya hasilnya akurat. Pasalnya, besar kemungkinan instruksi penggunaan pada setiap produk test pack tidaklah sama sehingga Anda perlu mengetahui alat tes kehamilan yang akurat. Simak alat tes kehamilan berikut ini!

Cara Memilih Alat Tes Kehamilan yang Akurat Bagi Pemula

Waktu terbaik tes kehamilan adalah pada pagi hari. Hal ini akan berpengaruh pada keakuratan hasil karena konsentrasi urine masih pekat dan mengandung lebih banyak HCG. Namun alangkah baiknya jika bisa menemukan merk test pack yang bisa dipakai kapan saja. Misalkan test pack Sensitif bisa dipakai kapan saja, bahkan 7 hari setelah berhubungan dengan pasangan.

Begitu banyak merk test pack yang bisa dipakai kapan saja. Jadi, wajar apabila Anda bingung memilihnya. Terlebih bagi pemula, tentu hal ini masih sangat awam. Pasalnya, hampir setiap test pack tersebut menjanjikan tingkat keakuratan hingga 99%. Namun, ada beberapa tips memilih test pack yang bagus dan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

1. Pilih Tes Digital atau Analog

Umumnya, alat uji kehamilan tampil dalam 2 bentuk, yakni stik atau strip dan digital. Keduanya sudah populer di masyarakat. Test pack stik atau strip memerlukan wadah untuk menampung urine sebelum mencelupkan stik. Test pack dikatakan positif apabila hasil pengujian yang muncul berupa garis dua.

Sedangkan instrumen test pack digital berbentuk pena dan menggunakan metode rapid assay delivery. Contoh test pack-nya adalah Quick and Sure Onemed. Metode pengujiannya jauh lebih simple. Cukup dengan meneteskan air seni pada tempat yang telah tersedia. Dijual tak lebih dari Rp 5.000 namun tingkat keakuratannya cukup tinggi asal memakainya dengan benar.

2. Test Pack Bermerek atau Generik

Test pack bermerk sudah pasti dijamin keakuratan hasil pengujiannya. Hal ini karena alat tes telah memiliki izin dari lembaga resmi pemerintah, yakni BPOM sehingga dijamin berkualitas baik. Bila produk tidak memiliki izin dari lembaga resmi pemerintah, urungkan saja niat Anda membelinya.

Amannya, membeli alat kehamilan yang memiliki izin BPOM adalah di apotek atau toko lain yang terpercaya. Hindari membeli test pack tanpa merek atau tes pack generik.

3. Sensitif

Test pack bekerja dengan cara mendeteksi kadar hormon hCG yang terdapat pada urine. Hormon tersebut berasal dari plasenta setelah terjadi pembuahan. Test pack yang bagus memiliki tingkat keakuratan tinggi sehingga mampu mendeteksi kadar hCG dalam urine meski kadar nya hanya sedikit. Test pack Onemed adalah salah satu alat uji kehamilan dengan tingkat sensitifitas hingga 20 mIU dan tingkat keakuratan 99,9%.

4. Test Pack Deteksi Dini atau Deteksi Reguler

Test pack untuk deteksi dini kehamilan yang bagus bisa Anda gunakan dalam kurun waktu 7 hari setelah berhubungan badan dengan pasangan. Alat uji kehamilan ini aman dipilih oleh wanita dengan siklus haid teratur. Faktanya, tidak semua wanita memiliki siklus haid yang sedemikian.

Oleh karena itu, pilih test pack deteksi reguler sehingga tetap akurat hasilnya. Alat test pack yang akurat tidak selalu memiliki harga mahal. Misalnya Quick and Sure Onemed yang dijual sangat murah, sekitar Rp 5 ribuan saja.

5. Akurat

Berbicara tentang keakuratan berarti Anda tidak boleh melewatkan beberapa poin saat memilih alat tes kehamilan yang akurat. Salah satunya adalah pastikan bahwa alat tersebut dalam kondisi baik. Anda bisa memperhatikan tanggal kadaluarsanya. Alat uji kehamilan dalam kondisi baik pasti sensitivitasnya juga tinggi. Tentunya akan memudahkan Anda mengetahui kondisi kehamilan dengan pasti.

6. HCG

Test pack bekerja dengan cara mendeteksi kadar hCG dalam urine. Jika dalam urine terdeteksi adanya hormon hCG, artinya Anda hamil. Oleh karena itu, sebaiknya pilih test pack yang bisa mendeteksi hormon hCG meskipun kadarnya hanya sedikit dalam urine. Pada dasarnya, ada banyak sekali alat tes kehamilan yang beredar di toko. Alat tes kehamilan yang bagus mudah ditemukan dan memberikan hasil yang akurat. Semua tergantung dari cara memakai dan kondisi test pack itu sendiri. Jangan lupa segera periksakan diri Anda segera ke fasilitas kesehatan terdekat apabila hasilnya positif. Semoga bermanfaat, ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung