Morula IVF

Catat! Inilah 9 Makanan yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

November 14, 2022

Catat! Inilah 9 Makanan yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

Kehamilan adalah saat-saat bahagia yang ditunggu pasangan suami istri yang menginginkan buah hati. Saat kehamilan pun, nutrisi perlu dijaga agar ibu hamil sehat dan janin yang dikandung dapat berkembang dengan maksimal. Akan tetapi, ada beberapa makanan yang bisa berbahaya bagi ibu hamil. Apa saja? Berikut adalah ulasan selengkapnya mengenai makanan yang perlu dihindari. Simak yuk!

1. Buah Nanas 

Buah yang harus dihindari oleh ibu hamil adalah buah nanas. Hal ini adalah karena buah nanas mengandung bromelain yang dapat menyebabkan keguguran dan persalinan prematur pada ibu hamil. Selain itu, bromelain yang terdapat dalam nanas juga dapat menyebabkan perdarahan pada ibu hamil. 

2. Sushi

Siapa yang tidak menyukai sushi? Akan tetapi, kandungan di dalam sushi pada umumnya adalah mentah yang dapat berbahaya pada kesehatan ibu hamil. Hal ini adalah karena daging ikan yang mentah kemungkinan besar masih memiliki cacing parasit di dalamnya. Jika Anda ingin mengkonsumsi sushi, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memastikan daging dimasak dengan matang. 

3. Telur Mentah 

Makanan selanjutnya yang berbahaya untuk ibu hamil muda adalah telur mentah. Kandungan protein yang terdapat pada telur memang sangat bagus untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Akan tetapi, telur yang masih mentah atau dikonsumsi setengah matang masih memiliki bakteri yang dapat mengganggu kesehatan ibu hamil. Pasalnya, telur yang masih mentah memiliki kandungan bakteri Salmonella yang bisa membuat ibu hamil mual dan muntah. 

4. Makanan Cepat Saji 

Junk food merupakan makanan yang berbahaya untuk ibu hamil muda. Pasalnya, makanan cepat saji memiliki kadar lemak dan gula berlebihan yang dapat menyebabkan gangguan pada janin. Menurut penelitian The Journal of Child Psychology and Psychiatry, konsumsi gula dan lemak yang terlalu banyak saat hamil dapat meningkatkan risiko anak mengalami masalah perilaku dan juga ADHD. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari junk food. 

5. Ikan dengan Kandungan Merkuri Tinggi

Merkuri merupakan unsur beracun yang sering ditemukan di air yang tercemar. Ibu hamil yang mengkonsumsi ikan dengan kandungan merkuri tinggi dapat menjadi racun untuk sistem saraf, kekebalan dan juga ginjal Anda. Oleh sebab itu, pastikan Anda menghindarinya selama kehamilan dan juga saat menyusui. 

Beberapa jenis ikan yang mengandung merkuri tinggi antara lain;

  • Ikan tuna
  • Ikan hiu
  • Ikan tenggiri
  • Teri

Anda dapat mengkonsumsi jenis ikan yang rendah merkuri seperti ikan teri, ikan salmon dan ikan nila. Ikan berlemak seperti teri dan salmon baik untuk kesehatan selama kehamilan karena mengandung asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. 

6. Alkohol 

Jika Anda sedang mengandung, sebaiknya Anda menghindari mengkonsumsi alkohol. Hal ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan janin, yaitu fetal alcohol syndrome yang dapat menyebabkan janin mengalami kelainan bentuk wajah, cacat jantung dan cacat intelektual. Selain itu, dapat meningkatkan risiko keguguran dan bayi lahir mati. 

7. Tauge Mentah 

Tauge mentah merupakan salah satu sayuran yang dilarang untuk ibu hamil. Mengapa? Karena tauge mentah memiliki kandungan bakteri E.coli, Salmonella dan Listeria yang dapat berisiko untuk ibu hamil. Bakteri seperti Listeriosis dapat menyebabkan infeksi, kelahiran prematur dan keguguran. 

8. Pare

Makanan berikutnya yang bahaya untuk ibu mengandung adalah pare. Melansir Web Md, konsumsi pare dapat menyebabkan diare, sakit perut dan juga sakit kepala. Selain itu, juga dapat menyebabkan kadar gula darah pada ibu hamil meningkat. Jadi, sebaiknya Anda mengkonsumsi sayuran lain yang aman ya selama masa kehamilan. 

9. Susu, Keju, dan Jus Buah yang Tidak Dipasteurisasi 

Susu dan keju yang tidak dipasteurisasi dapat mengandung bakteri-bakteri berbahaya seperti Listeria, E. coli, dan Campylobacter. Jus buah yang tidak dipasteurisasi juga rentan adanya kontaminasi bakteri. Hal ini nantinya dapat berbahaya bagi jiwa bayi Anda yang belum lahir. Oleh karena itu, pastikan Anda konsumsi susu, keju dan jus buah yang telah dipasteurisasi. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai 9 makanan yang berbahaya untuk ibu hamil. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan dan minuman yang dianjurkan selama kehamilan dan melakukan olahraga rutin agar Anda dan buah hati tetap sehat. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung