Morula IVF

Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Caesar

December 21, 2022

Inilah Cara Menghilangkan Stretch Mark Setelah Melahirkan Caesar

Melahirkan buah hati merupakan momen yang paling ditunggu pasangan suami isteri. Namun, terkadang stretch mark yang timbul setelah melahirkan dapat membuat perasaan tidak percaya diri. Terdapat berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan caesar. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Apa itu Stretch Mark?

Stretch mark merupakan garis-garis yang dapat muncul di permukaan kulit ketika masa kehamilan. Warnanya dapat bervariasi, antara warna merah muda, merah, ungu ataupun coklat yang bergantung pada warna kulit Anda. Melansir National Health Security, stretch mark sangat umum terjadi pada kehamilan, dan mempengaruhi sekitar 8 sampai dengan 10 wanita hamil. 

Stretch mark pada umumnya dapat muncul di perut, di paha ataupun pada payudara Anda. Tanda yang dapat Anda perhatikan mungkin adalah rasa gatal di sekitar area di mana kulit menjadi lebih tipis. 

Anda tidak perlu khawatir, karena stretch mark ini tidak berbahaya. Setelah buah hati Anda lahir, stretch mark tersebut akan memudar secara bertahap menjadi bekas luka yang lebih pucat dan menjadi tidak terlihat. 

Cara Menghilangkan Stretch Mark 

Di bawah ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan caesar, yaitu sebagai berikut;

  • Menggunakan Produk Vitamin A 

Anda dapat menggunakan produk vitamin A sebagai penghilang stretch mark setelah hamil. Vitamin A dalam produk perawatan kulit disebut sebagai retinoid. Manfaatnya antara lain adalah untuk membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda. Namun, vitamin A terkadang dapat mengiritasi kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda konsultasikan bersama dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya. 

  • Aloe Vera

Selanjutnya, Anda juga dapat menggunakan aloe vera untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan. Lidah buaya terkenal sebagai perawatan kulit alami. Pasalnya, gel di dalam lidah buaya memiliki manfaat untuk menenangkan dan melembabkan kulit. Oleskan gel lidah buaya pada kulit setelah Anda mandi setiap hari. 

  • Minyak Kelapa

Cara menghilangkan stretch mark di perut yang sudah lama adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Melansir laman Healthline, minyak kelapa memiliki manfaat untuk memperbaiki kulit kering dan beberapa infeksi kulit. Akan tetapi, jika Anda alergi kelapa, hindari menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan stretch mark Anda. 

  • Baby Oil 

Cara menghilangkan stretch mark yang berikutnya adalah dengan menggunakan baby oil. Anda dapat mengoleskan baby oil pada stretch mark setelah mandi setiap hari. Dengan begitu, tunggu hasilnya sampai garis garis stretch mark Anda memudar seiring waktu. 

  • Gula

Gunakan scrub gula untuk menghilangkan garis stretch mark di tubuh Anda. Scrub ini dapat menggosok kulit mati dan membuat kulit terasa lebih halus. 

Cara membuat scrub gula:

  • Campurkan ½ cup gula dengan minyak kelapa. Tambahkan minyak kelapa sedikit demi sedikit. 
  • Gosokkan campuran gula dan minyak kelapa pada bagian stretch mark Anda. 
  • Ulangi 2 sampai dengan 3 kali dalam seminggu saat mandi atau berendam. 
  • Bilas dengan air hangat
  • Laser

Cara berikutnya adalah dengan melakukan prosedur laser. Bergantung pada jenis laser yang Anda gunakan, perawatan laser ini dapat berpotensi untuk meningkatkan produksi kolagen dan membantu memudarkan stretch mark agar menyatu dengan kulit di sekitarnya. Untuk Anda yang baru saja melahirkan, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan tindakan laser. 

Nah, itulah cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan stretch mark setelah melahirkan caesar. Pada dasarnya, stretch mark ini tidak berbahaya. Namun, jika membuat tidak nyaman dan tidak percaya diri, Anda dapat lakukan tips di atas untuk membantu memudarkan stretch mark Anda. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung