Morula IVF

Inilah Penyebab Haid Lama dan Cara Mengatasinya

December 8, 2022

Inilah Penyebab Haid Lama dan Cara Mengatasinya

Penyebab haid lama tentunya sering membuat banyak perempuan penasaran, apalagi bagi yang sering mengalaminya sendiri. Menstruasi lama tersebut biasanya berlangsung lebih dari 7 hari. Padahal umumnya menstruasi normal berlangsung antara 2 hingga 7 hari, meskipun begitu, setiap wanita memiliki durasi serta jumlah pendarahan yang berbeda-beda.

Mens yang berkepanjangan lebih dari 15 hari sebenarnya bukanlah kondisi yang berbahaya jika terjadi hanya sesekali. Namun juga mens berkepanjangan terjadi secara terus menerus serta muncul berbagai keluhan seperti lemas, nyeri atau darah yang keluar terlalu banyak maka bisa saja mens lama tersebut menandakan terjadinya masalah kesehatan tertentu.

Penyebab Haid lama

Pada beberapa kasus, penyebab haid berkepanjangan tidak selalu bisa diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa hal yang diduga sebagai penyebab mens berkepanjangan. Jika Anda pernah mengalaminya, beberapa hal berikut ini mungkin bisa menjadi penyebabnya:

1. Perdarahan Uterus Disfungsional (DUB)

Perdarahan uterus disfungsional (DUB) merupakan penyebab haid tidak berhenti selama 2 minggu yang paling umum. DUM menunjukkan disfungsi hormon yang bisa mempengaruhi stabilitas lapisan rahim dan menyebabkan bercak saat tidak haid. Namun peluang penyebab mens lama karena DUB akan lebih besar terjadi pada wanita yang berusia lebih dari 40 tahun.

2. Gonta-Ganti Pil KB

Haid tidak berhenti selama 1 bulan bisa disebabkan karena Anda menggunakan KB hormon seperti pil KP. Hal tersebut karena pil KB mampu mengubah durasi, frekuensi dan keparahan pendarahan pada setiap siklus menstruasi. Kadang, jika Anda berganti-ganti merk pil KB juga bisa memberikan dampak langsung pada siklus menstruasi.

3. Masalah Berat Badan

Masalah berat badan seperti mengalami kenaikan dalam jumlah besar juga bisa menyebabkan mens lama. Sebab, kondisi obesitas akan memicu penumpukan sel lemak tambahan yang menghasilkan estrogen. Sel estrogen inilah yang akan meniru gejala kehamilan sehingga otomatis tidak berovulasi namun darah terus melapisi dinding rahim hingga memasuki periode mens.

4. Pertumbuhan Sel Abnormal Jinak

Penyebab haid lama dan sedikit atau banyak selanjutnya yaitu adanya pertumbuhan sel abnormal jinak dari jaringan otot rahim, misalnya yaitu kista, polip atau fibroid rahim. Namun, penyebab pastinya masih belum diketahui. Beberapa wanita pun juga ada yang memiliki serta tidak memiliki gejala saat mengalaminya.

5. Gangguan Kelenjar Tiroid

Gangguan kelenjar tiroid seperti hipertiroidisme, gravel atau hashimoto terkadang juga menjadi penyebab mens lama. Hubungan antara siklus haid dan penyakit tiroid ini sebenarnya belum diketahui secara pasti, namun ada beberapa hubungan kuat antara kondisi ini dan durasi haid yang berkepanjangan.

Mengatasi Haid Berkepanjangan

Haid yang berkepanjangan mungkin terasa mengkhawatirkan, karena itu banyak orang yang mencoba untuk mengatasinya. Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui apa penyebab sebenarnya dari masalah tersebut. Jika masalahnya sudah diketahui maka dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai.

Langkah penanganan tersebut seperti pemberian obat-obatan. Obat untuk menghentikan haid berkepanjangan seperti obat antiinflamasi nonsteroid seperti paracetamol untuk meredakan nyeri serta keluhan lain yang muncul. Selain itu dokter juga akan meresepkan obat lain untuk menghentikan pendarahan seperti asam traneksamat.

Jika kondisi mens berkepanjangan disebabkan karena gangguan hormon, maka cara mengatasinya bisa dengan terapi hormon. Terapi tersebut bisa dilakukan dengan memberikan hormon progesteron dan estrogen, misalnya yaitu melalui penggunaan pil KB. Namun, jika Anda tidak cocok dengan pil KB maka dokter mungkin akan memberikan jenis obat hormon lainnya.

Demikianlah pembahasan mengenai apa penyebab serta cara mengatasi haid berkepanjangan. Setelah membacanya, tentu Anda jadi mengerti kenapa Anda bisa mengalami haid berkepanjangan serta tidak perlu terlalu khawatir lagi ketika mengalaminya. Semoga pembahasan kali ini bisa menambah pengetahuan dan bermanfaat.

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung