Morula IVF

Kapan Kantung Kehamilan Terlihat Di USG? Cek Faktanya Berikut!

December 9, 2022

Kapan Kantung Kehamilan Terlihat Di USG? Cek Faktanya Berikut!

Kantung kehamilan, atau juga disebut dengan istilah gestational sac bisa menjadi salah satu tanda adanya kehamilan. Isi dari kantong ini adalah air ketuban, yang salah satu manfaatnya untuk membantu pergerakan bayi. Tentunya kantung kehamilan ini dapat dilihat melalui pemeriksaan USG, setelah Anda mengetahui kehamilan Anda melalui test pack. Nah, kapan kantung kehamilan terlihat di USG? Simak ulasan selengkapnya berikut!

Apa itu Kantung Kehamilan?

Melansir National Library of Medicine, kantung kehamilan adalah struktur berisi cairan yang mengelilingi embrio selama beberapa minggu pertama perkembangan embrio. Inilah tanda pertama kehamilan yang bisa dilihat melalui pemeriksaan USG. Untuk membedakannya dengan kantung kehamilan palsu, perhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Lokasi dari kantung kehamilan yang tertanam di endometrium, dan bukan di tengah dalam rongga rahim. 
  • Adanya tanda desidua ganda.
  • Adanya kantung kuning telur (yolk sac). Jika tidak ditemukan kantung kuning telur pada diameter kantung kehamilan rata-rata 16-24 mm, bisa jadi ini merupakan tanda awal dari kegagalan kehamilan. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa kantung kehamilan ini dapat terlihat melalui USG. Prosedur pemeriksaan ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat tanda kehamilan, yaitu kantung kehamilan yang berada di dalam rahim. Jika terlihat ada di luar rahim, inilah yang dinamakan dengan kehamilan ektopik. Bunda perlu untuk segera periksa ke dokter apabila mendapati gejala seperti pusing, atau perdarahan vagina yang berat. 

Kapan Kantung Kehamilan Terlihat di USG?

USG sendiri merupakan salah satu cara untuk mendeteksi kehamilan intrauterin (dalam rahim) dan menyingkirkan kehamilan ektopik. Tujuan dari USG tidak hanya untuk menentukan viabilitas dan usia janin, namun juga untuk mendeteksi kantung kehamilan ini. Lalu kapan kantung kehamilan ini dapat terlihat di USG? 

Gestational sac ini dapat terlihat ketika usia kandungan mencapai 5 minggu. Pada saat ini, diameter dari rata-rata kantung kehamilan adalah 2 sampai dengan 3 milimeter. Kemudian, kantung kuning telur (yolk sac) dalam kantung kehamilan dapat terlihat pada usia 5,5 minggu. Anda bisa melakukan prosedur USG transvaginal untuk mengetahui hasil yang lebih akurat dibandingkan dengan USG perut. 

Bagaimana Jika Tidak Terlihat Kantung Kehamilan?

Apabila saat pemeriksaan USG dan Anda tidak melihat adanya kantung kehamilan, itu bisa jadi merupakan tanda-tanda seperti berikut ini:

1. Pemeriksaan USG Terlalu Dini

Perhatikan usia kehamilan Anda ketika akan melakukan pemeriksaan USG untuk melihat kantung kehamilan. Sebab kantung kehamilan baru dapat dilihat pada saat 5 minggu usia kehamilan atau ketika hCG sudah mencapai 1500 sampai 2000. Sebelum itu, tidak akan ada kantung yang terlihat pada USG kehamilan

2. Kehamilan Ektopik 

Jika Anda tidak menemukan kantung kehamilan saat pemeriksaan USG, itu bisa menjadi tanda kehamilan ektopik. Oleh karena itu, USG sangat penting dilakukan untuk mendeteksi kehamilan seperti ini. Dokter kemudian akan melakukan prosedur untuk mengatasi kehamilan ektopik ini, bisa dengan laparoskopi atau penggunaan obat-obatan. 

3. Keguguran 

Tanda selanjutnya dari kantung kehamilan yang tidak ada adalah keguguran. Apabila Anda pernah mengalami pendarahan pada awal kehamilan atau tanda-tanda lainnya dan tidak ditemukannya kantung kehamilan, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda keguguran. Jika kadar hCG menurun dan tidak ditemukan kantung kehamilan, itu merupakan tanda dari keguguran. 

Demikian ulasan mengenai kapan kantung kehamilan terlihat di USG. Pastikan Anda melakukan USG secara rutin untuk mengetahui adanya kantung kehamilan dan perkembangan janin di dalam rahim. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung