Morula IVF

Kenali Metode Persalinan ERACS Untuk Pemulihan yang Cepat

December 9, 2022

Kenali Metode Persalinan ERACS Untuk Pemulihan yang Cepat

Saat ini, telah tersedia banyak pilihan metode persalinan seperti vaginal birth yang merupakan persalinan normal dan caesar birth, yaitu persalinan dengan prosedur operasi. Selain itu terdapat juga pilihan persalinan yang mempercepat pemulihan pasca-caesar, yaitu metode ERACS (Enhanced Recovery After Surgery). Seperti apakah metode persalinan ERACS ini? Simak ulasan berikut ini. 

Apa itu ERACS?

Metode persalinan ERACS (Enhance Recovery After Surgery) merupakan salah satu prosedur caesar yang bertujuan untuk memulihkan kesehatan ibu melahirkan baik sebelum dan setelah operasi. Pada umumnya, seorang ibu baru dapat bergerak 12 jam setelah operasi caesar. Namun, dengan metode persalinan ERACS ini, ibu bisa bergerak lebih cepat. Inilah kelebihan dari metode ini, yang memungkinkan Anda untuk cepat beraktivitas seperti normal. 

Untuk Anda yang ingin pemulihan cepat dan minim sakit setelah operasi caesar, Anda bisa memilih opsi metode persalinan ERACS. Tentunya biaya operasi caesar ERACS lebih mahal dibandingkan dengan operasi caesar konvensional. Oleh karena itu, pastikan Anda menyiapkan budget dari jauh hari dan konsultasikan dengan dokter kandungan Anda mengenai metode persalinan Anda. 

Kelebihan Metode Persalinan ERACS

Bagi Anda yang ingin memilih ERACS sebagai metode persalinan Anda, berikut adalah beberapa kelebihan dari metode persalinan ERACS yang dapat Anda pertimbangkan, yaitu sebagai berikut:

1. Minim Sakit

Manfaat dari persalinan ERACS ini adalah rasa sakit yang minim setelah operasi. Hal ini dikarenakan obat anti-inflamasi non-steroid yang diberikan, baik pil maupun melalui cairan infus. Selain itu, ibu juga diberikan obat nyeri long-acting dosis kecil pada tulang belakang ketika operasi dilakukan. Obat yang diberikan ini dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit setelah operasi, dan gejala mual dan sembelit. 

2. Pemulihan Luka yang Cepat

Tidak hanya sakit yang minim, metode persalinan ERACS ini juga bisa membuat luka cepat pulih. Melansir Kemenkes, dokter menggunakan pisau bedah yang sangat tajam dan kecil, sehingga meminimalisir kerusakan pada jaringan. Dengan begitu luka pada kulit bisa pulih dengan cepat. 

3. Waktu Puasa yang Pendek 

Pada umumnya, prosedur operasi caesar membutuhkan waktu setidaknya 8 jam untuk puasa makan dan minum. Menariknya, dengan melakukan metode persalinan ERACS ini, Anda hanya butuh 6 jam saja untuk puasa sebelum operasi. Bahkan, Anda masih diperbolehkan untuk minum 2 jam sebelum metode persalinan ini. 

Persiapan Metode Persalinan ERACS

Berikut adalah tahapan-tahapan yang perlu dilakukan sebelum Anda menjalani operasi persalinan ERACS, yaitu sebagai berikut:

  • Pemeriksaan kadar hemoglobin: Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa Anda memiliki kadar hemoglobin yang cukup. Sebab, hemoglobin yang rendah bisa menyebabkan pendarahan yang berlebihan pada saat operasi. 
  • Pemeriksaan kesehatan: Dokter kemudian cek apakah Anda memiliki riwayat masalah lambung atau tidak. Jika iya, Anda akan diberikan obat anti-mual. 
  • Mandi: Sebelum melakukan persalinan ERACS, Anda akan diarahkan untuk mandi dengan sabun antiseptik, agar daerah kulit yang akan dioperasi bebas dari bakteri. 
  • Makan sebelum operasi: Pada saat 6 jam sebelum operasi, Anda akan makan terlebih dahulu dengan makanan ringan seperti biskuit. Lalu saat 2 jam sebelumnya, Anda dapat mengkonsumsi minuman yang memiliki tingkat karbohidrat tinggi. 

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai metode persalinan ERACS. Pastikan Anda mengetahui informasi mengenai berbagai cara persalinan dari awal kehamilan. Jalani gaya hidup yang sehat dan konsumsi makanan kaya nutrisi agar buah hati Anda tumbuh dengan optimal. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung