Morula IVF

5 Perubahan Fisiologis Kehamilan Pada Wanita Mengandung

December 14, 2022

5 Perubahan Fisiologis Kehamilan Pada Wanita Mengandung

Pada masa mengandung buah hati, tentunya terdapat beberapa perubahan baik fisik maupun emosional. Dalam hal ini, hormon progesteron dan estrogen menjadi alasan dibalik perubahan ini. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ini sangat normal dialami oleh ibu hamil. Lalu, apa saja perubahan fisiologis kehamilan pada wanita yang sedang mengandung? Simak ulasan berikut selengkapnya!

Perubahan Fisiologis Pada Ibu Hamil

Sebelum membahas perubahan fisiologis pada ibu hamil, mari kita pahami terlebih dahulu pengertiannya. Perubahan fisiologis adalah perubahan yang terjadi saat kehamilan untuk memelihara janin yang sedang berkembang dan mempersiapkan ibu untuk persalinan dan melahirkan. Penting bagi ibu hamil untuk membedakan perubahan fisiologis yang bersifat normal, dan mana yang menjadi gejala penyakit tertentu.

Lalu, perubahan fisiologis kehamilan apa yang bisa terjadi pada saat mengandung? Berikut adalah daftarnya. 

1. Perubahan Pada Kuku dan Rambut

Tahukah Anda bahwa perubahan pada kuku dan rambut merupakan salah satu dari perubahan fisiologis selama kehamilan? Melansir Healthline, hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan hormon saat masa mengandung buah hati. Bagi sebagian wanita, hormon mungkin bisa menyebabkan rontoknya rambut. Sementara bagi yang lain, mereka mengalami adanya penebalan pada rambut. 

Selain itu, perubahan fisiologis kehamilan yang lainnya adalah pertumbuhan yang cepat pada kuku. Oleh sebab itu, jika Anda mengalami hal ini pastikan Anda menerapkan pola makan yang sehat agar kuku Anda tidak mudah rusak. 

2. Payudara Membesar 

Jika Anda perhatikan, payudara membesar merupakan perubahan fisiologis yang biasa terjadi pada ibu hamil trimester 1. Mungkin dari ukuran bh Anda yang cup B, bisa berubah menjadi cup C. Oleh sebab itu, apabila Anda mengalami ini, Anda perlu mengganti ukuran bh agar Anda tetap merasa nyaman. 

Tentunya perubahan fisiologis pada ibu hamil ini beralasan. Pasalnya pada saat kehamilan, Anda perlu mempersiapkan diri untuk memberi ASI untuk bayi baru lahir. Selain itu, perubahan ini juga bisa membuat areola menjadi kehitaman. 

3. Muncul Stretch Mark

Perubahan fisiologis kehamilan yang selanjutnya adalah munculnya stretch mark pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh kombinasi peregangan fisik kulit dan efek perubahan hormon pada elastisitas kulit. Anda jangan khawatir, karena sebanyak 90 persen dari wanita mengalami hal ini pada masa trimester 3 kehamilan. Biasanya stretch mark ini bisa muncul di tubuh bagian payudara dan juga perut. 

Untuk mengurangi atau memudarkan stretch mark selama kehamilan, Anda bisa menggunakan krim untuk mengurangi rasa gatal. Selain itu, hindari menggaruk stretch mark sebab hal tersebut bisa merusak lapisan kulit Anda. 

4. Perubahan Berat Badan

Perubahan fisiologis kehamilan berikutnya adalah adanya perubahan pada berat badan. Tidak dipungkiri, janin yang membesar dan retensi cairan tubuh yang meningkat juga membuat pembengkakan pada wajah dan anggota badan lainnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu istirahat yang banyak, kurangi berdiri terlalu lama dan kurangi konsumsi kafein Anda. 

Melansir Mayo Clinic, standar BMI yang sehat sebelum kehamilan adalah sebesar 18.5 sampai dengan 24.9. Penting bagi Anda untuk menjaga berat badan sebelum kehamilan, sebab overweight pada masa kehamilan bisa meningkatkan risiko ibu hamil untuk mengalami kondisi seperti diabetes gestasional dan tingginya tekanan darah. 

5. Sakit Punggung

Perubahan fisiologis kehamilan yang selanjutnya adalah sakit punggung. Hal ini tentunya sangat normal dialami oleh ibu hamil, terutama pada masa awal kehamilan. Pasalnya, selama masa kehamilan, ligamen pada tubuh Anda secara alami akan menjadi lembut dan meregang untuk mempersiapkan kelahiran si buah hati. 

Untuk mengurangi sakit punggung, Anda bisa lakukan cara berikut ini seperti yang dilansir dari NHS:

  • Hindari mengangkat benda berat
  • Istirahat yang cukup
  • Usahakan seimbangkan berat antara 2 tas saat membawa barang belanjaan
  • Pijat atau mandi air hangat

Nah, itulah pembahasan kali ini mengenai 5 perubahan fisiologis kehamilan pada wanita mengandung. Memang sebagian besar dari perubahan ini tidak bisa dihindari, dan akan hilang ketika buah hati Anda sudah terlahir nantinya. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung