Morula IVF

8 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Sudah Dekat!

December 5, 2022

8 Tanda-Tanda Mau Melahirkan Sudah Dekat!

Pada umumnya, proses melahirkan pada setiap wanita berbeda-beda. Sebenarnya tubuh ibu hamil akan mengeluarkan tanda-tanda tertentu pada satu bulan sebelum melahirkan sehingga ibu mungkin mulai merasakan tanda-tanda mendekati persalinan. Dengan begitu, Anda bisa semakin tanggap untuk segera mencari pelayanan medis sehingga nantinya, proses melahirkan dapat berjalan dengan sebaik mungkin.

Apa Tanda-Tanda Mau Melahirkan?

Pada kenyataannya, masih banyak ibu hamil yang tidak begitu memahami tanda-tanda mau melahirkan. Terlebih bagi mereka yang baru hamil pertama kali, sehingga pengalamannya belum begitu banyak. Namun tenang, pada uraian kali ini akan khusus membahas tentang tanda-tanda melahirkan tinggal menghitung hari dan penjelasan detail lainnya. Berikut informasinya untuk Anda.

1. Sakit Punggung dan Perut Kram

Bumil mungkin saja mengalami sakit punggung dan perut kram hingga selangkangan. Jangan panik, inilah tanda-tanda persalinan semakin dekat. Umumnya, hal ini dirasakan oleh wanita yang baru pertama kali hamil. Sakit ini terjadi akibat otot serta persendian yang mengalami peregangan, guna persiapan proses kelahiran.

2. Sendi Terasa Lebih Longgar

Bumil juga akan mengalami sendi yang terasa jauh lebih longgar. Hal ini karena hormon relaxin, yang mempengaruhi ligamen sedikit mengendur. Sebelum proses kelahiran terjadi, beberapa wanita merasa beberapa sendinya jauh lebih rileks. Ini memang diperlukan guna membuka panggul, sehingga bayi bisa lebih mudah untuk keluar.

3. Mengalami Diare

Efek ini seringkali terjadi sebagai tanda-tanda mau melahirkan seminggu lagi. Seminggu sebelum proses kelahiran terjadi, umumnya bumil mengalami mual, muntah hingga diare. Hal ini terjadi karena organ pencernaan bekerja lebih banyak dari biasanya. Kinerja organ tersebut untuk menghasilkan hormon yang akan membantu proses persalinan nantinya.

4. Lebih Sering Buang Air Kecil

Janin yang semakin tumbuh dapat memicu peningkatan cairan dalam tubuh. Sehingga semakin banyak urine yang dihasilkan. Hal ini juga membuat kandung kemih ibu mulai terdorong, akibat rahim yang terus berkembang. Penekanan pada kandung kemih inilah yang menyebabkan ibu hamil menjadi sering buang air kecil.

5. Vagina yang Membengkak

Selama proses kehamilan, terutama ketika waktu melahirkan semakin dekat. Aliran darah di area panggul mengalami peningkatan. Hal ini guna mendukung tumbuh kembang janin di perut. Peningkatan aliran darah inilah yang menyebabkan pembengkakan pada vagina. Tidak perlu cemas! Ini wajar dan bisa menjadi tanda-tanda melahirkan normal.

6. Serviks Semakin Tipis

Menjelang proses kelahiran, organ rahim mengalami pembesaran. Bagian intim pada wanita itu mulai melebar, sehingga membuat serviks semakin tipis dalam hitungan hari hingga mingguan. Dokter bisa menilai pelebaran tersebut melalui proses pemeriksaan internal. Hal ini sekaligus untuk memperkirakan seberapa lama persalinan terjadi. 

7. Janin yang Mulai Turun ke Bawah

Ada kalanya, bumil tidak memahami apa yang mereka rasakan pada pembukaan 1. Namun hal ini umumnya ditandai dengan bayi yang mulai turun ke bawah, yakni menuju area panggul. Peristiwa ini juga menjadi salah satu tanda-tanda kontraksi melahirkan. Hanya saja, bisa jadi proses kelahiran masih beberapa waktu lagi. Tidak semua ibu hamil akan merasakan gejala ini. Terkadang bagi mereka yang sudah sering melahirkan, bahkan tidak merasakannya sama sekali.

8. Berat Badan Menurun

Berat badan pada ibu hamil umumnya berkurang ketika masa-masa akhir kehamilan. Beberapa dari mereka bahkan kehilangan sampai berkilo-kilo. Pada dasarnya, hal ini normal dan tidak berpengaruh pada bobot bayi. Berat badan ibu turun akibat tingkat cairan ketuban jauh lebih rendah. Selain itu, sering buang air dan peningkatan aktivitas juga mempengaruhi.

Nah, itu tadi beberapa tanda-tanda mau melahirkan yang bisa Anda ketahui. Meski gejala pada setiap ibu hamil pastinya berbeda-beda, namun uraian di atas merupakan penjelasan secara garis besar. Semoga tulisan ini dapat menjadi tambahan referensi yang bermanfaat, untuk membantu bumil mempersiapkan kelahiran buah hati. 

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung