Morula IVF

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kehamilan Cryptic

December 14, 2022

Semua yang Perlu Anda Ketahui Mengenai Kehamilan Cryptic

Kehamilan cryptic, atau disebut dengan kehamilan samar merupakan kondisi yang membuat seorang wanita tidak menyadari dirinya hamil. Pada umumnya, wanita mengetahui dirinya hamil saat sudah menginjak usia kehamilan 12 minggu. Namun, terdapat juga kasus wanita yang sama sekali tidak mengetahuinya. Nah, untuk mengetahui mengenai kehamilan cryptic secara lengkapnya, yuk simak ulasan berikut ini!

Apa itu Kehamilan Cryptic?

Melansir Cleveland Clinic, kehamilan cryptic merupakan saat orang hamil namun tidak tahu bahwa mereka hamil. Banyak dari wanita yang mengalami tanda-tanda gejala kehamilan, sementara terdapat juga wanita yang tidak ada gejala kehamilan sama sekali. Jika Anda salah satunya, Anda mungkin mengalami kehamilan cryptic ini. 

Kehamilan samar sendiri sangat langka. Terdapat studi yang menyatakan bahwa ada 1 dari 475 kehamilan yang tidak disadari hingga masa kehamilan 20 minggu. Nah, untuk memastikan Anda mengalami kondisi ini atau tidak, Anda perlu melakukan test pack untuk memastikannya. Pada dasarnya, kehamilan cryptic sama dengan kehamilan wanita pada umumnya, hanya saja tidak disadari. 

Penyebab Kehamilan Cryptic

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kehamilan cryptic, yaitu sebagai berikut:

1. Anda Menggunakan Pil KB

Penyebab kehamilan cryptic yang pertama adalah jika Anda selama ini menggunakan pil KB. Apabila Anda memakai alat kontrasepsi secara disiplin, mungkin Anda tidak berpikir bahwa Anda sedang hamil. Saat ini, alat kontrasepsi tidak selalu 100 % aman, dan memungkinkan Anda untuk melewatkan haid, yang membuat Anda semakin sulit untuk mengetahui bahwa Anda sedang mengandung buah hati. 

2. Tidak Ada Tanda Kehamilan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa, tidak semua wanita mengalami gejala-gejala kehamilan seperti pada umumnya. Hal ini bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebihan, sehingga Anda tidak merasakan apa-apa. Cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan pemeriksaan USG bersama dokter kandungan Anda. 

3. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Penyebab kehamilan cryptic berikutnya adalah karena siklus haid yang tidak teratur. Salah satu tanda kehamilan pertama dan paling umum adalah terlambat haid. Akan lebih rumit jika jadwal menstruasi Anda tidak tepat waktu. Jika Anda mengalami menstruasi tidak teratur, pastikan Anda mendapatkan istirahat cukup dan sering mengonsumsi vitamin D. Pasalnya, vitamin D tidak hanya berguna untuk kesehatan tulang, namun juga bermanfaat agar ovulasi Anda tetap teratur. 

4. Masalah Usia dan Kesuburan

Masalah usia dan kesuburan bisa menjadi penyebab kehamilan cryptic. Gejala kehamilan bisa sama dengan gejala menopause dini. Kondisi ini terjadi saat menstruasi wanita berhenti sebelum usia 45 tahun. Jika Anda pernah mengalami kesulitan untuk mendapatkan buah hati, mungkin Anda sulit percaya jika saat ini Anda bisa hamil. 

5. PCOS (Polycystic ovary syndrome)

Polycystic ovary syndrome adalah penyebab kehamilan cryptic yang membuat hormon tidak seimbang dan mengganggu ovulasi. Melansir Hopkins Medicine, kondisi ini menyebabkan ovarium menghasilkan jumlah androgen yang tidak normal. Akibatnya, terbentuk banyak kista kecil (kantung berisi cairan) di ovarium. Biasanya, seseorang yang mengalami PCOS memiliki jadwal haid yang tidak teratur, sehingga tidak menyadari bahwa ia sedang hamil. 

Gejala Kehamilan Cryptic

Beberapa wanita mungkin tidak mengalami gejala apa pun, sementara yang lain memiliki gejala ringan yang tidak dianggap sebagai tanda kehamilan. Wanita yang mengalami kehamilan samar tidak mengalami gejala mual muntah (morning sickness) dan pembengkakan pada perut. Mungkin mual di pagi hari dianggap sebagai sakit perut, dan menjadikannya sebagai siklus haid yang tidak teratur. 

Beberapa gejala lain dari kehamilan cryptic yang perlu diperhatikan antara lain:

  • Terlambat menstruasi
  • Bercak atau pendarahan ringan
  • Hasil tes kehamilan negatif palsu
  • Adanya peningkatan berat badan

Untuk memastikan kehamilan Anda, pastikan Anda melakukan serangkaian pemeriksaan seperti USG kehamilan, tes darah, ataupun tes urine. 

Bagaimana Perawatan Kehamilan Cryptic?

Perawatan untuk kehamilan cryptic tentunya tergantung saat Anda menyadari bahwa Anda hamil. Apabila Anda masih memiliki waktu beberapa bulan sebelum melahirkan, Anda perlu melakukan pemeriksaan dari fasilitas kesehatan, seperti:

  • Tes darah dan urin
  • USG kehamilan
  • Mengukur tinggi fundus
  • Pemeriksaan fisik
  • Konseling nutrisi dan gaya hidup

Apabila Anda tidak menyadari kehamilan, bisa terjadi komplikasi yang lebih serius seperti diabetes gestational dan preeklampsia. Selain itu, kehamilan cryptic bisa menyebabkan janin dilahirkan secara prematur karena kurangnya perawatan selama kehamilan. 

Nah, itulah pembahasan mengenai kehamilan cryptic yang perlu Anda ketahui. Untuk mencegah hal ini, Anda perlu untuk melakukan test pack secara rutin apabila Anda aktif secara seksual. Semoga bermanfaat ya!

Tetap terhubung dan terinformasi di sini.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut hubungi 150-IVF atau 150-483, Senin – Sabtu pukul 07.00 – 20.00 WIB

Buat Janji

Newsletter

Dapatkan informasi dan tips terbaru dari Morula IVF mengenai program kehamilan dan bayi tabung