manfaat cincau untuk ibu hamil

Siapapun pasti tahu kesegaran cincau yang biasanya dibuat minuman es tersebut. Namun apakah manfaat cincau untuk ibu hamil juga sudah diketahui dengan baik oleh masyarakat? Selain menyegarkan dan bagus untuk mengatasi panas dalam ternyata cincau juga memiliki banyak manfaat untuk ibu hamil.

Cincau yang berasal dari daun dan teksturnya mirip dengan jeli tersebut baik dikonsumsi pada masa kehamilan. Seperti sudah diketahui bersama bahwa selama masa kehamilan ibu membutuhkan asupan nutrisi dalam jumlah lebih banyak. Selain itu selama hamil seringkali ibu juga mengalami banyak keluhan mulai dari yang ringan hingga serius.

Manfaat Cincau bagi Ibu Hamil

Cincau mengandung cukup banyak zat gizi yang penting bagi tubuh seperti serat, fosfor, kalsium, kalori dan beberapa senyawa lainnya. Oleh sebab itulah ibu hamil juga bisa mendapatkan beberapa manfaat yang baik dengan makan cincau tersebut. Adapun manfaat konsumsi cincau pada ibu hamil antara lain sebagai berikut.

1. Melancarkan Pencernaan

manfaat cincau untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan cukup banyak ibu yang mengalami masalah kesulitan untuk buang air besar (BAB). Masalah sulit BAB pada ibu hamil ini tentu saja tidak bisa disepelekan begitu saja karena bisa menyebabkan rasa tidak nyaman dan memicu terjadinya keluhan lainnya.

Supaya masalah sembelit tersebut  bisa diatasi dengan baik maka dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan serat. Cincau adalah salah satu jenis makanan yang mengandung serat lumayan tinggi sehingga bisa membantu melancarkan pencernaan dan mengatasi masalah kesulitan BAB pada ibu hamil.

2. Mencegah Terjadinya Ambeien

Hal lain yang sering dialami oleh ibu hamil terutama setelah melahirkan adalah ambein yang menimbulkan rasa sakit saat BAB. Ambeien yang dibiarkan begitu saja tanpa diatasi dengan benar bisa menjadi parah dan harus dioperasi.

Nah, agar ibu hamil nantinya bisa terhindar dari ambeien terutama pasca melahirkan bisa mengkonsumsi cincau mulai saat ini. Salah satu faktor penyebab munculnya ambeien adalah sembelit. Saat susah BAB orang cenderung memaksakannya untuk keluar dengan mengejan dan hal tersebut memicu terjadinya ambeien.

Makan cincau bisa memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh sehingga ibu hamil akan terhindar dari sembelit. Lancarnya BAB secara tidak langsung juga mencegah munculnya ambeien.

3. Menjaga Kesehatan Tulang

manfaat cincau untuk ibu hamil

Biasanya pada ibu hamil terdapat kasus kurangnya kalsium yang bisa menyebabkan osteoporosis dan cedera. Konsumsi cincau membantu ibu hamil untuk mencukupi kebutuhan kalsium hariannya sehingga terhindar dari berbagai masalah.

Kandungan kalsium dan juga fosfor pada cincau berperan untuk meningkatkan kekuatan tulang sehingga bisa tetap sehat. Hanya saja perlu diperhatikan bahwa konsumsinya tidak boleh berlebihan karena kalsium dan fosfor bisa menyebabkan dampak kurang baik kalau dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak.

4. Membantu Pertumbuhan Janin

manfaat cincau untuk ibu hamil

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa cincau yang selama ini hanya dikenal sebagai bahan minuman segar ternyata juga berperan membantu pertumbuhan janin. Mengapa bisa begitu? Janin atau bayi yang berada di dalam kandungan membutuhkan asupan mineral agar bisa memiliki tumbuh kembang yang baik.

Di dalam cincau terdapat kandungan senyawa mineral yang cukup beragam sehingga jika ibu mengkonsumsinya maka otomatis juga akan diserap oleh janin yang dikandungnya. Kalium dan fosfor yang terdapat pada cincau juga membantu bayi bisa mendapatkan pertumbuhan gigi sesuai dengan waktunya.

Kandungan nutrisi seperti kalori yang rendah pada cincau membantu ibu hamil yang kadang merasa malas makan bisa tetap mendapatkan energi. Manfaat cincau untuk ibu hamil yang lainnya didapatkan dari beragam mineral penting yang terkandung didalamnya.